Biologi Kelas 10 | Proses Daur Ulang

proses daur ulang - header

Pada artikel biologi kelas X kali ini kita akan mengenal limbah, proses daur ulang limbah dan hasil dari daur ulangnya.

Kamu pasti tahu kan kalau Indonesia merupakan negara kepulauan? Mirisnya, Indonesia juga merupakan negara yang menghasilkan sampah plastik di laut terbesar kedua di dunia, tepat satu peringkat di bawah Tiongkok. Plastik merupakan jenis sampah yang terurai dalam waktu lama, makanya sampah-sampah tersebut perlu dikelola. Masalahnya, jika tidak ada pengelolaan sampah plastik yang baik, diperkirakan jumlah sampah plastik akan sama banyaknya dengan ikan di laut. Serem ya Squad…

Jangan-jangan nanti aku makan plastik bukan makan ikan? (sumber: giphy.com)

Sampah yang kamu kenal adalah nama lain dari limbah padat. Apaan tuh limbah? Itu lho pesulap yang nggak suka ngomong.

ITU LIMBAD!

Skip. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi, baik oleh industri maupun domestik atau rumah tangga. Limbah biasanya tidak diinginkan karena dinilai nggak memiliki nilai ekonomis, makanya limbah sudah pasti dibuang. Padahal limbah bisa didaur ulang (recycle) dan dimanfaatkan ulang (reuse) lho Squad, baik yang berupa limbah organik maupun anorganik.

Daur ulang atau recycle adalah proses pembuatan barang bekas menjadi bahan baru. Jadi, barang-barang yang sudah tidak digunakan alias limbah digunakan kembali, tapi menjadi produk lain. Jika limbah dimanfaatkan kembali tanpa melalui proses daur ulang, itulah yang dinamakan dengan pemanfaatan ulang atau reuse. Keduanya memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah limbah, untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam, dan untuk mendapatkan penghasilan karena hasil dari daur ulang dapat dijual ke masyarakat. Ditambah lagi dengan berkurangnya jumlah limbah maka pencemaran pun akan berkurang juga.

Baca juga: Tahukah Kamu Cara Mengolah Limbah?

Kita sendiri bisa lho Squad mendaur ulang limbah yang kita hasilkan di rumah kita sendiri. Hitung-hitung membantu mengurangi pencemaran lingkungan, dan menghemat sumber daya alam karena kita tidak perlu mengambil yang baru. Proses daur ulang terdiri dari beberapa langkah Squad, yaitu:

1. Pemisahan

Tahap pertama dari proses daur ulang adalah pemisahan. Pada tahap ini, kamu harus bisa memisahkan mana limbah yang akan didaur ulang dan mana limbah yang akan kamu buang. Ingat ya Squad, buangnya harus ke tempat pembuangan. Jangan dibuang sembarangan!

Yang ini sampah plastik… Yang ini sampah kaleng… (sumber: giphy.com)

 

2. Penyimpanan

Setelah dipisahkan, limbah bisa kamu simpan di dalam kotak. Setiap kotak harus berisi satu jenis limbah, jangan dicampur karena setiap jenis limbah proses daur ulangnya berbeda-beda. Misalnya, kertas dengan kertas, dedaunan dengan dedaunan, botol kaca dengan botol kaca, dan lain-lain.

 

3. Pengiriman atau Penjualan

Pasti kamu sering lihat pemulung atau pengumpul barang bekas keliling kan? Nah, mereka pasti sangat senang jika kamu memberi sampah yang telah kamu pisahkan tadi pada mereka. Biasanya sih mereka akan membelinya. Nanti sampah-sampah tersebut akan mereka kirim ke tempat daur ulang, dan mereka akan dapat uang dari sampah yang mereka kumpulkan itu.

proses daur ulang - daur ulang di tokyo

Oh iya, kamu bisa lho melakukan proses daur ulang sendiri dengan kreativitas yang kamu punya. Berbagai sampah yang sudah dikumpulkan dan dipilah dapat disulap menjadi barang-barang baru yang bermanfaat. Apalagi kalau kamu punya banyak waktu kosong, bisa tuh kamu manfaatkan untuk mendaur ulang. Habis itu, barangnya kamu jual deh! Asyik kan Squad bisa dapat uang?

Limbah apa saja sih yang bisa didaur ulang atau dimanfaatkan ulang? Baik limbah organik maupun anorganik bisa didaur ulang dan dimanfaatkan ulang Squad. Contohnya, sampah organik yang bersifat mudah terurai seperti sisa makanan dan dedaunan dapat didaur ulang. Hasil dari daur ulang limbah tersebut adalah pupuk kompos.

Bagaimana untuk limbah anorganik? Kertas, kaca, alumunium, baja dan plastik dapat didaur ulang. Kita ambil contoh pada plastik. Sampah plastik dapat didaur ulang dengan cara dilarutkan dan diproses lagi menjadi bahan pembungkus. Nantinya dari proses tersebut akan menghasilkan tas, botol oli, botol shampoo, dan lain-lain.

proses daur ulang - tahukah kamu

Selain bersifat ekonomis, proses daur ulang ini dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah sampah.

Setelah baca artikel ini, apakah kamu jadi tertarik untuk mendaur ulang limbah di rumahmu? Jika iya, jangan lupa untuk ajak keluargamu, teman-temanmu, serta orang-orang di sekitarmu buat melakukannya juga. Dengan melakukan daur ulang dan pemanfaatan ulang, secara tidak langsung RG Squad bisa membantu menyelamatkan bumi lho! Kamu masih mau mempelajari tentang limbah dan daur ulang? Yuk pelajari lagi di Ruangbelajar! Kamu akan belajar seru melalui video dan latihan-latihan soal di sana.

ruangbelajar

Beri Komentar