Biologi Kelas 11 | Apa Saja Gangguan Bioproses Sistem Pencernaan?

Gangguan Sistem Pencernaan Manusia
 
Pada artikel Biologi Kelas 11 ini, kamu akan belajar mengenai macam-macam penyakit yang berpotensi menyerang sistem pencernaan. 

--

Halo Squad! Sudah makan apa saja hari ini? Hayo, siapa di antara kalian yang doyan banget makan, jad makannya banyak? Doyan makan itu nggak ada salahnya kok. Tapi, tahukah kamu, sistem pencernaanmu juga berpotensi terserang penyakit, lho! Wah, kira-kira  penyakit apa saja sih yang bisa membuat sistem pencernaanmu terganggu? Yuk, dipelajari satu persatu! 

Gangguan Bioproses Sistem Pencernaan

Kamu lebih pilih makan biskuit atau sayuran, nih? (Sumber: Shutter Stock)

Penyakit pertama yang mungkin menyerang sistem pencernaanmu adalah Xerostomia. Xerostomia merupakan gejala mulut kering karena kurangnya produksi saliva. Saliva itu apa, sih? Saliva itu nama ilmiah dari ludah atau kelenjar air liur. Oh iya, xerostomia ini bisa terjadi karena adanya penyakit yang menyerang pusat ludah, saraf yang membawa rangsangan ludah, atau perubahan komposisi elektrolit ludah. Nggak nyangka ya, ternyata kelenjar ludah kita juga bisa punya masalah. Hehe

Penyakit kedua adalah Parotitis. Kamu sudah pernah dengar mengenai parotitis sebelumnya? Parotitis adalah pembengkakan kelenjar ludah. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus yang bernama paramyxovirus. Kamu tau nggak, apa nama lain dari penyakit parotitis? Yap, nama lainnya adalah penyakit gondongan. Penderita penyakit ini mengalami pembengkakan di leher bagian atas atau pada pipi bagian bawah. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak, walaupun tidak menutup kemungkinan akan menyerang orang dewasa juga. 

Penyakit ketiga namanya karies gigi. Sudah familiar belum dengan istilah ini? Sesuai dengan namanya, karies gigi merupakan penyakit yang merusak struktur gigi. Slaah satu contoh dari karies gigi adalah gigi berlubang. Hayo, siapa yang giginya sering berlubang? 

Penyakit selanjutnya disebut gastritis. Gastritis merupakan radang yang terjadi di lambung. Biasanya disebabkan oleh asam lambung yang berlebih. Kamu sering makan tidak teratur dan pola tidurmu berantakan? Nah, kamu berpotensi untuk terserang penyakit ini. Makanya, coba untuk terus menjaga asam lambungmu supaya tidak naik, ya! Oh iya, sebaiknya hindari juga mengonsumsi alkohol supaya tidak mudah terserang penyakit ini, ya. 

Selanjutnya ada penyakit apendiksitis. Apendiksitis ini merupakan peradangan apendiks (umbai cacing). Coba, ada yang masih ingat fungsi umbai cacing nggak sih? Umbai cacing antara lain berfungsi untuk mempertahankan bakteri baik dalam usus untuk mengolah makanan. Oh iya, kenapa ya bisa terjadi apendiksitis? Apendiksitis bisa terjadi karena ada penyumbatan di apendiks. Biasanya yang tersangkut di apendiks adalah bahan olahan sisa makanan yang akan dibuang.  

Baca Juga: Jenis-Jenis Teknologi Sistem Peredaran Darah

Selanjutnya ada gangguan sistem pencernaan yang namanya gastroenteritis. Gastroenteritis ini merupakan peradangan pada saluran pencernaan milik lambung dan usus halus. Bagi penderita penyakit ini, mereka akan sering mengalami diare, muntah, dan kejang perut. Nama lain dari gastroenteritis adalah flu perut. Wah, ternyata perut juga bisa kena flu ya. Ternyata nggak cuma hidung aja nih. Hehehe. Oh iya, penyakit ini sangat mudah menyebar di lingkungan yang tertutup, misalnya ruang kelas atau tempat penitipan anak. 

Kamu suka makan makanan berserat nggak, nih? Kamu harus selalu menyempatkan makan makanan berserat, ya. Kalau kamu kurang makanan berserat, kamu bisa terserang penyakit konstipasi, lho. Konstipasi ini nama lainnya sembelit. Selain makan makanan berserat, untuk menghindari penyakit ini, kamu juga harus selalu buang air besar secara teratur. 

Gangguan Bioproses Sistem Pencernaan

Yuk, makan makanan berserat! (Sumber: Shutter Stock)

Kamu sudah pernah kena diare? Nggak enak banget ya, kayaknya kamu harus sering-sering ke kamar mandi, bahkan jadi nggak bisa pergi ke mana-mana. Diare ini juga termasuk ke salah satu jenis gangguan sistem pencernaan. Kalau fesesmu terlalu cair, kelebihan vitamin C, dan banyak mengonsumsi alkohol, kamu bisa jadi sedang mengidap diare. Segera periksakan ke dokter, ya! 

Baca Juga: Apa Saja Gangguan Sistem Reproduksi Manusia?

Kamu sudah pernah mendengar tentang penyakit disentri? Penyakit disentri adalah gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan buang air besar beserta darah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri maupun protozoa, salah satunya Entamoeba hystolitica. Penyakit ini biasanya terjadi di lingkuangan yang kondisi sanitasinya kurang baik. 

Penyakit terakhir yang menyerang sistem pencernaan adalah kolik. Kamu tau kolik, nggak? Kolik adalah nyeri perut. Kalau kamu suka makanan pedas dan mengonsumsinya secara berlebihan lalu suka minum alkohol, kamu berpotensi terserang penyakit ini. Jadi, coba dikurang-kurangin, ya. 

Squad, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan, ya! Biar apa, nih? Biar aktivitasmu nggak terganggu, dong! Kalau biar belajarnya nggak terganggu, enaknya belajar pakai apa, ya? Pakai Ruangguru On-The-Go! dong! USB yang isinya video belajar super lengkap, bikin kamu bisa nonton video belajar bebas kuota. Yuk, beli sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar