Biologi Kelas 11 | Mengenal Anatomi Organ Vegetatif pada Tumbuhan

Biologi_11

Artikel biologi kelas XI ini akan mengajak kalian untuk mengenal anatomi organ vegetatif pada tumbuhan.
--

Ketika kamu melihat tumbuhan, mungkin yang kamu lihat hanya daun, batang, ranting, dan terkadang akar. Meski begitu, tahukah kamu kalau ternyata struktur tumbuhan jauh lebih kompleks dari itu, termasuk organ-organ di dalamnya. Kira-kira bagaimana ya organ pada tumbuhan, apakah sama dengan organ manusia? Nah, di artikel ini kamu akan belajar mengenal anatomi organ pada tumbuhan, Squad. Disimak yaa!

Tumbuhan terdiri dari dua organ, vegetatif dan generatif. Organ vegetatif merupakan bagian-bagian tumbuhan yang digunakan untuk mendukung pertumbuhan si tumbuhan, sedangkan organ generatif berguna untuk proses berkembangbiak tumbuhan tersebut. Di dalam artikel ini, kita hanya akan fokus belajar tentang organ vegetatif, Squad.

 

AKAR

Kamu tahu nggak kenapa akar sering disebut sebagai “pencari makan” bagi tumbuhan? Hal ini disebabkan karena akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral yang ada di tanah, sehingga tumbuhan bisa mendapat berbagai nutrisi yang dibutuhkannya untuk hidup.

Selain itu, akar juga berfungsi untuk memperkuat batang dan tempat penyimpanan cadangan makanan, seperti umbi-umbian. Di luar ketiga fungsi di atas, akar juga punya fungsi lainnya lho, Squad, kamu bisa tebak nggak? Yap, ternyata tumbuhan juga bisa melakukan reproduksi secara vegetatif lewat akar. Coba kamu perhatikan tumbuhan yang punya sistem rhizoma, misalnya kencur, lengkuas, dan kunyit. Tumbuhan-tumbuhan ini melakukan reproduksi vegetatif yang berarti cara reproduksi tumbuhan tanpa menggunakan alat reproduksi. Setelah tahu fungsi akar, kita masuk ke anatominya, yuk!

 

Struktur Luar Akar TumbuhanMorfologi (bagian luar) akar tumbuhan (Sumber: perpusku.com).

 

Struktur luar akar terdiri dari terdiri dari tudung akar, batang akar, cabang akar dan serabut akar, serta rambut akar. Tudung akar berfungsi sebagai pelindung sel akar dari kerusakan saat menembus tanah, sedangkan rambut akar berperan dalam menyerap air dan mineral dalam tanah.

 

Biologi_Kelas_11_-_Struktur_Anatomi_Akar

 

Bagian pertama adalah epidermis akar. Bagian ini berperan sebagai pelindung. Ada beberapa bagian epidermis yang termodifikasi menjadi rambut akar. Bagian kedua adalah korteks, yang terletak di bawah epidermis yang memiliki jaringan parenkim sebagai jaringan penyusunnya. Jaringan parenkim ini berperan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Bagian ketiga adalah endodermis yang berperan mengatur masuknya air dan mineral menuju silinder pusat.

 

Baca juga: Biologi Kelas 12 | Pengertian dan Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis.

 

Bagian terakhir adalah stele. Stele merupakan bagian tengah dari akar yang terletak di sebelah dalam endodermis. Stele terdiri dari perisikel, berkas pembuluh, dan parenkim. Perisikel membentuk cabang akar. Berkas pembuluh yang terdiri dari xylem dan floem. Xylem berfungsi untuk transportasi air dan mineral serta zat hara dari akar ke batang dan daun, sedangkan floem berfungsi sebagai saluran transportasi untuk hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

 

BATANG

Menggigit Tebu

Siapa yang pernah gigit-gigit tebu, seperti ini hayo? (Sumber: blogspot.com).

 

Ketika kamu menggigit tebu seperti itu, yang kamu gigit adalah bagian batangnya, Squad. Batang ini fungsinya sama seperti mobil, sebagai alat transportasi. Zat yang “melewati” batang ini salah satunya adalah air. Air dari akar ke daun, hasil fotosintesis dari daun ke akar, akan melewati batang. Batang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan buah, tempat menyimpan cadangan makanan. Beberapa tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di batang adalah tebu, sagu, dan kaktus. Selain itu, batang juga berfungsi sebagai alat reproduksi vegetatif, seperti pada tanaman singkong.

Morfologi batang tidak sama pada semua tumbuhan. Pada batang herba (batang lunak seperti pada tanaman bayam, kangkung, dll), batang umumnya berwarna hijau, lunak, kecil, dan terdapat stomata. Sedangkan pada batang berkayu batang akan terasa keras, tebal, dan mengandung lentisel.

 

Biologi_Kelas_11_-_Struktur_Anatomi_Batang

 

Sedangkan untuk struktur anatominya, batang terdiri dari epidermis, korteks, stele/silinder pusat. Epidermis pada batang memiliki berbagai macam modifikasi yaitu stomata, trikoma, sel silika, dan sel gabus. Di bagian setelah epidermis, ada korteks. Korteks tersusun dari parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki parenkim korteks mengandung klorofil (disebut juga klorenkim), sehingga mampu berfotosintesis. Di bagian korteks yang paling dalam terdapat bagian floetherna yang pada tumbuhan dikotil berisi zat tepung.

 

DAUN

Ini dia organ vegetatif yang ketiga, daun! Di daun proses fotosintesis terjadi nih, Squad. Selain sebagai tempat berfotosintesis, daun juga berfungsi sebagai alat reproduksi vegetatif, seperti tanaman bayam. Daun juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan tempat terjadinya transpirasi.

Biologi_Kelas_11_-_Struktur_Anatomi_Daun

Tumbuhan ternyata bukan hanya sekedar daun dan batang saja ‘kan. Masih ada banyak bagian tumbuhan yang perlu kamu tahu. Biar kamu bisa lebih mengenal anatomi organ pada tumbuhan, kamu juga bisa tonton materi lainnya tentang tumbuhan berbentuk video animasi di RuangBelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar