Biologi Kelas 12 | Apa Itu Mitosis?

Apa Itu Mitosis?

Artikel Biologi kelas 12 ini akan membahas tentang mitosis dan tahap-tahap yang dilaluinya. 
--

Squad, ada yang sudah pernah mendengar istilah mitosis? Mitosis ini berteman dengan meiosis, ya? Ada di buku biologi kan, ya? Yap, betul banget! Meskipun berteman baik dengan meiosis, tapi mitosis ini memiliki perbedaan dengan meiosis. Yuk, kita belajar bersama-sama supaya nggak bingung. Hehehe

Mitosis ini adalah pembelahan sel yang hasil akhirnya adalah 2 sel keturunan yang sifatnya identik. Proses pembelahan ini berada di sel somatis tubuh yang bertujuan untuk melakukan regenerasi dan pertumbuhan sel tubuh. Jadi biar sel-selnya tumbuh dan bersemangat terus seperti kamu gitu, lho. Hehehe. Nah, ada 5 fase pembelahan mitosis nih. Fase tersebut adalah profase, metafase, anafase, dan telofase. Sebelum keempat fase ini dimulai, ada yang namanya fase pendahuluan atau interfase. Interfase ini juga sering disebut dengan persiapan pembelahan. Kuy, sekarang kita belajar lebih lanjut supaya makin paham! 

Mitosis

Baca Juga: Apa Itu Meiosis?

Mitosis

Pada interfase, sel belum mengalami pembelahan. Pada fase ini terjadi proses persiapan dan penimbunan energi oleh sel untuk melakukan pembelahan. Kamu tahu nggak sih, proses ini memerlukan waktu yang sangat lama dibanding fase lainnya. Selama interfase, kromosom pada sel tidak terlihat. Akan tetapi, di sekitar inti selnya ada sepasang sentriol. Ciye, sentriol aja berpasangan. Kamu kapan? Hehehe.

Mitosis

Tahap yang selanjutnya disebut dengan profase. Ketika profase sedang berlangsung, sentriol akan bergerak ke kutub sel yang berlawanan. Selain itu, kromosom juga akan mulai terlihat memendek dan menebal. Oh iya, pada tahap ini, membran inti sel juga mulai menghilang dan benang spindel mulai terbentuk. Eh, benangnya ini bukan benang yang biasa dipakai ibumu untuk menjahit baju, ya. Benang Spindel ini adalah bagian dari kromosom yang tugasnya menggerakkan kromosom ketika proses pembelahan sel sedang dimulai. Jangan sampai tertukar, ya!

Mitosis

Tahap awal metafase dimulai dengan kromosom yang semakin memadat dan membran inti menjadi pecah. Kemudian, ketika metafase sudah sungguh-sungguh berlangsung, sentrosom sudah berada di kutub sel dan dinding-dinding selnya menghilang. Kemudian kromosom mulai tersusun rapi di bidang ekuator sel. Wah, kok seperti bumi sih, ada bidang ekuator selnya segala? Hahaha bidang ekuatornya sel ini sebenarnya adalah bidang pembelahan yang berada tepat di tengah sel gitu, lho. 

Mitosis

Tahap anafase ditandai dengan dimulainya pemisahan kromatid dari bagian sentromer kromosom. Kromatid ini bisa bergerak karena ada tarikan benang mikrotubulus yang melekat pada sentromer. Kromatid-kromatid ini bergerak ke kutub berlawanan dan kemudian berfungsi sebagai kromosom lengkap yang memiliki sifat keturunan yang identik. 

Mitosis

Wah, kita sudah sampai di tahap terakhir! Tahap terakhir ini namanya telofase. Tahap telofase ini diawali dengan menghilangnya benang spindel dan posisi membran inti yang mulai terlihat. Selain itu, mulai terjadi juga yang namanya sitokinesis yang menghasilkan 2 sel dengan kromosom diploid. Apa sih, sitokinesis itu? Sitokinesis adalah kondisi ketika sitoplasma dari sebuah sel eukariotik membelah menjadi 2 sel anak, Squad.

Menarik sekali ya, Squad! Kamu ingin belajar lebih lanjut mengenai materi ini? Yuk, latihan mengerjakan soal di ruanguji! Soalnya ada banyak dan bervariasi, lho! Yuk, download aplikasinya sekarang! 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts