5 Filum Kingdom Animalia yang Menginspirasi Karakter di Serial SpongeBob | Biologi Kelas 10

filum kingdom animalia pada serial spongebob

Karakter-karakter pada serial SpongeBob SquarePants ternyata terinspirasi dari 5 filum pada Kingdom Animalia berikut ini, lho! Ada filum apa saja, ya? Yuk, kita bahas!

Kata siapa seorang akademisi bidang eksak nggak bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif? Memang sih, seringkali kita menemukan kalau seorang akademisi itu selalu berkutat dengan penelitian dan tulisan-tulisan ilmiah. Tapi, coba lihat deh teman-teman di kelas kamu yang pintar matematika, fisika, kimia, apakah mereka juga menggemari kegiatan berbau seni? Menggambar, gitu misalnya. Jawabannya pasti ada, tapi mungkin tidak banyak.

Nah, salah satu seorang yang berlatar belakang eksak tapi sukses di dunia industri kreatif ialah Stephen Hillenburg. Ia merupakan lulusan Biologi dari Humboldt State University di Amerika Serikat. Kamu pernah mendengar siapa itu Stephen Hillenburg?

stephen hillenburg

 

Yup! Ia merupakan penulis, sutradara, dan pembuat karakter animasi SpongeBob SquarePants. Nggak nyangka, kan? Ternyata latar belakang pendidikannya disalurkan dalam pembuatan sebuah acara televisi. Nah, ngomong-ngomong tentang SpongeBob, artikel kali ini akan membahas tentang 5 filum Kingdom Animalia yang ternyata menjadi inspirasi dari beberapa karakter tokoh pada serial SpongeBob. Ada filum apa saja, sih? Scroll terus, ya!

1. Porifera

Porifera berasal dari bahasa Latin porus (pori) dan fer (membawa). Artinya, porifera merupakan hewan yang ada di bawah laut dan memiliki pori. Nah, SpongeBob sendiri merupakan hewan dari filum porifera ini, guys!

Filum porifera ini terdiri atas tiga kelas, yakni DemospongiaeHexactinellida (Hyalospongiae), dan Calcarea (Calcispongiae). Tuh, dari namanya aja udah ada kata-kata “sponge”-nya, kan?

Tubuh porifera yang berpori-pori memiliki fungsi untuk menangkap makanan berupa plankton atau bakteri. Porifera ini perlu dijaga, lho! Karena porifera menjadi salah satu hewan penyusun terumbu karang. Pasti kamu sudah tahu dong, seberapa pentingnya terumbu karang bagi keseimbangan laut?

filum porifera

 

Baca juga: Mengenal 5 Macam Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau karakter Spongebob itu merupakan hewan laut yang benar-benar ada? Penasaran dengan Squidward dan Patrick, nggak? Baca terus, ya!

2. Coelenterata

“Berburu ubur-ubur…”

“Berburu ubur-ubur…”

Siapa yang sering mengucapkan ucapan tersebut ya? Ya, si porifera alias SpongeBob. Nah, ternyata ubur-ubur itu termasuk ke dalam filum Coelenterata, lho.

Coelenterata berasal dari bahasa Yunani “coilos” yang berarti berongga dan “enteron” yang artinya perut. Coelenterata atau disebut juga sebagai Cnidaria, merupakan hewan dengan rongga pada tubuh, yang mulutnya dikelilingi oleh tentakel yang memiliki sel penyengat.

Coba deh, kamu ingat-ingat, SpongeBob itu sering disengat atau disetrum sama ubur-ubur, kan? Nah, itu karena adanya sel penyengat. Kenapa bisa menyengat? Hal ini dikarenakan adanya knidoblast berupa sel penyengat yang berisi nematokis atau kapsul penyengat.

shachar richter

 

3. Mollusca

Lanjut, dari filum mollusca, ada dua tokoh serial SpongeBob nih, yakni Gary dan Squidward. Mollusca sendiri merupakan hewan yang tubuhnya lunak. Ada yang bercangkang, dan ada juga yang tidak bercangkang.

Mollusca ini dipelajari secara khusus lho, di cabang zoologi, yang biasa disebut dengan malakologi. Ukuran tubuh dari mollusca ini bervariasi.

siput laut pembunuh

 

Filum mollusca terbagi menjadi lima kelas, yakni Amphineura, Gastropoda, Cephalopoda, Scaphopoda, dan Pelecypoda. Nah, Gary si siput laut peliharaan SpongeBob itu masuk ke kelas Gastropoda. Hewan pada kelas Gastropoda bergerak menggunakan perut dan umumnya punya cangkang sebagai pelindung.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Manfaat Lumut bagi Kehidupan berdasarkan Klasifikasinya

Kalau Squidward itu masuknya ke dalam kelas Cephalopoda. Hewan yang ada di dalam kelas ini memiliki kaki yang terletak di kepalanya. Oh iya, Cephalopoda ini punya tentakel juga, lho.

4. Arthropoda

“Uang….uang….uang…”

“Aku butuh uang…”

Tebak siapa yang sering ngomong begitu di serial SpongeBob? Ya, tepat sekali! Jawabannya adalah Tuan Krab! Ternyata, Tuan Krab si kepiting itu masuk ke dalam filum arthropoda, lho.

Arthropoda merupakan hewan yang memiliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Arthropoda ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di laut. Alat pernapasannya pun berbeda, kalau yang hidup di darat itu menggunakan paru-paru buku atau permukaan kulit. Sedangkan yang hidup di laut, menggunakan insang.

Tuan Krab ini masuk ke dalam filum arthropoda dengan subfilum Crustacea. Subfilum ini anggota tubuhnya terdiri dari sefalotoraks (kepala dan dada yang menyatu) dan abdomen (perut). Mereka juga punya sepasang kaki di setiap ruas eksoskeleton. Contohnya yakni udang windu, kepiting, dan kutu air.

Filum arthropoda sendiri terdiri atas subfilum Crustacea, Chelicerata (atau terkadang disebut sebagai Arachnoidea), Myriapoda, dan Hexapoda (Insekta).

5. Echinodermata

Lanjut ke filum terakhir, yaitu filumnya Patrick Star! Patrick si bintang laut berwarna merah muda ini memang menggemaskan dengan tingkah lakunya yang konyol. Tapi, tahukah kamu kalau Patrick masuk ke dalam kelas Asteroidea dari filum echinodermata?

Asteroidea merupakan hewan dengan permukaan tubuhnya memiliki duri pendek dan kaki tabung. Hewan ini juga memiliki bentuk tubuh simetri radial pentameral (terbagi lima). Selain Asteroidea, kelas-kelas dalam echinodermata antara lain Ophiuroidea, Echinoidea, dan Holothuroidea.

Salah satu hewan yang masuk dalam filum ini, yaitu teripang (timun laut), memiliki kemampuan yang unik, lho. Teripang dapat melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan ada penelitian jika tubuh teripang itu dipotong-potong, maka tiap potongan tersebut akan menjadi teripang utuh dalam waktu 2 jam. Wah, keren ya!

filum filum karakter serial spongebob

 

Itu tadi penjelasan tentang 5 filum pada Kingdom Animalia yang menjadi inspirasi karakter-karakter pada serial SpongeBob SquarePants. Eits, dalam Kingdom Animalia, masih banyak filum lainnya, lho! Ada Platyhelminthes, Annelida, Nemathelminthes, dan Chordata. Buat kamu yang masih penasaran dengan penjelasan filum-filum lain di Kingdom Animalia, bisa cari tahu lebih banyak di ruangbelajar, ya! Semua filum dijelaskan dengan animasi yang keren dan lucu. Pastinya bikin kamu makin paham, deh. Gabung sekarang juga, ya!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Artikel ini telah diperbarui pada 24 Februari 2022.

Tedy Rizkha Heryansyah