Berawal dari Bantu Teman Belajar, Berbuah Bonus Puluhan Juta Rupiah

Rabia Edra

Oct 1, 2019 • 3 min read

Kata Squad


mitra ruangguru

Artikel ini membahas tentang cerita siswi SMK yang membantu temannya dalam belajar dan mendapatkan bonus puluhan juta rupiah dari program mitra Ruangguru.  

---

“Sejak SD, aku mau banget bisa dapat beasiswa sekolah, tapi katanya kalau mau dapat beasiswa, harus ranking dulu. Jadi, dari SD sampai sekarang, aku selalu berusaha untuk selalu di posisi 3 besar, tapi aku tetap belum pernah dapat kesempatan beasiswa,” ucap Orin, siswi kelas XI SMK Yarsi Medika.

Ayah Orin merupakan seorang satpam di pabrik, sementara Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Keadaan ekonomi keluarga yang serba terbatas inilah, membuat pemilik nama lengkap Orin Rindiantika terus bersikeras untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan. Namun, karena tak kunjung memperoleh keringanan, ia mulai mencoba beragam pekerjaan seperti reseller berjualan online, penjaga warung, sampai mencicipi peruntungan menjadi youtuber.

Baca juga: Belajar dari Ikhbal: Kondisi Ekonomi Bukan Alasan Tidak Bisa Berprestasi

Kegiatan sehari-hari siswa jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini begitu banyak, demi mencari tambahan uang. Hal tersebut membuatnya menomorduakan belajar. “Aku masih belum bisa mengatur waktu dengan baik, jadi sekarang belajar hanya kalau mau ada ulangan atau ada PR saja,” ujarnya. Beruntungnya, sampai awal kelas X SMK, Orin masih bisa memahami dengan baik tentang materi yang diajar guru di sekolah. Namun, menjelang Penilaian Tengah Semester (PTS) 1, ia mengaku kurang paham pelajaran dan nilai-nilai ulangan pun berakhir di batas standar. 

mitra ruangguru

Ternyata, walau bersekolah di SMK, siswi usia 16 tahun ini juga mengenyam beberapa pelajaran seperti di SMA, misalnya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, dan Biologi. Justru, ia sangat ingin bisa menguasai mata pelajaran tersebut, yang nantinya mungkin akan jadi materi-materi soal ujian masuk perkuliahan. Oleh karenanya, demi membantu proses belajarnya di luar sekolah, Orin memutuskan untuk menggunakan Ruangguru selama 1 tahun terakhir.  

“Aku senang dengan video ruangbelajar karena penjelasannya mudah dimengerti, ternyata seru banget karena jadi mudah diingat juga. Videonya pun selalu memberi kata yang penting dan sering keluar di soal ujian,” tuturnya pada tim Ruangguru. Lalu, Orin pernah terpikir untuk menyebarkan kode referral di aplikasi Ruangguru yang dimilikinya, karena ingin mendapatkan tambahan uang dengan menjadi mitra Ruangguru dan mengajak teman-temannya berlangganan. Sayangnya, ia hanya mendapat lelah menanggapi pertanyaan teman-temannya yang akhirnya tak menggunakan kode milik Orin.

Padahal, jika ada satu teman yang menggunakan kode referralnya, maka ia akan mendapatkan komisi hingga Rp150.000 dan berlaku kelipatan. Bahkan, ada pula program bonus, misalnya ketika kode sudah digunakan oleh 15 orang, maka akan mendapat tambahan Rp100.000 dan besaran bonus akan terus disesuaikan dengan banyaknya jumlah penggunaan kode.

Berawal dari Bantu Teman Belajar, Berbuah Bonus Puluhan Juta Rupiah

Orin dan teman-temannya (Sumber: dok. pribadi)

Orin sadar, jika mindset-nya hanya soal uang, malah ia tidak akan sama sekali mendapatkannya. Sebaliknya, ketika ia hanya fokus belajar, mencatat semua materi Ruangguru di buku catatan dan membantu mengajari teman-temannya, justru peluang datang dengan mudahnya. “Syukurlah teman-temanku pada ngerti pelajaran juga, aku ikhlas menolong mereka, eh ternyata mereka juga tertarik menggunakan Ruangguru dan mau memakai kodeku supaya dapat potongan harga,” cerita pemilik akun youtube Orindi ini. 

Kini, persoalan mendapat uang hanya sebagai ekstra, walau ia berterima kasih karena bisa mendapat total puluhan juta untuk membantu perekonomian keluarga dan mulai menabung persiapan kuliah. Prioritasnya saat ini, tentu agar nilainya kembali membaik, dan hal tersebut terbukti dengan peroleh nilai di rapornya semester lalu. Nilai untuk mata pelajaran Biologi 98, Matematika 91, dan Fisika 100. Berkat ketekunan Orin, tak disangka-sangka ia menjadi Juara Terbaik 1 di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik serta mendapat piala dan beasiswa sekolah.  

Teman-teman Orin begitu bangga padanya dan yang paling membuat ia bersyukur yaitu bisa melihat wajah kedua orang tuanya senang saat harus mengambil penghargaan dari sekolah. Nah, kamu mau punya pengalaman seperti Orin? Yuk, belajar bareng di aplikasi Ruangguru dengan ratusan ribu topik video belajar beranimasi dan latihan soal. Masih ada diskon 45% dengan menggunakan kode ORINVOYQZK untuk paket 1-2 tahun dan jadilah mitra Ruangguru dengan membagikan kode referral milikmu. Raih penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah!

mitra ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts