Brainiac Musician: 6 Musisi Yang Tidak Hanya Jago Bermusik

Ruangguru Jan 8, 2016 • 4 min read


Musik sudah pasti menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kamu juga pasti punya idola dan genre musik favorit tersendiri kan? Tren musik anak muda sekarang sepertinya berputar pada musik elektronik atau indie alternatif. Atau mungkin kamu diam-diam mendengarkan Sambalado Ayu Ting-Ting? Well, music is music. When it hits you, you feel no pain, right? :p

Namun terkadang, memilih jalur menjadi musisi profesional masih menjadi hal yang sulit bagi pelajar di Indonesia karena berbagai stigma dan stereotype negatif. Kebanyakan orangtua di Indonesia masih mengharapkan anaknya untuk fokus pada studi akademis, walau minat dan bakat si anak cukup besar di musik. Tapi jangan khawatir, semakin banyak juga lho institusi pendidikan musik secara formal di Indonesia. Nah, dalam artikel ini akan ada 7 musisi yang tidak hanya jago menghasilkan karya musik yang “pecah”, tetapi sekaligus mempunyai latar belakang pendidikan yang keren!

Siapa sajakah mereka? Keep on reading!

1. Lauren Mayberry

Lauren Mayberry
Lauren Mayberry
 

Vokalis imut dari band “The Chvrches” ini ternyata adalah seorang eks jurnalis lepas dan menyandang dua gelar dari University of Strathclyde, yaitu S1 Fakultas Hukum dan S2 Jurnalisme. Hingga kini, Mayberry masih aktif menulis artikel opini pada isu feminisme.

2. Coldplay

Coldplay Coldplay 
 

Band yang konsernya sudah sangat ditunggu di Indonesia ini ternyata para anggotanya pertama kali bertemu di University College London di tahun 1996. Chris Martin mengambil jurusan Greek dan Latin, drummer Will Champion adalah anak Antropologi, dan gitaris Johnny Buckland mengambil jurusan Matematika.

3. Lady Gaga 

Lady Gaga Lady Gaga 
 

Yes! Penyanyi yang mendapat julukan “Mother Monster” dari para fansnya ini merupakan penerima early admission dari NYU’s Tisch Scool of The Arts”, lho! Saat itu usianya baru 17 tahun, walaupun setahun kemudian dia memilih untuk fokus mengejar karir musik. Namun saat kuliah, Lady Gaga menulis tesis dan analisis ilmiah tentang isu seni, agama, selebriti, hingga sosial politik.

4. Greg Graffin 

greg graffin greg graffin 
 

Vokalis dari band punk-rock Bad Religion ini mempunyai dua gelar dari University California of Los Angeles (UCLA), yaitu B.S (Bachelor of Science) Zoology dan M.S (Master of Science) Paleontology. Dia bahkan melakukan penelitian lapangan sampai ke Meksiko dan daerah Amazon Basin dan sekarang masih mengajar kelas tentang evolusi di Cornell University.

5. Tom Morello 

Tom Morello Tom Morello 
 

Gitaris band Rage Against The Machine ini adalah lulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Harvard University, lho! Dia bahkan sempat berkarir di bidang politik walau cuma sebentar sebelum akhirnya memilih fokus di bidang musik.

6. Tompi 

Tompi Tompi 
 

Nah, kali ini musisi pintar berikutnya berasal dari negeri kita sendiri, yaitu Teuku Adi Fitrian atau yang lebih dikenal sebagai Tompi. Lulusan dari Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini selain sibuk bernyanyi juga mempunyai klinik bedah kecantikan miliknya sendiri, lho! Applause! Kamu ingin kuliah tapi tetap mengasah kemampuan musik? Bisa loh! Kamu bisa mencari guru privat sesuai kebutuhan kamu di ruangles.

ruangles

Beri Komentar