Ruangguru Luncurkan Platform Ruangbelajar agar #BelajarJadiMudah

Rabia Edra Nov 9, 2017 • 3 min read

Jakarta, 24 Oktober 2017. Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi masyarakat pendidikan no.4 terbesar di dunia dengan lebih dari 52 juta murid dan 4 juta guru. Namun, kenyataannya menurut hasil literasi yang diterbitkan lembaga PISA (Program for International Student Assessment) di tahun 2015 lalu, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-69 dari 76 negara yang tergabung. Melihat hal ini, Ruangguru, sebagai penyedia layanan jasa dan konten pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, terus berinovasi untuk terus memperluas layanannya serta membuka akses pendidikan yang berkualitas sehingga bisa menjangkau lebih banyak lagi pelajar Indonesia.

Menyambut hari Sumpah Pemuda, Ruangguru, hari ini mengumumkan inovasi terbarunya yaitu produk ruangbelajar. Ruangbelajar adalah sebuah platform yang dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1.200 total sub-topik untuk semua jenjang. Siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati serta sub topik yang ingin dikerjakan. Dilengkapi kuis, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis yang menarik, ruangbelajar menjadi media belajar yang interaktif.

Pembuatan konten dalam ruangbelajar melibatkan lebih dari 100 putra-putri terbaik lulusan universitas top di Indonesia seperti UI, ITB, UGM dan juga universitas top di dunia seperti Harvard University, Stanford University, Columbia University, Oxford University, National University of Singapore, Nanyang Technological University serta disusun berdasarkan kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Revisi dan SKLUN terbaru.

DSC01036.jpg

“Materi pelajaran yang rumit membuat banyak orang tua merasa anak-anaknya membutuhkan tambahan belajar di luar sekolah. Masalahnya, biaya bimbel sangat mahal dan tidak semua bimbel memiliki kualitas yang baik. Ruangbelajar menyediakan konten yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum. Dengan keuntungan bisa di akses kapan saja dan di mana saja, kami berharap ruangbelajar bisa dijangkau oleh semua kalangan siswa di Indonesia” tutur Belva Devara, Co-Founder & CEO Ruangguru.

Buat Siswa jadi Senang Belajar

Waktu yang digunakan setiap menyelesaikan satu sub topik atau learning journey adalah kurang dari 15 menit, dengan menggunakan animasi dan tutor bahasa yang lebih dekat dengan anak muda sehingga tidak membosankan. Setelah melihat konten video, terdapat rangkuman berupa infografis yang bisa digunakan kembali saat belajar mandiri.

Seperti yang dikatakan Iman Usman, Co-Founder dan CPO Ruangguru “Kita punya lebih dari 52 juta murid dan 4 juta guru tapi bukan rahasia umum kalau negara kita adalah salah satu yang paling tertinggal. Kita tidak kekurangan sekolah atau guru, tapi kita kekurangan sekolah dan guru yang baik dan berkualitas terlepas dimana mereka berada, atau status ekonomi mereka. Hal itulah yang mengilhami kami untuk membuat ruangbelajar, yaitu sebuah produk yang memungkinkan setiap siswa untuk mengakses berbagai macam konten pembelajaran yang disusun dengan menggunakan metode based learning journey. Kurang lebih dalam 1 tahun terakhir, kami mengembangkan konten tersebut dan memastikan konten tersebut tidak hanya membantu siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan, tetapi juga menyenangi kegiatan belajar”.

Ruangbelajar memiliki dua jangka waktu berlangganan yaitu untuk 1 bulan dan 1 tahun dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp 50.000 per bulan bila dibandingkan dengan bimbingan belajar konvesional yang bisa menghabiskan 6-7 juta per tahun. Hadirnya ruangbelajar, melengkapi layanan  belajar Ruangguru lainnya, yaitu jasa pencarian guru privat yang bernama ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yang bernama ruanglesonline, fasilitas tryout ujian yang bernama ruanguji dan grup belajar online se-Indonesia yaitu ruangguru digitalbootcamp.

Bermitra dengan Figur Publik

Menyambut hari Sumpah pemuda, Ruangguru saat ini juga sedang bekerjasama dengan lebih dari 120 figur publik di Indonesia untuk mengkampanyekan penggunaan teknologi berbasis pendidikan. Dimana untuk setiap figur berkesempatan untuk memberikan 1000 beasiswa ruangbelajar yang didukung oleh Ruangguru kepada para pengikutnya. Aktris Raline Shah, Tatjana Saphira dan youtuber Jovial Da Lopez adalah tiga dari sekian banyak figur publik yang mendukung program beasiswa tersebut.

Untuk detail lebih lanjut mengenai ruangbelajar, silahkan akses ruangguru.com/belajar dan unduh aplikasi seluler Ruangguru di Play Store, App Store, atau kunjungi Ruangguru.com

ruangbelajar

Beri Komentar