IPA Kelas 7 | Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Bumi

Zara Larasati

Sep 10, 2018 • 4 min read

Konsep Pelajaran SMP Kelas VII ipa vii


berbagai fakta tentang bumi

Artikel IPA kelas VII ini akan membahas berbagai fakta yang perlu kamu ketahui tentang bumi mulai dari perubahan nama, jumlah penghuni, sampai pergerakan rotasi dan revolusi bumi.

--

Seperti yang kita ketahui, planet bumi berperan sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup. Tidak hanya untuk manusia, bumi juga sebagai tempat tinggal untuk tumbuhan dan binatang. Selain sebagai tempat tinggal, bumi juga menyimpan berbagai fakta lain lho!

Nah, Check this out!

Nama bumi

asal kata earth atau bumi

Bumi atau yang bisa kita kenal dengan kata "earth" merupakan nama dari planet tempat tinggal kita. Tapi tahu kah kamu, bumi sendiri sudah beberapa kali mengalami perubahan nama lho!

Pertama-tama, nama ‘bumi’ diistilahkan dengan kata "eorthe" yang berasal bahasa inggris kuno. Arti dari kata "eorthe" ini adalah tanah. Kata eorthe mulai digunakan pada sebelum tahun 725. Lalu, pada abad pertengahan, nama bumi berubah menjadi kata "erthe". Penggunaan kata erthe ini tercatat sebelum tahun 1137. Nah, perubahan nama bumi yang terakhir adalah menjadi "earth". Penggunaan kata earth dimulai sejak dipopulerkannya bahasa inggris modern pada tahun 1137. Hingga saat ini, kata earth masih digunakan sebagai nama dari planet bumi.

Berbeda dengan bahasa inggris, di negara kita, planet yang sedang kita tinggali ini disebut dengan kata ‘bumi’. Kok bumi, sih? Kenapa nggak ikutan namain earth?

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Matahari Menghilang?

Alasannya, karena kita menggunakan serapan dari bahasa Sanskerta. Kata bumi berasal dari bahasa sanskerta yaitu 'Bhumi' yang juga memiliki arti sebagai ‘tanah’. Penggunaan bahasa sanskerta ini karena sudah menjadi bahasa tertua yang masuk ke Nusantara. Bahasa sanskerta sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke 4 masehi lho. Oleh karena itu, planet kita ini di Indonesia dinamakan sebagai bumi.

Penghuni bumi

Bumi sejak dulu sudah menjadi tempat tinggal untuk jutaan spesies makhluk hidup, termasuk kita. Tapi tahu kah kamu berapa banyak, sih, makhluk hidup eukariotik (memiliki membran sel) yang tinggal di bumi?

 jumlah makhluk hidup di dunia

Sumber data: Researchgate.net

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Chicago, sebenarnya makhluk hidup yang tinggal di bumi diperkirakan sebanyak 2 milyar spesies. Wah, ternyata banyak banget ya. Nah, pembagian makhluk hidup itu, antara lain:

  • Bakteri menduduki urutan pertama dan merupakan spesies terbanyak yang tinggal di bumi yaitu berkisar 78% atau sebanyak 1,5 milyar spesies.
  • Jamur (fungi) merupakan spesies yang menduduki urutan kedua terbanyak di bumi, yaitu berkisar 7.4% atau  sebanyak 148 juta spesies.
  • Protista yang ada berkisar 7.3% atau sebanyak 146 juta spesies.
  • Binatang yang ada di bumi berkisar 7.3% atau sebanyak 146 juta spesies.
  • Tumbuhan merupakan spesies yang paling sedikit jenisnya di bumi, yaitu hanya ada berkisar 0.02% atau sebanyak 400 ribu spesies.

Bumi berputar

rotasi bumi

rotasi bumi (sumber: giphy.com)

 

Layaknya planet-planet lain yang selalu mengelilingi matahari, bumi juga melakukan hal yang sama. Ada dua jenis perputaran bumi, yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi bumi merupakan berputarnya bumi terhadap porosnya. Bumi berotasi layaknya fidget spinner yang biasa kamu mainin itu lho! Rotasi bumi ini akan berlangsung selama 23 jam, 56 menit, dan 4 detik. Dampak yang dihasilkan dari rotasi bumi ini adalah terjadinya siang dan malam.

Sedangkan revolusi bumi merupakan berputarnya bumi mengelilingi matahari. Lama revolusi bumi ini berlangsung selama 365 ¼ hari. Dari penghitungan inilah makanya muncul penghitungan kalender yang biasa ada di rumah kamu.

Wah, ternyata bumi menyimpan banyak fakta ya squad!

Nah, mulai sekarang, ayo kita jaga bumi kita. Agar bumi kita semakin menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi para penghuninya. Caranya dengan tidak membuang sampah sembrangan ya. Selain mulai mencoba menjaga bumi, yuk tetap semangat belajar pakai ruanglesonline! Kamu bisa tanya-tanya PR yang susah lewat aplikasi, lalu nanti bakal dijawab deh sama kakak tutornya. Gimana cara nanyanya nih, soalnya kan panjang banget? Kamu tinggal foto lalu upload di aplikasinya aja, Squad. Praktis banget kan? Makanya, download sekarang, ya!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts