Coba Cara Belajar ala SKY Castle

Fauzia Astuti Dec 1, 2019 • 5 min read


WT_-_Skycastle-01

Siapa bilang drama Korea cuma berisi aktor ganteng dan aktris cantik aja. Nih, kamu bisa tiru 6 cara belajar dari drama SKY Castle.

--

We all lie…

Apa yang terlintas di otak kamu ketika melihat satu kalimat itu? Deng, dong, deng! Yup, drama Korea SKY Castle.

SKY Castle adalah drama yang tayang di stasiun TV JTBC pada November 2018 sampai Februari 2019. Drama ini kental banget sama sistem pendidikan di Korea Selatan yang terkenal dengan persaingan ketatnya. Jika kamu melihat secara garis besarnya saja, pasti berpikir kalau drama ini hanya mengkritik sisi gelap pendidikan Korea ‘kan? Ternyata eh ternyata, ada beberapa cara belajar anak-anak SMA Shina saat menghadapi ujian yang bisa kalian terapkan nih.

1 . Mengatur ruang belajar

Gimana rasanya kalau kalian bertemu tutor seperti Guru Kim Joo-young? Seram, bikin mules, maunya langsung nikah aja daripada sekolah! Eh, jangan dong. Meski strict, ternyata beberapa saran Guru Kim bermanfaat lho. Salah satunya adalah tentang pengaturan ruang belajar. Ingat adegan ini?

ezgif.com-optimize(Mengatur ruang belajar ala Guru Kim, sumber: SKY Castle episode 2)

Menurut sebuah penelitian di Jerman yang dimuat dalam artikel dari collegeinfogeek.com, siswa akan lebih kreatif jika belajar di pencahayaan yang hangat (3000k). Nah, kebalikannya, kalau di bawah pencahayaan yang dingin (6000k), kamu akan lebih konsentrasi. Dan kamu juga harus tahu, penelitian dari University of Helsinki and Lawrence Berkeley National Laboratory juga mengungkapkan bahwa rata-rata orang akan memiliki tingkat produktivitas tertinggi jika berada dalam ruangan dengan suhu antara 22°C dan 25°C, lho.

Baca juga: 5 Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

2. Bentuk kelompok belajar, yuk

Keluarga lingkungan SKY Castle mempunyai kelompok belajar unik yang dinamakan klub buku. Yup, mereka duduk di sebuah meja panjang, lalu mendiktekan kembali isi buku yang dibaca. Di balik sifat buruk Profesor Cha yang terlalu menekan, yuk kita lihat sisi baik dari adanya kelompok belajar seperti ini.

Cara belajar seperti ini mempunyai banyak keuntungan. Apalagi ketika masa-masa Penilaian Akhir Semester (PAS) seperti ini. Belajar berkelompok membuat kamu tahu tingkat pemahaman materi. Beberapa juga mengatakan kalau mereka lebih cepat menghafal materi dengan belajar kelompok. Berdiskusi dan saling bertukar informasi bisa membantu kamu menjawab segala gundah gulana keresahan hati akibat kisi-kisi soal PAS. Eh, tapi beneran kelompok belajar yang saling memotivasi ya. Bukan kelompok “belajar” yang cuma ngomongin Oppa-Oppa.

3 . Belajar sendiri juga seru kok

Tokoh Ye-seo digambarkan sebagai sosok yang ambisius dan mempunyai rasa persaingan yang ketat. Meski di sekolah terkenal pintar, mengikuti klub baca dan bimbel, ia tetap suka belajar sendiri di bilik kamarnya. 

Seperti yang Ye-seo bilang, belajar sendiri memang membuat kita lebih fokus. Selain itu, belajar sendiri nggak perlu tuh tunggu-tungguan, eh akhirnya cuma jadi wacana doang. Artinya, kamu sendiri yang mengatur waktunya. Kita bisa juga mengontrol suasana belajar yang kita mau. Sambil dengerin musik pelan oke, sambil nyemil oke, sambil ngoceh sendiri juga oke, asal belajarnya tetap jalan ya.

yeso lagi belajar_naver blog(Ye-seo sedang belajar sendiri, sumber: Naver Blog)

4 . Tik! Tok! Tik! Tok! Coba gunakan timer 

Apa kalian kangen eh… ingat si kembar ganteng Seo-joon dan Ki-joon? Di episode 4, mereka disuruh mengerjakan soal prediksi dengan menggunakan timer oleh Profesor Cha. Eits, tapi kamu nggak perlu meniru sampai segitunya kok.

ezgif-5-d369f10c5eaa(Belajar dengan timer, sumber: SKY Castle episode 4)

Teman-teman cukup memasang stopwatch ketika mengerjakan soal latihan untuk bisa mengukur kecepatan dalam mengerjakan soal. Ibaratnya, kamu sedang latihan untuk mengetahui medan perang. Nah, jadinya nanti kamu bisa tahu tuh gimana caranya mengatur waktu untuk mengerjakan setiap bentuk soal.

5 . Tarik napas dan… bermeditasi

“Ayo, kita ke ruang meditasi.”

Nah lho, nah lho, gimana rasanya kalau kamu di posisi Ye-seo waktu itu? Langsung ikut Guru Kim, atau malah kabur?

Kak, jadi harus bermeditasi kayak gitu? Hehe, nggak dong

Meditasi yang dimaksud Ruangguru di sini adalah menenangkan diri sebelum ujian. Cara ini akan membuat kamu lebih fokus mengerjakan soal-soal PAS nantinya. Kalau saran Ruangguru sih, mungkin bisa sebentar main ke taman, berbincang bersama keluarga, atau makan makanan kesukaanmu. Dan usahakan untuk tinggalkan gadget-mu sebentar ya.

6 . Ayo pergi bimbel!

Pecinta drama Korea pasti udah nggak asing dengan adegan ini. Ya! Benar! Excelente! Marvelous! Pergi bimbel. Anak-anak di Korea Selatan rela pergi bimbel sampai tengah malam demi nilai mereka. Bahkan beberapa dari mereka rela tidak tidur setelah bimbel karena mengulang lagi pelajaran di rumah. Tokoh Ye-bin dan Soo-han pun harus pergi bimbel meski mereka masih SMP. Apalagi Ye-seo, dengan sikap ambisiusnya, ia bahkan masih harus pergi les dengan Guru Kim setelah bimbel di Hagwon.

Aku nggak kuadh, Kak! Tolong!

Katanya mau dapat nilai bagus, kok males sih. Tapi tenang, teman-teman, kamu nggak perlu keluar rumah malam-malam cuma untuk bimbel kok. Dengan Ruangguru, kalian bisa bimbel di mana saja dan kapan saja. Bahkan dengan ruanglesonline, kamu bisa bertanya langsung dengan tutor hebat via live chat.

New Call-to-action

Beri Komentar