Cara Belajar Efektif Menurut Misellia Ikwan

Anggraeni Puspitasari Jul 27, 2018 • 3 min read


Squad, siapa di sini yang jadi #TeamMisell? Squad Ruangguru yang satu ini terkenal karena video cover lagu yang ia unggah di akun Youtube miliknya. Akun Youtube Misell memiliki lebih dari 500 ribu subscriber dan total views mencapai 29 juta, lho. Selain memiliki suara yang bagus, Misell juga aktif berorganisasi di sekolah. Dengan segala kesibukannya di luar sekolah, Misell tetap menjadikan belajar sebagai prioritasnya.

Cara belajar efektifMisellia Ikwan atau yang akrab dipanggil Misell

Misell berprinsip bahwa akademik dan hobi bernyanyi dapat berjalan beriringan. Menemukan passion di usia muda seperti Misell bukanlah suatu yang mustahil. Bagi Misell, rahasianya hanyalah memiliki kepercayaan diri penuh. “Just be yourself. Kalian ga perlu jadi Misell. Tapi, kalian boleh punya semangat aku. Semua punya passion masing-masing. Lama-lama kalian tahu apa yang kalian suka. Belum 4 SD saja aku sudah bikin cover lagu.” Squad Ruangguru yang juga seorang content creator ini mengaku bahwa dengan bernyanyi ia akan merasa lebih tenang dan bahagia. Contohnya, ketika ia lelah belajar, ia akan berhenti sejenak untuk membuat cover lagu agar kejenuhannya hilang.

Mempersiapkan diri untuk ulangan juga tidak boleh kalah penting menurut Misell. Ia berpendapat bahwa membagi waktu ialah kunci agar segala aktivitas dapat berjalan dengan lancar. “Jangan sampai ketika besok ulangan, tapi belum belajar sama sekali,” ucap Misell. Misell membagikan inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia untuk selalu semangat belajar. “Jangan merasa kalau belajar itu suruhan. Kamu harus punya kemauan sendiri. Contoh ketika aku mau belajar, aku mencoba untuk dibawa have fun saja. Kalau kamu merasa seperti ditekan, kamu nggak bakal bisa enjoy dan pelajarannya juga nggak nyantol,” ucap Misell ketika ditanya seputar cara belajar efektif.

Ketika Misell ditanya apakah ia termasuk teman yang pelit berbagi ilmu, ia menjawab bahwa ia selalu berusaha untuk membantu teman. “Nggak boleh pelit jadi orang, nggak boleh disimpan sendiri. Aku punya solusi nih, semenjak pakai Ruangguru, nilai aku semakin bagus, ya masa aku nggak kasih tahu temanku. Pasti aku bagi.” Misell tidak sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu kepada teman-teman di sekolah. Hal ini didukung oleh Belva Devara sebagai CEO Ruangguru. “Ilmu itu satu-satunya hal yang kalau kita bagi ke orang lain, kita nggak merasa rugi. Malah, ilmu kita semakin bertambah karena semakin mengerti.”

“Harus fokus. Kalau kamu lagi belajar, usahakan untuk menjauhkan smartphone dari lingkungan kamu,” jelas Misell. “Kalau kamu punya masalah kaya aku yang banyak kegiatan di luar dan nggak sering di rumah, aku pakai Ruangguru. Jadi, aku bisa belajar ketika di jalan atau di backstage. Soalnya kalau belajar dengan googling, fix sih aku ketiduran,” tutur Misell yang memang sudah menggunakan Ruangguru sebelum ia dipilih sebagai salah satu dari lima Squad Ruangguru. Belajar dengan Ruangguru merupakan salah satu cara belajar efektif. Misell mengaku senang ketika ia akhirnya dipilih sebagai Squad Ruangguru. “Senang banget. Aku awalnya hanya pakai ruanguji dan ternyata Ruangguru mau aku jadi perwakilannya, ya aku senang banget,” ucap Misell yang ingin mengambil jurusan musik ketika ia kuliah nanti. 

Cara belajar efektifMisell berfoto bersama penggemar serta Kak Iman dan Kak Belva 

Misell merupakan salah satu contoh dari remaja Indonesia yang berprestasi. Di umurnya yang masih 14 tahun, tentu Misell memiliki potensi untuk terus berkembang, baik untuk karier atau pun akademiknya. Menggunakan Ruangguru sebagai teman belajar bagi Misell sangatlah membantu dan menjadi pilihan cara belajar efektif. Ia tetap dapat melakukan kegiatan di luar sekolah tanpa perlu ketinggalan pelajaran. 

So, kamu tetap ingin beraktivitas dan melakukan hobi tanpa mengganggu akademik kamu? Ikuti cara BelajarItuKeren versi Misell dengan gabung di ruangbelajar! ruangbelajar membantu kamu dalam memahami materi pelajaran dengan mudah. Banyak misi menyenangkan yang dilakukan bersama dengan Master Teacher dan juga ribuan video animasi belajar! Oh ya, Squad. Ada kabar gembira nih!  Diskon 55% untuk paket 1 tahun & 2 tahun dengan kode JADIJUARA di ruangbelajar sampai hari Minggu, 29 Juli 2018! Buruan gabung di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar