Cara Belajar Efektif untuk Kamu yang Alami Gap Year

Anggraeni Puspitasari

Jul 24, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


SK_-_Belajar_untuk_Gap_Year-01

Artikel  ini memberikan informasi tentang cara belajar efektif bagi siswa yang alami gap year.

--

Squad, sudah lebih dari dua minggu berlalu dari hasil pengumuman SBMPTN. Dalam sebuah seleksi, tentu ada yang berhasil dan tidak. Bagi kamu yang belum berhasil, masih ada jalan lain kok untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mungkin kamu terpikirkan untuk mengikuti seleksi ujian mandiri atau bahkan memilih gap year?

Berbicara tentang gap year, kamu punya persiapan sekitar setahun lho. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan ini, ya. Nah, agar kamu semakin mantap dan yakin dengan persiapan belajarmu, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu, nih.

Baca juga: 5 Tips Biar Masuk PTN Impian setelah Gap Year

Pertama, kamu harus mengetahui tentang peraturan atau kebijakan terbaru ujian masuk perguruan tinggi negeri. Tidak menutup kemungkinan bahwa pemerintah melakukan pembaharuan untuk ujian seleksi tersebut. Perubahan yang dilakukan bisa berupa cara pengerjaan atau bahkan model soal. Maka dari itu, kamu perlu untuk selalu mengecek kabar terbaru, ya. Tidak lupa, kamu juga butuh kiat dan cara belajar efektif agar dapat mengerjakan soal ujian dengan maksimal.

1. Temukan kelebihan dan kuasai materi belajar

Materi pelajaran yang diujikan untuk seleksi perguruan tinggi secara umum terbagi menjadi dua kategori, yakni Soshum dan Saintek. Tentu kamu telah familier dengan sebutan kategori ini, ‘kan? Jurusan atau program studi yang kamu pilih memengaruhi kategori ujian ini. Tes Kemampuan Akademik (TPA) berisikan materi-materi pelajaran yang umumnya telah dipelajari di sekolah. Materi-materi pelajaran ekonomi, sejarah, dan geografi untuk kategori Soshum dan kimia serta biologi untuk kategori Saintek. Selain itu, diujikan pula mata pelajaran matematika.

belajar efektif untuk gap yearUjian tulis berbasis kompetensi (UTBK) untuk SBMPTN (Sumber: CNN Indonesia)

Walaupun terdengar sederhana, namun soal-soal yang diujikan ini punya tingkatan atau level kesusahan tertentu, seperti level HOTS (Higher Order Thinking Skill). Memaksimalkan pengerjaan soal ujian dapat kamu siasati dengan mendalami mata pelajaran tertentu yang menjadi kelebihanmu. Dengan begitu, ketika mengerjakan soal nanti, kamu dapat menentukan soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Waktu pengerjaan ujian menjadi lebih efisien karena kamu tidak berkutat hanya pada soal.

Selain dua kategori tersebut, diujikan pula soal Tes Potensi Skolastik (TPS). Nah, dalam menjawab soal ini, kamu butuh perhatian khusus, Squad. Jenis soal TPS mendorong kamu untuk menganalisis soal lebih dalam. Terdapat soal untuk uji kemampuan kognitif, logika, serta pemahaman umum.

2. Belajar berkelompok

Mencari teman seperjuangan gap year dapat membantu proses belajarmu lho. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendiri. Syarat agar proses belajar kelompok memberikan hasil yang maksimal, kamu harus lebih selektif, nih, untuk memilih teman. Menemukan teman yang dapat saling mendukung itu sangat berharga lho. Kamu dan temanmu harus sama-sama komitmen untuk menyelesaikan target belajar.

belajar efektif untuk yang alami gap year dengan belajar berkelompok Belajar berkelompok lebih menyenangkan (Sumber: bobo.grid.id)

Biar belajar makin seru, namun tetap efektif coba, deh, gabung di Ruangguru digitalbootcamp. Belajar kelompok virtual dilengkapi dengan video pembahasan beranimasi, seru, dan komunikatif. Biar lebih menantang, di rgdb juga tersedia tryoutlho. Kalau kamu ingin tanya-tanya tentang materi pelajaran, ada tutor yang selalu sedia! Lengkap banget, 'kan?

3. Teliti dan berlatih contoh-contoh soal

belajar efektif untuk yang gap yearBelajar secara mandiri (Sumber: hai.grid.id)

Kiat ketiga untuk belajar efektif bagi kamu yang gap year ialah rajin untuk melatih kemampuanmu. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah membaca contoh soal, meneliti serta menganalisisnya. Langkah kedua ialah membuat jadwal dan target belajar. Kamu dapat membaginya berdasarkan mata pelajaran atau jenis soal yang diujikan, yakni TPA atau TPS.

Nah, kalau kamu bingung harus nyari contoh soal untuk SBMPTN di mana, daftar ruangbelajar, ya! Ribuan soal latihan dan pembahasan untuk tiap materi pelajaran, kurikulum, hingga jenjang pendidikan tersedia dalam satu aplikasi. Nggak percaya? Buktiin sendiri dong kalau gitu!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts