Yuk, Intip Cara Belajar Para Ilmuwan Dunia

Hani Ammariah Jan 31, 2020 • 5 min read


cara belajar ilmuwan

Artikel ini mengungkap rahasia cara belajar para ilmuwan dunia yang bisa kamu terapkan.

--

Siapa ilmuwan yang kamu kagumi? Newton? Einstein?

Banyak dari kamu pasti berpikir kalau menjadi ilmuwan itu sangatlah keren. Gimana enggak? Mereka bisa menciptakan penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini. Padahal, kalau dipikir-pikir, di jaman mereka, sarana penunjang belajar masih sangat minim. Belum banyak buku pelajaran, belum ada internet, HP, laptop, atau aplikasi belajar kayak Ruangguru. Kebayang nggak tuh? Perjuangan mereka pasti jauh lebih keras dari yang kita lakukan sekarang.

Eits! Jangan pikir juga kalau para ilmuwan itu sudah jenius dari lahir lho ya. Ada beberapa ilmuwan yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikannya sampai perguruan tinggi loh. Lalu, gimana caranya ya mereka bisa sepintar itu? Nah, teman-teman, artikel ini akan mengungkap rahasia cara belajar para ilmuwan dunia. Yuk, kita simak sama-sama!

Thomas Alva Edison

Siapa yang tidak mengenal Thomas Alva Edison? Ilmuwan yang satu ini banyak menciptakan penemuan di tiga bidang teknologi, yaitu bola lampu dan kelistrikan, perekam suara, serta perfilman. Thomas Alva Edison telah menghasilkan 1.093 karya yang berpengaruh besar bagi kehidupan kita.

applause(sumber: giphy.com)

Tapi, kamu tahu nggak sih, saat masih duduk di bangku sekolah dasar, Edison sangat sulit sekali menerima materi pelajaran yang diajarkan, sehingga guru-gurunya menganggap ia sebagai anak yang terbelakang. Sejak kecil, Edison juga mengalami gangguan pendengaran yang menyebabkan kesulitan untuk berkomunikasi secara verbal. Oleh sebab itu, ia sering diejek teman-temannya dengan julukan si idiot. Akhirnya, Edison berhenti dari sekolah dan memilih belajar sendiri di rumah.

Meskipun sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya, Edison tidak patah semangat. Dari kekurangannya ini, ia menjadi seseorang yang banyak ingin tahu tentang segala hal. Ia selalu menanyakan hal-hal yang belum ia pahami dan memunculkan pertanyaan baru setelah mendapat jawaban dari pertanyaan sebelumnya. Jadi, bagi teman-teman, jangan malu untuk bertanya kepada guru atau teman kalian ya kalau ada materi pelajaran yang masih belum dipahami.

Bagi Edison, belajar tidak cukup jika dengan teori saja, melainkan harus mencoba dan terus mencoba. Hal ini ia terapkan pada percobaannya dalam membuat bola lampu. Beribu kali ia mengalami kegagalan pada percobaannya hingga akhirnya usaha dan kesabarannya tidak sia-sia.  

thomas alva edison

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton merupakan seorang fisikawan, matematikawan, dan ahli astronomi kelahiran Inggris. Newton menjadi salah satu ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia berkat karya-karyanya. Beberapa hasil penemuannya yang masih kita pelajari saat ini adalah Hukum Newton dan teori gravitasi bumi. Nah, teman-teman, ada yang masih ingat nggak nih bunyi Hukum Newton I itu apa?

Newton merupakan seorang anak yatim dan tinggal bersama neneknya di desa. Saat bersekolah, ia sangat gemar membaca dan melakukan eksperimen sederhana. Ia menabung sedikit demi sedikit dari uang sakunya untuk membeli kayu, gergaji, palu, dan alat perkakas lainnya untuk membuat mesin-mesin kecil. Namun, ibunya pernah memintanya untuk berhenti dari sekolah dan menyuruhnya menjadi petani.

Merasa tidak cocok dengan pekerjaannya itu, Newton kemudian kembali bersekolah dan melanjutkan kuliah di Trinity College, Universitas Cambridge. Di sana, ia mengembangkan minatnya di bidang ilmu pengetahuan. Newton memiliki tekad kuat dan semangat belajar yang tinggi. Berkat kegigihannya, ia bisa menemukan teorema binomial dan mulai mengembangkan teori matematika menjadi kalkulus. 

Sir Isaac Newton

Albert Einstein

Siapa sih yang nggak mau punya otak secerdas Einstein. Jangankan teman-teman, kakak juga mau tuh. Hehe… Einstein merupakan seorang ilmuwan yang banyak dikenal dengan teori relativitasnya. Selain itu, ia juga mengemukakan beberapa teori lain, seperti efek fotolistrik, Gerak Brown, statistik Bose-Einstein, dan masih banyak lagi.

Einstein lahir di dalam keluarga yang peduli terhadap pendidikan, terutama di bidang sains dan musik. Semasa sekolah, ia mengalami kesulitan untuk mengikuti mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu alam dan berhitung. Ia juga memiliki kepribadian yang introvert (tertutup) dan sangat pemalu. Oleh sebab itu, ia dianggap sebagai murid yang terbelakang di sekolahnya. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atasnya, Einstein berkeinginan masuk ke Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal) di Zurich, Jerman. Namun, ia gagal masuk tes dan harus mengulang hingga beberapa kali. 

Sejak kecil, ia mengkhususkan waktunya untuk belajar mandiri setiap hari. Eintein mempelajari sendiri aljabar, geometri Euklides, dan juga kalkulus. Di usia 14 tahun, ia telah berhasil menguasai kalkulus integral dan diferensial. 

Albert Einstein

Bill Gates

Teman-teman, masih ada satu lagi nih ilmuwan yang dapat kita tiru usaha dan cara belajarnya, yaitu Bill Gates. Ada yang masih asing dengan nama ini? Bagi yang belum tahu, ia adalah sosok di balik kesuksesan Microsoft Corporation. Bill Gates bersama temannya, Paul Allen mendirikan Microsoft di tahun 1975 dan menjadi pemimpin perusahaan serta pemegang saham terbesar hingga tahun 2014. Ia juga masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2020 dengan total kekayaan sebesar 108,8 Miliar Dolar.

shock(sumber: giphy.com)

Bill Gates pertama kali diperkenalkan dengan dunia komputer saat ia duduk di bangku sekolah dasar. Dengan ketekunannya dalam belajar, ia dengan cepat menguasai BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code), bahasa pemrograman komputer bagi para pemula. Ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempelajari segala hal terkait komputer. 

Bill Gates tidak pernah menunda apa yang ingin dilakukannya. Jika ia bisa, ia akan dengan cepat menjalankan ide dan rencana yang telah ia buat. Baginya, semakin cepat ide itu dijalankan, semakin cepat pula ia mengetahui hasilnya. Jika menemui kegagalan, ia akan langsung memperbaikinya.

Bill Gates

Nah, teman-teman, gimana nih menurut kamu? Ternyata, para ilmuwan itu juga pernah mengalami masalah dan kegagalan dalam hidupnya ya. Tapi, mereka tidak patah semangat dan tetap berjuang untuk menggapai mimpinya. Kamu juga bisa kok seperti mereka. Apalagi, sekarang sudah ada aplikasi belajar dari Ruangguru. Memahami materi pelajaran jadi lebih mudah bersama Master Teacher keren di ruangbelajar.

Keep moving forward and never give up!

ruangbelajar

Beri Komentar