Cara Daftar Akun ruangkelas untuk Guru

Ruangguru Des 29, 2020 • 3 min read


bagaimana cara daftar ruangkelas bagi guru

Artikel ini menjelaskan bagaimana langkah-langkah membuat akun ruangkelas bagi para guru untuk membantu pembelajaran jarak jauh

--

Sebagai aplikasi pembelajaran terbaik, Ruangguru turut serta dalam membantu memberikan solusi bagi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satunya dengan menyediakan platform Pembelajaran Jarak Jauh yang bernama ruangkelas.

Di sana, guru dan siswa bisa berinteraksi, saling memberi dan memeriksa tugas, memberikan komentar, sampai berkomunikasi di ruang chat. Ada banyak cerita menarik dari para guru dan siswa yang telah mencoba menggunakan platform ruangkelas ini. 

Bagi bapak dan ibu guru yang masih bingung bagaimana cara mendaftar akun di ruangkelas, berikut kami berikan panduannya:

1. Buka Laman Daftar Ruangkelas

cara daftar ruangkelas untuk guru step 1

Pertama, bapak dan Ibu harus membuka laman daftar ruangkelas yang tersedia di https://kelas.ruangguru.com/register. Lalu, silakan isi nama lengkap, email, nomor telepon, dan password. Selain itu, Bapak dan Ibu juga bisa mendaftar menggunakan akun facebook atau gmail dengan mengklik tombol salah satunya.

Apabila sebelumnya bapak atau ibu sudah membuat akun di aplikasi Ruangguru, bapak atau ibu bisa langsung mengunjungi laman login di sini: kelas.ruangguru.com/login.

 

2. Tentukan Peran Bapak/Ibu Guru

cara daftar ruangkelas untuk guru step 2

Jika bapak atau ibu memiliki dua peran di ruangkelas (maksudnya, sebagai guru di satu organisasi, sekaligus murid di organisasi lain), maka bapak atau ibu akan diarahkan ke laman untuk memilih peran. 

Pilih sesuai peran yang bapak atau ibu inginkan.

Baca juga: Fitur dan Cara Akses Ruangkelas Agar Belajar di Rumah Lebih Efektif

Misalnya, saat Anda bertugas sebagai guru dan ingin memberikan tugas. Pilih "Masuk sebagai guru".

Catatan: kalau bapak/ibu hanya memiliki satu peran (sebagai guru saja), maka bagian ini tidak akan muncul.

 

3. Mengubah Peran

cara daftar ruangkelas untuk guru step 3

Bapak atau ibu dapat mengubah peran ketika sudah masuk ke halaman ruangkelas. Caranya, akses ke bagian profile di pojok kanan atas, klik anak panah bawahnya, lalu pilih peran selanjutnya.

Catatan: kalau bapak/ibu hanya memiliki satu peran (sebagai guru saja), maka bagian ini tidak akan muncul.

 

Nah, ini dia langkah-langkah yang bapak dan ibu harus lakukan untuk melakukan pendaftaran di ruangkelas. Mudah sekali, bukan? Dengan menggunakan ruangkelas, bapak atau ibu sekarang bisa menjalankan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dengan lebih mudah. Yuk, buat kegiatan belajar kita jadi jauh lebih produktif dengan ruangkelas!

ruangkelas untuk guru

Beri Komentar