Cara Jitu Membuat Application Letter dalam Bahasa Inggris

Created by : Irene Swastiwi Viandari Kharti
on May 18, 2018 10:23:45 AM
3 min read

Bahasa Inggris_12

Sebentar lagi akan ada kenaikan kelas dan lulus-lulusan nih, Squad! Waktu liburan memang waktu yang tepat bagi kalian untuk mencari pengalaman kerja. Bisa lewat kerja paruh waktu ataupun magang. Tapi, untuk teman-teman yang baru pertama kali melamar kerja, mungkin akan bingung tentang surat aplikasi kerja. Tenang aja, Squad, kali ini RG akan berbagi informasi ke kalian bagaimana cara jitu membuat application letter. Check it out, guys!


bingung saat buat application letter

Jangan sampai kaya gini pas buat application letter, Squad! (Sumber: giphy.com).

 

Sebetulnya apa sih surat aplikasi kerja itu? Itu adalah surat yang kamu ajukan kepada perusahaan tujuan kerja kamu. Surat aplikasi kerja sendiri terdiri dari cover letter dan resume.

cover letter and resume differences

Perbedaan cover letter dan resume. (Sumber: uploads.uptowork.net).

 

Baca juga: Struktur dan Penulisan Latar Belakang (Background Information).

 

Lalu, apa yang kamu lakukan pertama kali saat membuat surat aplikasi kerja? Di awal suratmu, masukkan informasi perusahaan. Pastikan kamu menuliskan nama dan jabatan yang kamu inginkan, beserta nama perusahaan dan alamatnya. Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan yang kamu ingin lamar tersebut. Hindari bentuk penulisan yang standar seperti Human Resources Manager of the company karena akan terkesan copy-paste. Bila kamu sudah tahu nama manajer bagian HRD (Human Resource Department), kamu bisa cantumkan. Manfaatkan media sosial seperti Twitter atau Linkedin untuk mendapatkan informasi mengenai manager atau staf HRD-nya.

cover letter example

Contoh application letter (Sumber: career.virginia.edu).

 

Selanjutnya kamu harus menulis kemampuan dan pengalaman kerja kamu, serta kualifikasi diri pada paragraf kedua. Jelaskan juga mengapa menerima kamu akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Di paragraf kedua, sebisa mungkin kamu harus mencerminkan kompetensi dan pengalamanmu yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

 

Kemudian, di bagian terakhir dari application letter, kamu harus menjelaskan mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi yang kamu inginkan. Selain itu, di sini kamu juga membuka kesempatan bagi bagian HRD untuk menghubungi kamu mengenai proses penerimaan kerja selanjutnya, yaitu wawancara. Selanjutnya, jangan lupa ucapkan terima kasih dengan menambahkan kata “Best regards” atau “Sincerely yours” dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama jelas.

how to make an application letter How to make an application letter?

Gimana, sudah tahu ‘kan cara jitu membuat application letter? Jadi, sudah siap melamar pekerjaan ke mana, Squad? Eh, sambil menunggu panggilan dari HRD, lebih baik kamu belajar dulu nih lewat video-video pelajaran di RuangBelajar.

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran kelas xii SMA bahasa inggris XII

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read