Cara Membaca Hasil atau Nilai UTBK 2019 beserta Rekapitulasi Resmi dari LTMPT

Shabrina Alfari

Apr 24, 2019 • 4 min read

sbmptn Siap kuliah


UTBK 2019

Artikel ini memberikan informasi cara membaca hasil atau nilai UTBK 2019 serta melampirkan rekapitulasi resmi dari LTMPT

--

Squad, bagaimana nilai UTBK-mu? Apakah hasilnya sudah keluar? Bagi kamu yang sudah mengikuti UTBK SBMPTN 2019 Gelombang I pada 13 April lalu, hasil nilai UTBK kamu sudah bisa dilihat kemarin, Selasa, 23 April 2019. Nilai UTBK ini menjadi syarat wajib untuk kamu mendaftar di SBMPTN 2019 yang baru akan dibuka pada 10 – 24 Juni 2019. 

Tiap materi ujian di UTBK 2019 akan tersedia nilainya, sehingga kamu mendapat 8 atau 9 nilai. Dengan begitu kamu bisa mengetahui skor secara detail, seperti berapa nilai matematika, fisika, geografi, pengetahuan kuantitatif, dan seterusnya.

Lalu bagaimana caranya menghitung nilai UTBK yang sudah kamu dapatkan? Kamu bisa mengetahui nilai tertinggi UTBK dengan mengakses langsung laman resmi LTMPT di https://ltmpt.ac.id. Yuk, kita lihat terlebih dahulu hasil rekapitulasi nilai secara keseluruhan dari peserta UTBK 2019 pada tanggal 13 dan 14 April 2019 menurut kelompok ujian Saintek dan Soshum berikut ini.

UTBK 2019Rekapitulasi nilai kelompok ujian Saintek dan Soshum (Sumber: ltmpt.ac.id)

Baca juga: Hasil UTBK SBMPTN 2019 akan Diumumkan Mulai 23 April 2019

UTBK 2019Penyebaran jumlah peserta berdasarkan range nilai UTBK (Sumber: ltmpt.ac.id)

LTMPT merilis data seluruh peserta per bidang materi yang diujikan (TPS dan TKA). Data nilai keseluruhan yang ditampilkan antara lain:

  1. Minimum: skor paling kecil di antara seluruh peserta
  2. Maksimum: skor paling tinggi di antara seluruh peserta
  3. Median: skor di tengah
  4. Kuartil 1: skor peringkat posisi ¼ terbawah terhadap keseluruhan (termasuk yang rendah)
  5. Kuartil 3: skor peringkat pada ¾ terhadap keseluruhan (termasuk yang tinggi)

Contohnya, ada 121.049 peserta yang mengikuti tes Soshum pada 13 dan 14 April lalu, maka nilainya diurutkan dari yang paling tinggi hingga yang paling kecil (ranking 121.049).

Selain nilai keseluruhan peserta, LTMPT juga menginformasikan pesebaran nilai UTBK. Jadi kamu bisa tahu berapa peserta yang mendapat range nilai tertentu. Range nilai yang ditampilkan LTMPT antara lain di bawah 300, 300 sampai 400, 401 sampai 500, 501 sampai 600, 601 sampai 700, 701 sampai 800, 801 sampai 900, dan di atas 900.

Sistem penilaian UTBK

LTMPT menggunakan sistem Item Response Theory atau IRT dalam sistem penilaian UTBK dengan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing subtes. Secara lebih detailnya, sistem penilaian ini digambarkan dengan tiga tahap.

Tahap pertama, seluruh jawaban benar akan diberi skor 1 poin, dan skor 0 untuk yang tidak dijawab.

Tahap kedua, pendekatan teori respons butir (item response theory) akan dilakukan. Setiap soal yang benar akan dianalisis kembali karakteristiknya dengan melihat kesulitannya dibanding soal lainnya.

Tahap ketiga, karakteristik tiap soal yang didapatkan di tahap dua akan dipakai untuk menghitung skor peserta. Soal yang relatif sulit akan mendapat bobot yang lebih tinggi dibanding yang lain.

UTBK 2019Tampilan hasil UTBK 2019 (Sumber: instagram.com/infosbmptn)

Langkah membaca hasil UTBK

  • Squad, setelah melihat hasil UTBK kamu sendiri, kemudian bandingkanlah dengan data rekapitulasi dan pesebaran keseluruhan skor peserta UTBK yang diumumkan 23 April oleh LTMPT.
  • Cek nilai satu per satu materi. Bandingkan posisi nilai kamu dari nilai kuartil 3 dan nilai maksimum. Lihat juga apakah nilaimu sudah melampaui median. Jika sudah melampaui median, berarti kamu sudah berada di 50 persen teratas. Di atas kuartil 3 berarti kamu berada di sekitar 30 persen teratas di antara peserta tes saat itu.
  • Kemudian cek berapa peserta yang mendapatkan nilai sama seperti kamu dan berapa peserta yang nilainya di atas kamu.
  • Karena kamu harus mengecek nilaimu satu per satu materi, maka hasil performa kamu juga akan beragam. Ada materi yang mungkin kamu unggul, ada pula yang kurang unggul.
  • Jangan hanya membandingkan nilai kamu dengan pengumuman hari ini, tapi cek juga pengumuman berikutnya untuk mengetahui performa para peserta lainnya.
  • Jadikan nilai kamu ini sebagai bahan evaluasi untuk kamu yang mengikuti UTBK kedua.

Untuk apa sih melihat rekapitulasi nilai?

Squad, dengan melihat informasi tadi kamu bisa membandingkan performamu dengan peserta ujian lainnya. Penting untuk kamu membandingkan nilaimu dengan semua peserta lainnya yang mengikuti UTBK. Sebab mereka semua adalah peserta UBTK dan termasuk sainganmu.

Semakin dekat nilaimu dengan nilai maksimum, berarti kamu semakin unggul. Targetkan skor yang tinggi di atas kuartil 3. Nilai ini bukan passing grade. Ini adalah skor kamu dan statistik skor peserta lain yang nantinya akan menjadi modalmu untuk bersaing memperebutkan prodi di SBMPTN.

Bagi kamu yang mengikuti 2 kali UTBK, nilai yang pertama bisa menjadi bahan evaluasi kamu. Jadi, jika kamu kurang puas dengan nilai yang sudah didapatkan, berusahalah lebih keras dalam UTBK Gelombang II agar kamu bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Ayo, kembali persiapkan dirimu untuk mendapatkan skor UTBK yang lebih tinggi dengan video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts