Bahasa Inggris Kelas 9 | Cara Membuat Advertisement

advertisement - header

Artikel bahasa inggris kelas IX kali ini akan membahas tentang cara membuat advertisement. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya di artikel berikut.

---

Squad, kamu tentu pernah melihat iklan kan? Iklan dibuat untuk menarik perhatian orang terhadap suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Jika tujuannya supaya orang tertarik, tentu penyajiannya juga harus dibuat semenarik mungkin. Maksudnya menarik itu gimana sih? Apakah menarik dalam hal desainnya? Kata-katanya? Gambarnya? Atau perpaduan dari semuanya? Nah, daripada bingung terus menerus, yuk kita mulai saja penjelasan mengenai cara membuat iklan yang baik.

Cara Membuat Iklan

1. Title

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah menentukan title atau judul yang berupa nama produk atau jasa yang akan diiklankan. Misalnya, kali ini kita akan membuat iklan mengenai produk Ruangguru digitalboocamp (RGDB).

Pada iklan ini, produk merupakan bagian yang paling penting untuk ditonjolkan. Maka, dalam penulisannya pun perlu ditonjolkan pula. Bisa dengan menggunakan cetak huruf yang lebih besar, diletakkan di tengah, atau dengan menambahkan warna yang lebih variatif.

rgdb

Baca juga: Mengenal Iklan dalam Bahasa Inggris

2. Persuasion Statement

Setelah membuat title, kita akan mulai merangkai kata-kata pada bagian persuasion statement yang tentunya berisi tentang pernyataan-pernyataan yang tujuannya untuk membujuk orang yang melihat. Nah, di sinilah tantangan untuk pembuat iklan agar membuat orang yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik. Power (kekuatan) dari bagian persuasion statement inilah yang dapat mengubah pandangan orang tersebut menjadi ingin tahu atau bahkan tertarik melakukan action (menggunakan atau membeli).

Apa saja yang bisa kamu lakukan pada bagian ini?

  • Memberikan deskripsi singkat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan
  • Menampilkan alasan-alasan kenapa harus menggunakan atau membeli produk atau jasa
  • Menonjolkan keunggulannya dibandingkan dengan hal sejenis
  • Manfaat apa yang akan pembeli dapatkan
  • Menampilkan harga yang kompetitif atau promo-promo lainnya

Screenshot-2017-12-19 Ruangguru Digital Bootcamp

3. Detail (keterangan)

Pada bagian ini, kita perlu mencantumkan informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika orang yang melihat iklan tersebut ingin mengetahui lebih lanjut atau berminat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kontak yang dicantumkan dapat berupa nomor telepon, handphone atau e-mail pihak yang menawarkan atau menjual produk, website yang dapat dikunjungi, tempat yang dapat dikunjungi, atau informasi penting lainnya.

Pada bagian ini, yang terpenting adalah kamu mencatumkan informasi tersebut dengan jelas dan tidak ambigu sehingga orang tidak akan sulit jika ingin menghubungi.

Contoh:

For further information, you can contact +62 21 2854 3000 or +62 812 1361 3070 (10:00-17:00 WIB) and visit https://promo.ruangguru.com/rgdigitalbootcamp/

Exercise 1

SUMMER PARADISE, ROCK HIGHLANDS, MALANG

Breakfast is provided free of charge.

We also have special discounts on food and drinks at our restaurant for all registered guests. On top of that, there's a fifty percent discount for children below 12 at our restaurant.

We are located close to the apple garden and butterfly farm. You can also see the sunset and sunrise from your room. Children would also be entitled to free horse riding lesson every morning.

Rp 430,000 per night

Reservation      : (0341) 7689980

E-mail                : summerparadise@yahoo.com

1. Who is the fifty percent discount given to?

  1. All registered guests                                      
  2. 14 year old children                                        
  3. 11 year old children
  4. Adult people

Jawaban    : C

Pembahasan:

Berdasarkan informasi yang dapat ditemukan pada teks iklan di atas, “There’s a fifty percent discount for children below 12 at our restaurant.” bermakna bahwa diskon 50% hanya diberikan kepada anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah 11 year old children.

Nah, itulah tadi tiga tahap membuat iklan. Jika kamu merasa masih membutuhkan bantuan dari guru bahasa Inggris berkualitas, kamu bisa mencari guru privat di ruangles. Kamu bisa mencari guru yang sesuai dengan kriteria dan daerah asalmu lho! Yuk, temukan gurumu sekarang.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts