Cara Membuat Formal Letter dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat Formal Letter dalam Bahasa Inggris

Squad, ada yang sudah pernah membuat surat formal? Membuat surat formal tentu saja berbeda dengan membuat surat-surat pada umumnya, ya. Apakah kamu pernah membuat surat formal dalam Bahasa Inggris? Tahukah kamu, dalam Bahasa Inggris, surat formal disebut dengan formal letter. Biasanya, formal letter dikirim dari dan ke perusahaan. Bagaimana ya, cara membuat formal letter dalam Bahasa Inggris? Penasaran nggak? Yuk, kita belajar bersama! 

Sebelum kalian membuat formal letter milik kalian sendiri, yuk belajar bagian-bagian dari formal letter itu sendiri. Bagian-bagiannya terdiri dari heading, greeting, body of letter, closing, dan signature. Kita bahas satu demi satu, ya!

Heading

Tahukah kamu, apa saja yang termasuk ke dalam header? Di dalam header biasanya tercantum nama perusahaan, kontak perusahaan, dan logo perusahaan. Header terletak di paling atas, ya. Selain detail yang sudah disebutkan di atas, ada juga penanda waktu yang menunjukkan kapan dan di mana surat itu dibuat. Jadi, pasti ada lokasi dan tanggal surat itu dibuat, ya!

Greeting

Sebuah surat resmi harus selalu diawali dengan penyebutan nama penerima surat. Greetings yang digunakan bisa bermacam-macam, lho, tergantung penerima suratnya. Kamu bisa menggunakan kata Dear Principal jika kamu mengetahui nama atau identitas lengkap penerima surat. Sedangkan jika kamu tidak mengetahui nama atau identitas penerima surat, kamu bisa menggunakan kata  Dear Sir, Dear Madam, atau Dear Sir or Madam”. Jika penerima suratmu adalah wanita dan kamu yakin dia belum menikah, kamu bisa menggunakan kata Dear Ms. contohnya Dear Ms. Nelson. Sedangkan jika kamu yakin dia sudah menikah, gunakan Dear Mrs., misalnya Dear Mrs. Nelson. Kalau penerima suratmu adalah pria, cukup gunakan sapaan Dear Mr. saja ya, terlepas dari dia sudah menikah atau belum. Misalnya, Dear Mr. Adams

Body of the letter

Di dalam sebuah surat sudah pasti terdapat isi yang mengungkapkan apa maksud dari surat yang kamu tulis. Biasanya isi surat berisi alasan mengapa surat ini ditulis, seperti rujukan, meminta, meminta maaf, atau juga bahkan mengeluh akan sesuatu. Kita bahas satu persatu, ya!

Baca Juga: Cara Menyampaikan Opini dalam Bahasa Inggris

Referring to the letter

Untuk merujuk kepada suatu surat yang telah diterima, kamu bisa menggunakan frasa berikut ini, As you stated in your letter, …”, “Regarding …”, “Concerning …”, “With reference to your letter …”

Making request

Untuk membuat suatu permintaan yang kamu ingin tulis melalui surat bisa menggunakan frasa berikut ini, I would appreciate if you could …” dan juga “I would be most grateful if you would …”. Penggunaan kedua frasa tersebut juga mengindikasikan tingkat kesopanan, lho!

Apologizing

Untuk meminta maaf atas suatu kesalahan yang telah diperbuat, kamu bisa menulis surat dengan menggunakan frasa berikut ini, “We apologize for any inconvenience caused …” atau "Please accept our sincere apologize …”.

Complaining

Untuk memberikan aduan terhadap sesuatu, frasa yang bisa kamu gunakan antara lain adalah “I am writing to complain about …”, “I am writing to express my dissatisfaction with …”, “I find it most unsatisfactory that … ”, “I’d like to complain about …”Jangan lupa jelaskan keluhanmu secara detail, ya!

Closing

Closing, atau yang disebut dengan penutup dalam Bahasa Indonesia, merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah surat. Kamu bisa menggunakan kalimat “Thank you for taking the time to read my letter.” atau“Thank you for your time and your consideration …” . Oh ya, jangan lupa sertakan kontak agar penerima surat dapat mudah menghubungimu di kemudian hari. Kalimat yang bisa kamu gunakan antara lain “Please feel free to contact me if you have further questions.”,“I look forward to hearing from you soon.” dan“If you require any further information, please don’t hesitate to contact me.”

Signature

Setelah menutup surat, kamu juga harus mencantumkan tanda tangan atau nama lengkapmu di akhir surat. Kamu bisa menggunakan frasa "Sincerely yours” dan “Yours faithfully”Jangan sampai lupa, ya! 

Cara Membuat Formal Letter dalam Bahasa Inggris

Squad, setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa membuat surat formal dalam Bahasa Inggris, ya! Supaya makin mantap, yuk belajar dengan ruangbelajar. Kamu bisa nonton video belajar dan latihan soal cuma dari HP-mu, lho! Sampai ketemu di ruangbelajar, ya Squad. 

ruangbelajar

Beri Komentar