Cara Membuat Kelas di Kelas Virtual ruangkelas

Ruangguru Des 29, 2020 • 3 min read


Cara buat kelas Ruangkelas

Artikel ini menjelaskan bagaimana cara membuat kelas saat Anda menggunakan kelas virtual ruangkelas.

--

Sudah hampir 9 bulan sistem belajar mengajar yang biasa dilakukan oleh guru dan peserta didik di sekolah berhenti. Gantinya, sistem belajar pun beralih ke Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Saat awal penerapan PJJ, banyak guru maupun siswa yang mengalami kesulitan, baik dalam menyampaikan materi belajar, tugas sekolah, dan juga berdiskusi dengan siswa, begitu pula dengan siswa yang mengalami kesulitan dalam memberikan tugas kepada guru, juga dalam bertanya terkait materi pelajaran. 

Namun, seiring berjalannya sistem PJJ, mulai banyak kelas virtual bermunculan. Salah satunya adalah ruangkelas. Ruangkelas adalah kelas virtual yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan guru dan siswa saat melakukan kegiatan belajar mengajar. 

Dengan ruangkelas, guru bisa membuat kelasnya sendiri, bisa berdiskusi langsung dengan para siswa, bisa meng-upload materi belajar, bisa mengoreksi tugas para siswa, dan juga bisa meng-input nilai. 

Begitu juga dengan siswa, bisa melakukan absensi langsung, bisa melihat tugas yang diberikan oleh para guru, bisa meng-upload tugas harian, dan juga bisa berdiskusi dengan guru jika ada hal yang tidak dimengerti.

Konsep kelas virtual yang dimiliki ruangkelas, mengadopsi konsep belajar yang biasa terjadi di sekolah. Sehingga, baik guru maupun siswa tidak lagi merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, meskipun sekolah belum bisa ditempati.

Nah, untuk Bapak Ibu guru yang ingin membuat kelas di ruangkelas, caranya sangat mudah. Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengerjakan Tugas dari Guru di ruangkelas

Untuk membuat kelas di ruangkelas, dapat anda lakukan pada halaman "Kelas Anda", berikut langkah-langkah membuat kelas

step 1 membuat kelas

  1. Pilih menu "Buat Kelas" yang terletak di sebelah kiri layar anda. Menu ini ada di halaman ketika anda baru login ruangkelas.
    step 2 membuat kelas
  2. Masukan detail kelas
  • Kelas
  • Kurikulum
  • Mata Pelajaran
  • Nama Kelas
  1. Klik "Buat"

    step 3 membuat kelas
  2. Lalu akan muncul Kode Kelas dan tombol untuk "Lihat Kelas"
    Jumlah maksimal anggota dalam sebuah kelas adalah 100 anggota.

step 4 membuat kelas

Sangat mudah kan membuat kelas virtual di ruangkelas? Setelah kelas berhasil dibuat, Bapak Ibu guru sudah bisa melakukan aktivitas belajar mengajar seperti biasa dilakukan saat di sekolah. Jadi, meskipun belajar masih harus jarak jauh, yuk tetap jadikan belajar mengajar sebagai aktivitas yang menyenangkan!

Untuk info selengkapnya tentang fitur ruangkelas, Anda bisa baca di sini ya. Nah untuk Bapak Ibu guru yang belum gabung di ruangkelas, yuk segera bergabung.

ruangkelas untuk guru

Beri Komentar