Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Bahasa Indonesia_10.jpg

Squad, apakah kalian masih ingat dengan apa yang disebut dengan teks laporan hasil observasi? Untuk mengingatnya, mari kita pahami kembali pengertian dari teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat suatu klasifikasi berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global atau universal. Teks ini lebih menekankan pada pengelompokan beberapa hal ke dalam suatu jenis. Teks ini juga berkaitan dengan hubungan antara sebuah kelas dan subkelas yang ada di dalamnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

1. Menggunakan kalimat definisi

Biasanya terdapat kata adalah pada pernyataan umum yang menyatakan pengertian atau definisi dari aspek yang akan dibahas.

Contoh : Kemangi atau disebut basil adalah dedaunan kecil yang memiliki aroma khas dan lembut dengan sentuhan aroma limau...

2. Menggunakan konjungsi atau kata hubung

Biasanya konjungsi yang digunakan adalah kata hubung antar kata seperti dan, atau, yang, untuk, dengan, dan sebagainya.

Contoh : Kemangi atau disebut basil adalah dedaunan kecil yang memiliki aroma khas dan lembut dengan sentuhan aroma limau...

3. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks

  • Kalimat simpleks adalah kalimat yang menggunakan satu verba dan menyatakan aksi (peristiwa atau keadaan) atau biasanya disebut kalimat tunggal.

Contohnya : Setelah dingin, kembali peras-peras daun kemangi.

  • Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba.

Contohnya : Kemangi dapat disulap menjadi toner yang bisa digunakan sebelum tidur setelah wajah dicuci bersih.

4. Menggunakan sinonim dan antonim

Biasanya terdapat sinonim atau antonim dalam satu kalimat atau satu paragraf.

Contoh antonim : Kemangi dapat disulap menjadi toner yang bisa digunakan sebelum tidur setelah wajah dicuci besih

Contoh sinonim  : Kemangi berguna sebagai salah satu daun yang sangat berpengaruh pada kesehatan, seperti vitamin A, B, dan C yang memberikan manfaat bagi tubuh.

5. Menggunakan data

Data yang ada biasanya berupa angka yang pasti untuk menunjukkan ukuran suatu bahan yang digunakan.

Contoh : Bahan yang digunakan adalah 100 gr daun kemangi dan 200 ml air panas.

ciri2 teks laporan hasil observasi.png

Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Tentukan tema kegiatan observasi
  2. Tentukan tujuan observasi
  3. Melakukan proses observasi.
  4. Menyusun kriteria aspek yang harus dilaporkan. Setelah melakukan observasi dan mendapatkan data-datanya, kita harus menyusun kriteria aspek yang akan dibahas, dideskripsikan dan dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi.
  5. Membatasi aspek yang harus dilaporkan. Kita harus membatasi aspek apa saja yang harus dilaporkan, agar tidak keluar dari tujuan yang sudah dibuat.
  6. Mulai mendeskripsikan unsur-unsur yang dijelaskan sesuai aspeknya. Dimulai dengan mendefinisikan atau mengartikan aspek yang dipilih berupa pernyataan umum. Jangan lupa untuk menggunakan kaidah kebahasaan kalimat definisi.
  7. Melengkapi teks laporan hasil observasi dengan data dan gambar. Setelah dibuat definisi aspek yang dipilih, tambahkan data-data yang didapatkan dari hasil observasi bisa berupa gambar atau data yang berupa angka yang menunjukkan suatu ukuran. Jangan lupa gunakan kaidah kalimat simpleks dan kompleks, konjungsi, sinonim, dan antonim.
  8. Membuat simpulan hasil observasi. Setelah dilengkapi dengan data dan gambar, kita bisa membuat kesimpulan dari hasil observasi yang telah kita lakukan.

struktur teks laporan hasil observasi.png

Contoh Soal

1. Teks laporan hasil observasi merupakan …

  1. Teks yang berisi laporan
  2. Teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global atau universal
  3. Teks yang berisi jenis-jenis observasi
  4. Teks yang berisi jenis-jenis laporan
  5. Teks yang memuat topik khusus

Jawaban : B

Pembahasan : Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global atau universal. Selain pilihan B, bukanlah pengertian dari teks laporan hasil observasi.

Sudah paham ‘kan Squad? Kalian juga bisa belajar melalui video beranimasi di ruangbelajar, lho. Selain video animasi, ada latihan soal serta rangkuman berupa infografis. Yuk, berlangganan sekarang untuk buat #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar