Cara Menemukan Passion dalam Diri Anda

Maya Martha

Apr 25, 2019 • 5 min read

sukses kerja etos kerja


cara menemukan passion

Artikel ini mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan passion yang selama ini masih tersimpan dalam diri Anda

--

“Apa passion Anda?” 

Apakah pertanyaan ini pernah muncul dalam pikiran Anda?

Apakah Anda belum kunjung menemukan jawabannya juga?

 

“Forget about the fast lane. If you really want to fly, harness your power to your passion. Honor your calling. Everybody has one. Trust your heart, and success will come to you.”

– Oprah Winfrey

 

Banyak ahli dan orang sukses mengatakan bahwa setiap orang pasti memiliki passion-nya masing-masing dan passion berasal dari dalam diri kita sendiri. Berkata-kata memang lebih mudah dibandingkan pada saat merealisasikannya ya, Rekan Kerja. Tetapi, memang passion tidak secara tiba-tiba datang tanpa adanya usaha. Nah, jika Anda sudah mengetahui apa passion Anda maka pemilihan pekerjaan akan terasa lebih mudah. Bekerja dengan passion membuat Anda bersemangat dan hasilnya juga bisa maksimal. Percayalah jika Anda ingin mendapatkan passion, ikutilah cara menemukan passion ini.

Evaluasi -> Praktik -> Evaluasi kembali

(Ulangi terus hingga Anda menemukan passion Anda)

1. Evaluasi

cara menemukan passion

Berkaca dengan diri sendiri (Sumber: virtualspeechcoach.com)

Rekan Kerja, untuk mengetahui apa passion Anda, Anda bisa mulai dengan mengevaluasi diri. Ada lima usaha yang bisa Anda coba pikirkan. Mungkin saja salah satunya merupakan hal yang menghambat Anda menemukan passion Anda.

  • Disuka atau dicita-citakan saat masih kecil dulu

Orang tua, kakak, atau keluarga dekat Anda yang melihat tumbuh kembang Anda pasti masih ingat hal yang Anda suka waktu kecil atau bahkan dicita-citakan oleh Anda sejak dulu. Nah, coba ingat kembali! Bila tidak ada, mungkin Anda masih bingung akan passion Anda sekarang.

  • Memiliki hobi yang terhenti

Di saat seperempat abad umur Anda, mungkin Anda memilih keputusan untuk berhenti melakukan hobi Anda dengan alasan bahwa ada banyak hal yang perlu Anda penuhi dan hal tersebut sangat bertentangan dengan apa yang Anda sukai. Padahal apa yang Anda suka atau hobi Anda tersebut sebenarnya merupakan passion Anda. Anda bisa kok sukses jika Anda tekun dan memang perlu usaha ekstra. Sekarang, coba Anda pikirkan dan evaluasi kembali apakah hal yang terhenti tersebut masih diminati oleh Anda dan masih Anda impikan.

  • Mengetahui apa keunikan diri Anda

Setiap manusia pasti berbeda dengan manusia yang lainnya. Anda pasti memiliki keunikan sendiri, Rekan Kerja. Hal ini dapat membantu Anda menemukan passion Anda. Keunikan tersebut adalah hal yang Anda miliki dan tidak dimiliki oleh orang lain. Coba pikirkan dengan baik apa keunikan Anda tersebut?

  • Belajar dari role model

Seorang role model dapat dijadikan panutan atau sosok inspiratif yang mendorong Anda untuk mengikuti jalan suksesnya. Pastinya Anda punya alasan mengapa memilih mereka. Mungkin karena kesuksesan, gaya hidup, cara berpikir, atau juga kemampuan yang mereka miliki sama dengan Anda. Role model dapat Anda jadikan sumber referensi passion Anda.

  • Pikirkan hal apa yang Anda kerjakan bila tidak dibayar Anda tetap senang melakukannya

Seringkali apa yang Anda pilih untuk dilakukan ditimbang dari seberapa besar bayaran yang Anda dapatkan. Namun, tahukah Anda bahwa passion tidak bergantung pada benefit finansial? Iya, Anda akan merasa senang apabila Anda melakukan kegiatan tersebut secara sukarela.

Baca Juga: Gejala Anda Mengalami Quarter Life Crisis yang Mengganggu Kehidupan

2. Praktik

cara menemukan passion

Setelah tahu, maka lakukanlah! (Sumber: connect5000.com)

Jangan simpan pertanyaan sendiri, Rekan Kerja. Anda bisa bertanya dengan teman dekat atau keluarga terkait dengan passion yang Anda miliki. Orang-orang yang ada di sekitar Anda akan lebih mahir dalam menjabarkan diri Anda daripada diri Anda sendiri lho!

Kemudian, jangan diam di tempat saja. Anda harus mulai untuk mencobanya agar Anda tahu apa hasilnya. Melibatkan diri ke dalam suatu komunitas atau pekerjaan dapat menjadi pilihan baik untuk menentukan hal tersebut merupakan passion Anda atau sebaliknya. Tidak ada salahnya mencoba-coba, walaupun nantinya tidak sesuai maka Anda juga dapat pengalaman berharga ‘kan?

3. Evaluasi kembali

cara menemukan passion

Perasaan apa yang Anda rasakan setelahnya? (Sumber: newretirement.com)

Setelah Anda sudah mengevaluasi diri dan mempraktikkannya, bertanyalah pada diri sendiri lagi “apa yang Anda rasakan?” “apakah Anda senang dan nyaman melakukannya?”. Apabila Anda merasa senang, nyaman, dan menikmati apa yang Anda lakukan maka itulah passion Anda!  Dengan sendirinya, Anda ingin terus menerus melakukannya, Rekan Kerja.

Passion harus dijalankan bersamaan dengan tujuan hidup Anda karena jika tidak maka Anda akan hanya berjalan di tempat, tidak bergerak maju, dan tidak berkembang. Passion akan memberikan Anda keberanian untuk menerima segala tantangan demi peningkatan diri yang lebih baik. Namun, di sisi lain, jika malah perasaan bosan atau tertekan yang muncul karena Anda melakukan kegiatan tersebut maka apa yang Anda lakukan bukanlah passion Anda. Sebaiknya, Anda perlu untuk mengevaluasi kembali. Jangan menyerah ya!

Rekan Kerja, passion sangat dibutuhkan dalam Anda menjalani hidup, terlebih lagi dalam bekerja. Namun, Anda memang harus melewati segala proses pencarian terlebih dahulu (apabila Anda belum menemukannya). Nyatanya di dalam dunia kerja, tidak hanya passion yang Anda butuhkan, Anda perlu juga meningkatkan diri Anda terkait kemampuan dan juga pengetahuan. Anda bisa membaca artikel-artikel lain di aplikasi ruangkerja sebagai salah satu usaha Anda. Unduh secara gratis melalui App Store atau Play Store. Anda juga bisa menekan gambar di bawah ini!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts