Cara Mengatasi Inflasi oleh Pemerintah Indonesia

Rabia Edra Nov 14, 2017 • 3 min read


Ekonomi_11.jpg

Setelah membahas mengenai apa itu inflasi, tentu kamu perlu tahu bagaimana suatu negara mencegah/menanggulangi timbulnya inflasi. Hal ini diperlukan supaya ekonomi negara menjadi lebih stabil. Di Indonesia, pemerintah melalui Bank Indonesia sudah mempunyai kebijakan untuk mengendalikan inflasi, lho. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama inflation targeting framework. Cara mengatasi inflasi ini bukan berarti menghilangkan laju inflasi sama sekali, ya. Tapi, berusaha inflasi bisa ditekan sesuai yang diharapkan. Lalu, kebijakan apa saja yang bisa diambil Pemerintah Indonesia dalam mencegahnya? Yuk kita bahas!

cara mengatasi inflasi

Menurut teori moneter klasik, inflasi terjadi karena peningkatan jumlah uang yang beredar. Dengan begitu, Bank Indonesia bisa membuat berbagai kebijakan moneter untuk mengurangi peredaran uang. Kebijakan-kebijakan tersebut dapat berupa penetapan persediaan kas, politik diskonto, dan operasi pasar terbuka.

1. Kebijakan Fiskal

cara mengatasi inflasi

Kebijakan fiskal berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran anggaran pemerintah. Kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah untuk mencegah inflasi adalah dengan mengurangi pengeluaran pemerintah, meningkatkan tarif pajak, serta melakukan pinjaman.

2. Kebijakan Nonmoneter dan Nonfiskal

Selain kebijakan fiskal dan moneter, cara mengatasi inflasi oleh pemerintah juga dapat dengan meningkatkan hasil produksi, mempermudah masuknya barang impor, menstabilkan pendapatan masyarakat (tingkat upah), menetapkan harga maksimum, serta melakukan pengawasan dan distribusi barang.

a. Menambah Hasil Produksi

Pemerintah dapat memberikan subsidi atau membuat peraturan yang mendorong pengusaha-pengusaha menjadi lebih produktif sehingga hasil produksinya bisa bertambah. Dengan adanya hasil produksi yang lebih banyak, akan ada banyak barang yang bisa dibeli masyarakat, sehingga jumlah uang beredar bisa kembali seimbang.

b. Mempermudah Masuknya Barang Impor

Pemerintah juga bisa menyeimbangkan jumlah uang yang beredar dengan menetapkan kebijakan yang mempermudah masuknya barang impor. Seperti dengan penurunan bea masuk impor atau membuat peraturan yang mempermudah impor.

c. Menstabilkan Pendapatan Masyarakat

Inflasi juga bisa ditanggulangi dengan menjaga tingkat upah (tidak membiarkan gaji yang naik terus menerus) sehingga biaya produksi perusahaan bisa ditekan dan harga barang menjadi lebih rendah.

cara mengatasi inflasi

Di samping berbagai tindakan tadi, pemerintah juga bisa mengatasi inflasi dengan menentukan harga maksimum agar harga-harga barang tidak terlalu tinggi. Selain itu, pemerintah tentunya juga harus melakukan pengawasan dan distribusi barang. Banyak sekali bukan cara mengatasi inflasi yang bisa dilakukan oleh Pemerintah Indonesia?

Sekarang, kamu masih penasaran dengan materi ekonomi lainnya? Belajar bersama tutor andal, yuk! Gabung di Ruangguru digitalbootcamp!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar