Cara Mengatasi Stres Sambil Menunggu Panggilan Kerja

Maya Martha

Mar 21, 2019 • 4 min read

sukses kerja tips & trick


cara mengatasi stres

Artikel ini mengenai apa saja yang bisa Anda lakukan pada saat Anda sedang menunggu panggilan kerja sebagai upaya cara mengatasi stres

--

Kalimat “welcome to the real world” yang pernah Anda dapatkan saat wisuda bukan sebuah guyonan belaka, karena pada saat itulah tanggung jawab Anda bertambah. Tidak sedikit orang yang belum mendapat pekerjaan saat diwisuda dan baru akan melamar setelah resmi diwisuda. Masa-masa itu akan menjadi masa yang sulit karena Anda harus  menunggu ketidakpastian datang dan tidak tahu akan berlalu sampai kapan. Agar tidak stres, tim ruangbaca punya tips cara mengatasi stres pada saat menunggu panggilan kerja tersebut.

1. Melihat kembali CV dan portofolio yang telah Anda buat

cara mengatasi stres

Memperhatikan CV yang telah Anda buat sebelumnya (Sumber: careerbuilder.com)

Coba lihat kembali Curriculum Vitae (CV) Anda. Mungkin saja desain atau informasi yang ditulis belum sesuai. Anda bisa meminta tolong kepada teman atau keluarga dengan memerlihatkan CV Anda dan bertanya sekiranya apa yang perlu untuk ditingkatkan lagi. Anda bisa memakai waktu untuk memperbaikinya. Begitu juga dengan portofolio, Rekan Kerja! Buat tampilan semenarik mungkin agar HRD perusahaan tertarik untuk membacanya.

Baca juga: 5 Hal Pertama yang Harus Anda Lakukan Setelah Lulus Kuliah

2. Melatih diri dengan belajar dan mengikuti kursus

cara mengatasi stres

Menggunakan aplikasi ruangkerja sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan (Sumber: blog.ruangguru.com)

Rekan Kerja, tahukah Anda bahwa waktu akan terbuang sia-sia apabila Anda tidak mempergunakannya dengan baik? Waktu menunggu pekerjaan lebih baik Anda gunakan dengan mengikuti kursus atau belajar hal-hal yang mengasah kemampuan Anda. Seperti halnya belajar bahasa, public speaking, atau kepemimpinan. Selain itu, Anda juga bisa memakai aplikasi ruangkerja yang memiliki banyak materi-materi guna mengembangkan skill dan pengetahuan Anda. Siapa tahu kemampuan Anda tersebut dapat digunakan dalam perjalanan karier Anda dan yang pasti nilai diri Anda akan meningkat. Tetaplah produktif!

3. Melakukan dan mengembangkan hobi

cara mengatasi stres

Mengalihkan perhatian dengan melakukan hobi (Sumber: freepik.com)

Tidak ada salahnya menggunakan waktu menunggu panggilan pekerjaan dengan melakukan hobi. Anda akan dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas diri Anda sendiri lho. Dengan melakukan kegiatan tersebut, pemikiran yang dapat menimbulkan stres dapat terhapus atau paling tidak tergantikan. Berjalannya waktu pun, mungkin saja ternyata hobi Anda dapat dijadikan sebuah bisnis dan membuka lapangan pekerjaan. Sesuatu yang sangat menguntungkan ‘kan?

4. Membangun relasi dengan masuk ke dalam suatu komunitas

cara mengatasi stres

Mengenal banyak orang dengan masuk ke dalam suatu komunitas (Sumber: communityhealth.phsa.ca)

Anda perlu menggali diri Anda terkait hal apa yang sangat Anda perhatikan di lingkungan sekitar Anda. Apabila Anda mengetahui jawabannya, di kondisi Anda sekarang ini, Anda dapat mencari tahu lebih dalam lagi dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas yang memiliki perhatian yang sama dengan Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengetahuan yang jauh lebih luas. Hal itu dapat menuntun Anda untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Relasi Anda terbentuk lebih luas, Rekan Kerja. Anda bisa saja mendapatkan referensi pekerjaan dari mereka lho! Bukan sesuatu yang tidak mungkin.

5. Bekerja freelance atau menjadi volunteer pada sebuah acara

cara mengatasi stres

Menjadi pekerja paruh waktu pada suatu acara (Sumber: blog.hubstaff.com)

Tidak hanya melakukan kegiatan hobi atau mengembangkan skill, Anda juga bisa mencari pekerjaan paruh waktu atau menjadi seorang relawan pada sebuah acara atau project. Mendapatkan pekerjaan tersebut jauh lebih mudah daripada bekerja fulltime. Dengan menjadi bagian dalam sebuah acara atau project tersebut, Anda bisa saja mendapat teman baru, referensi pekerjaan, dan melatih diri untuk lebih berpengalaman bekerja. Tidak sia-sia ‘kan, Rekan Kerja?

Rekan Kerja, hindarilah stres dengan melakukan 5 cara ini. Stres dapat menggiring Anda kepada hal-hal yang negatif lho! Janganlah putus asa dan teruslah berharap. Ada banyak di luar sana orang-orang yang merasakan hal yang sama dengan Anda namun mereka bisa berhasil. Sambil nunggu panggilan pekerjaan, Anda juga bisa baca artikel ruangkerja sebagai upaya Anda meningkatkan skill dan pengetahuan. Unduh aplikasinya sekarang, gratis!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts