Cara Mengatur Keuangan dan Investasi untuk Milenial Agar Pendapatan Meningkat

Jumroh

May 9, 2019 • 3 min read

sukses kerja tips & trick


Artikel ini membahas tentang bagaimana cara milenial mengelola keuangannya dan investasi

--

Rekan Kerja, kini di aplikasi ruangkerja terdapat kelas Finance for Millennials yang dapat membantu Anda untuk mengatur keuangan dan investasi. Kenapa sih milenial perlu mengatur keuangan dan mulai berinvestasi?  Milenial perlu mengatur keuangan sejak dini karena kebutuhan di masa yang akan datang akan lebih mahal dan semakin banyak tentunya. Sayangnya, banyak yang belum sadar untuk melakukan hal preventif semacam ini. Anda bisa mulai mengelola keuangan dan investasi dengan menanyakan pada diri sendiri, hal apa yang ingin Anda butuhkan beberapa tahun yang akan datang. Nah, jika pertanyaan tersebut sudah Anda jawab, maka Anda bisa untuk mulai mempersiapkan investasi yang Anda butuhkan dengan mulai mencicil tabungan untuk masa depan. Lalu bagaimana sih cara kita agar bisa mulai menabung?

Mengalokasikan pemasukan untuk menabung

Mempesiapkan tabungan untuk masa depan (Sumber: IDN Times)

Menabung memang hal yang tak mudah dilakukan jika tidak diniatkan dengan sungguh-sungguh, namun bukan berarti Anda tidak bisa. Anda bisa mulai menabung dengan mengalokasikan pemasukan Anda ke dalam beberapa bagian, seperti 40% untuk konsumsi, 15% untuk dana darurat, 5% untuk dana amal ibadah, 40% sisanya bisa diinvestasikan.

  • Dana untuk konsumsi

Menyiapkan dana untuk konsumsi bulanan (Sumber: Greeners.co)

Rekan Kerja, tak bisa dipungkiri jika dana untuk konsumsi memakan banyak biaya. Konsumsi ini tidak hanya sebatas makanan lho, tapi banyak juga yang lainnya. Seperti konsumsi untuk transportasi, hangout, tempat tinggal jika Anda tinggal di kosan, belanja bulanan, pulsa, dan lainnya. Anda bisa menyisihkan sekitar 40% dari pendapatan Anda untuk konsumsi ini.

  • Dana darurat dan dana ibadah

Siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak (Sumber: Finansialku.com)

Nah, Rekan Kerja, selain dana utama seperti konsumsi tadi, Anda juga harus mempersiapkan dana darurat untuk berbagai kebutuhan yang memerlukan dana cepat, seperti untuk kecelakaan atau sakit yang tiba-tiba. Dana ini bisa Anda masukkan ke dalam tabungan Anda, selain itu Anda sesuaikan dana tersebut seperti yang sudah ditentukan sebelumnya yaitu 10% dari pemasukkan pokok Anda. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dana untuk ibadah. Dana ini bisa Anda sisihkan sebesar 5% sebagai bentuk syukur Anda kepada tuhan.

  • Dana investasi

Siapkan investasi sejak dini (Sumber: radarbangsa.co.id)

Selanjutnya adalah dana untuk investasi. Rekan Kerja Milenial, dana investasi merupakan hal terpenting yang perlu Anda utamakan sejak dini, karena dana ini akan terpakai untuk jangka panjang. Menurut Global Investment Survey yang dilakukan oleh Legg Masson pada tahun 2017, 48% generasi milenial ingin memiliki gaya hidup yang lebih baik di masa depan. Anda tidak perlu khawatir lagi akan masa depan Anda, karena Anda bisa mulai menata masa depan Anda dengan melakukan investasi sejak dini. Lalu investasi apa saja sih yang bisa dicoba? Berikut ini rekomendasi investasi yang perlu Anda coba untuk menunjang masa depan Anda.

Rekomendasi investasi

Investasi memiliki dua jenis, yaitu physical investment yang bisa Anda lihat wujudnya, dan Anda pegang barangnya, contohnya seperti rumah, emas batangan, dan lainnya. Selanjutnya ada financial investment yang berbentuk kertas bahkan hampir tidak berbentuk karena semua data tersimpan di sistem. Contohnya saham, reksadana, p2p lending, dan sebagainya.

Komposisi investasi untuk milenial (Sumber: Kelas Finance for Millennials di aplikasi ruangkerja)

Nah, untuk milenial sendiri ada 3 investasi yang perlu Anda coba, yaitu reksadana, saham, dan p2p lending. Lalu kenapa sih 3 investasi ini yang direkomendasikan untuk dicoba? Jawabannya cukup sederhana, karena ketiga investasi ini bisa Anda pantau melalui smartphone, di mana pun dan kapan pun Anda mau. Selain itu, ketiga investasi ini untuk jangka panjang, cocok sekali dengan keinginan milenial yang ingin hidup nyaman di masa depan.

Rekan Kerja, untuk memahami lebih jauh tentang pengelolaan keuangan dan investasi, yuk ikuti berbagai kelas di aplikasi ruangkerja yang menyediakan tips dan trik menarik seputar keuangan, investasi, dan lainnya. Penasaran ‘kan? Unduh aplikasinya sekarang. Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts