Geografi Kelas 7 | Cara Mengetahui Kondisi Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Artikel kelas VII kali ini membahas tentang cara mengetahui kondisi sumber daya manusia melalui keadaan penduduk yang terdapat dalam suatu negara.

--

Kamu pasti udah tau deh kalau Indonesia memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah. Sampai-sampai, pada zaman dahulu, banyak negara asing yang ingin menguasai kekayaan alam kita, lho!

Hmm... tapi sebenarnya nih, kekayaan sumber daya alam tidak akan berarti tanpa adanya ketersediaan sumber daya manusia. Kenapa? Sebab sumber daya manusialah pengelola sumber daya alam tersebut. Terus siapakah sumber daya manusia itu? Aku, kamu, atau dia?

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah potensi penduduk dalam suatu negara yang dinilai berdasarkan karakteristik tertentu dan nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan. Penduduk sebagai sumber daya manusia menjadi aset tenaga kerja yang akan menciptakan kesejahteraan hidup masyarakat. Wah, berarti bayi yang baru bisa merangkak sudah menjadi tenaga kerja dong? Ya, nggak gitu juga teman-teman. Penduduk yang menjadi tenaga kerja itu hanya penduduk yang udah memasuki usia produktif, yaitu yang usianya 15 tahun – 64 tahun.

Eits, tapi jangan gundah gulana ya kalau umur kamu udah mulai memasuki usia produktif. Kamu nggak perlu kerja keras bagai kuda dulu kok! Kenapa? Karena umumnya penduduk Indonesia mulai menjadi tenaga kerja pada usia 17 tahun ke atas. Jadi, tugasmu sekarang belajar dulu aja ya agar kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan terus meningkat. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, diharapkan sumber daya alam kita dapat diolah secara lebih maksimal dan nggak ada lagi orang yang merusaknya.

Terus cara biar tau kondisi sumber daya manusia kita udah berkualitas atau belum gimana? Untuk mengetahuinya, bisa dilakukan dengan mendata jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk, lalu kualitas penduduknya.

Sumber Daya Manusia - Separator 2

Selain memiliki sumber daya alam yang besar, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, lho! Bahkan data terbaru dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), memperkirakan penduduk Indonesia tahun 2019 mencapai 267 juta jiwa. Widih!

Sumber Daya Manusia - Grafik KatadataGrafik piramida penduduk Indonesia tahun 2019 (Sumber: katadata.co.id) 

Banyak ‘kan? Eh tapi kok bisa tau sih jumlah penduduknya segitu? Gini teman-teman, jumlah penduduk dapat diketahui dari pengadaan sensus, survei, dan registrasi penduduk.

Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk oleh lembaga pemerintah, yakni Badan Pusat Statistik (BPS) setiap 10 tahun secara serentak. Gimana tuh caranya ngelakuin sensus? Caranya, nanti pas ada petugas sensus yang datang ke rumahmu terus tanya-tanya, kamu kasih aja informasi yang dia minta. Oh iya, ada dua macam sensus, yaitu de facto dan de jure.

Sumber Daya Manusia - Terserah 1

Selanjutnya, survei penduduk adalah kegiatan untuk melakukan penelitian penduduk pada waktu dan tempat tertentu dengan ruang lingkup terbatas. Hah gimana, gimana? Maksudnya, survei hanya fokus pada hal tertentu sehingga informasi yang terkumpul bisa lebih luas dan mendalam. Misalnya, survei hanya fokus di bidang ekonomi atau pertanian.

Sementara itu, registrasi penduduk adalah proses pencatatan peristiwa kependudukan yang terjadi setiap saat. Dalam hal ini, setiap penduduk berkewajiban mendaftarkan peristiwa penting yang dialami keluarganya ke kelurahan. Misalnya, peristiwa kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal, dan perubahan pekerjaan secara rutin.

Nah, setelah pengadaan ketiga hal di atas, maka kita bisa tahu jumlah penduduk suatu negara. Emang sih jumlah penduduk yang besar bisa menguntungkan karena jumlah penduduk usia produktif menjadi berlimpah. Tapi, lagi-lagi itu semua tergantung dengan kondisi kualitas sumber daya manusianya, ya. Kalau kualitasnya rendah, bisa-bisa nggak jadi untung, lho!

Sumber Daya Manusia - Tahukah Kamu 1

Sumber Daya Manusia - Separator 3

Jumlah penduduk tadi tentu dapat mengalami perubahan, baik perubahan karena adanya pertambahan maupun pengurangan penduduk. Perubahan itu disebut dengan pertumbuhan penduduk. Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dibagi menjadi dua, yaitu faktor alami dan nonalami.

Faktor alami terdiri dari kelahiran (natalitas) dan kematian (mortalitas). Kelahiran menyebabkan pertambahan jumlah penduduk, sedangkan kematian menyebabkan pengurangan. Faktor nonalami ialah adanya perpindahan penduduk (migrasi). Pada migrasi penduduk bertambah atau berkurang karena dilakukan dengan sengaja.

Sumber Daya Manusia - Terserah 2

Kamu pernah nggak dengar tentang program keluarga berencana? Itu salah satu program pemerintah untuk menjaga kestabilan pertumbuhan penduduk di Indonesia, lho! Emang kenapa harus dijaga kestabilannya? Tujuannya itu untuk menekan dampak buruk dari cepatnya pertumbuhan penduduk.

Sumber Daya Manusia - Tahukah Kamu 2

Sumber Daya Manusia - Separator 4

Penduduk juga harus dikelompokkan berdasarkan karakteristik tertentu. Dasar yang umum digunakan untuk mengelompokkannya adalah umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, jenis pekerjaan, dan tempat tinggal. Komposisi penduduk ditampilkan dalam bentuk grafik yang dinamakan piramida penduduk. Grafik ini nantinya bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan atau kebijakan oleh pemerintah, lho! Bentuk piramida penduduk ada tiga, yaitu ekspansif, konstruktif, dan stasioner.

Sumber Daya Manusia - Terserah 3

Sumber Daya Manusia - Separator 5

Setelah kita mengetahui jumlah penduduk, bagaimana pertumbuhan penduduk, dan mengelompokkan penduduk sesuai komposisinya, barulah kita dapat melihat bagaimana kualitas penduduk negara kita. Kualitas penduduk sebagai sumber daya manusia adalah tingkat kemampuan penduduk dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraannya. Suatu negara yang berpenduduk banyak tidak akan mendapat manfaat apapun jika kualitas penduduknya masih rendah. Makanya, kita harus berusaha agar kualitas penduduk kita meningkat, ya!

Sumber Daya Manusia - Terserah 4

Seluruh penduduk Indonesia adalah sumber daya manusia yang penting bagi negara. Namun, untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kita perlu memperhatikan tingkat pendidikan, kesehatan, dan perekonomian sejak dini.

Kalau kamu ingin menjadi bagian dari sumber daya manusia yang berkualitas, kamu harus giat belajar, ya! Bingung caranya? Coba aja deh gabung ke ruangbelajar untuk menyelesaikan misi dengan menonton video, latihan soal, dan membaca rangkuman yang disediakan. Ayo, bikin kondisi sumber daya manusia Indonesia menjadi semakin berkualitas!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts