Matematika Kelas 12 | Cara Menghitung Bunga Majemuk

Matematika_12.jpg

RG Squad, sebelumnya kalian sudah belajar mengenai bunga tunggal yang memiliki besar bunga yang sama setiap periodenya. Nah, pada bunga majemuk besar bunga setiap periodenya tidak samaYuk, kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghitung bunga majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang timbul pada setiap akhir jangka waktu tertentu (bulan/tahun) yang memengaruhi besarnya modal dan bunga pada setiap jangka waktunya. Modal dan bunga semakin bertambah pada setiap jangka waktunya.

1. Rumus Menghitung Bunga Majemuk

Ini rumus untuk menghitungnya:

BIO2-1.pngContoh 1:

Suatu modal sebesar Rp 100.000.00 dibungakan selama 3,5 tahun atas dasar bunga majemuk 4,5% tiap triwulan. Tentukanlah nilai akhir modal tersebut.

Jawab:

1 triwulan = 3 bulan
1 tahun = 4 triwulan
3,5 tahun = 3,5 x 4 = 14 triwulan, n = 14

Nilai akhir modal:
Capture-8.png

Contoh 2:

Ayah mendepositokan uang di Bank sebesar Rp 10.000.000,00 selama 10 tahun dengan suku bunga majemuk 5% per tahun. Besarnya bunga yang ia dapatkan pada tahun ke – 10 adalah….

Jawab:

Bunga yang didapatkan pada tahun ke-10:

Capture-7.png

menghitung bunga majemuk

2. Nilai Tunai Modal

Nilai tunai modal adalah suatu nilai modal beberapa bulan/tahun yang akan dating diperhitungkan sekarang dengan suku bunga yang sudah ditentukan.

BINDO-2.png

Contoh:

Modal sebesar Rp 500.000,00 akan dibayarkan 10 tahun lagi atas dasar bunga majemuk 6% setahun. Tentukan nilai tunai modal tersebut!

Jawab:

Nilai tunai modal:

bunga tunggal 1-9.png

RG Squad, setelah mempelajari bunga tunggal, dan bunga majemuk, selanjutnya kalian bisa belajar mengenai pertumbuhan dan peluruhan matematika

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Jangan khawatir, ayo gabung di ruangbelajar! Ada banyak video belajar bersama tutor yang andal dan juga banyak contoh-contoh soal yang bisa bikin kamu makin paham.  

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts