Cara Menghitung Luas dan Keliling Bangun Segi Empat

Matematika_7

Pada artikel kali ini kita akan belajar cara menghitung luas dan keliling bangun segi empat. Kalian pernah menonton pertandingan sepak bola? Pastinya pernah dong ya nonton di televisi atau sekedar nonton cuplikannya di Youtube. Pernah nggak merasa kalau pertandingan sepak bola yang disiarkan Liga Inggris dengan Liga Italia sering terlihat seperti berbeda ukuran lapangannya? Bukan pertandingan sepak bola captain Tsubasa lho ya, nanti salah lagi.

Perhatiin deh, kadang ada yang terlihat lapangannya lebih kecil, ada yang lebih besar, ada yang lebih luas, ada yang lebih sempit. Padahal semua ukuran lapangan itu sama lho, ukuran sebuah lapangan sudah diatur oleh lembaga atau federasi yang menaungi persepak bolaan, dan itu berlaku untuk semua kompetisi di berbagai negara. Bisa berbeda, karena sudut pengambilan gambarnya saja yang tidak sama.

Nah, agar ukurannya sama, lapangan dihitung berdasarkan luas dan kelilingnya. Karena lapangan sepak bola itu berbentuk persegi panjang dan masuk ke dalam kategori bangun segi empat, maka kita bisa hitung menggunakan rumus luas dan keliling persegi panjang. Oke, sekarang perhatikan gambar di bawah ini.

lapangan sepak bola

Pada gambar lapangan sepak bola tersebut, terdapat 4 sudut, ada sudut A, sudut B, sudut C, dan sudut D. Kamu bisa lihat, sudut AB sejajar dengan sudut CD, dan sudut AC sejajar dengan sudut BD. Pada bangun persegi panjang, ada yang namanya panjang dan lebar. Bagian yang disebut panjang adalah garis AB dan CD, sedangkan yang disebut lebar adalah garis AC dan BD.

Bagaimana cara menghitung luas dan keliling? Perhatikan rumus di bawah ini.

 

rumus luas dan keliling persegi panjang

 

Tahu yang mana panjang dan lebar lapangan sepak bola tersebut? Untuk bagian yang disebut panjang adalah sudut AB dan CD, sedangkan lebar adalah sudut AC dan BD.

Misal panjang AB adalah 5 meter dan lebar BD adalah 2 meter, maka luas lapangan sepak bola tersebut adalah 5m x 2m = 10m, sedangkan keliling nya adalah 2 x 5m + 2 x 2m = 10m + 4m = 14 m. Jadi, luas lapangan bola tersebut adalah 10 meter dan kelilingnya adalah 14 meter. Sudah jelaskan Squad? Begitulah cara lembaga persepakbolaan menentukan ukuran lapangan sepakbola. Selain itu masih banyak hal lainnya yang dilakukan untuk menentukannya, kalian bisa baca-baca sendiri ya.

Selain itu, ada lagi nih cara-cara untuk menghitung bangun segi empat yang lainnya. Mulai dari persegi, jajargenjang, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang.

Baca Juga: Macam-Macam Sifat Bangun Segi Empat

A. PERSEGIpersegi-1

persegi
  • Sisi-sisi: s
  • Luas: L = s x s = s2
  • Keliling: K = 4 x s
 

B. JAJARGENJANG

jajargenjang

Alas: alas jajargenjang dan Tinggi: tinggi jajargenjang, alas dan tinggi haruslah tegak lurus

  • Luas: luas jajargenjang
  • Keliling: K = AB + BC + CD + DA = Jumlah semua sisi 

 

C. TRAPESIUM 

trapesium-1
  • Luas: luas trapesiumluas trapesium 2 Jumlah sisi yang sejajar x tinggi
  • Keliling: keliling trapesium = Jumlah semua sisi

 

D. BELAH KETUPAT

belah ketupat
  • Luas: luas belah ketupat 
  • Keliling: keliling belah ketupat

 

E. LAYANG-LAYANG

layang-layang-1
  • Luas: rumus luas layang-layang
  • Keliling: rumus keliling layang-layang = Jumlah semua sisi

Bagaimana Squad, sekarang kalian sudah mengertikan bagaimana cara untuk menhitung luas dan keliling bangun segi empat? Sebenarnya mudah, kalian tinggal ambil barang-barang di sekitar kalian yang berbentuk bangun segi empat, kemudian coba-coba hitung menggunakan rumus di atas deh. Dengan begitu kalian akan lebih paham lagi.

Tapi kalau kalian masih nggak percaya diri nih belajar sendiri, kalian bisa panggil guru privat ke rumah dengan menggunakan ruangles. Kalian bisa pilih sendiri sesuai dengan keinginan kalian.

New Call-to-action  

Beri Komentar

Recent Posts