Cara Menghitung Luas Permukaan dan Volume Tabung

Matematika_9

Coba kamu cek di dapur rumah kamu deh, bukan mengecek makanan lho ya. Kita akan belajar matematika di dapur nih“Seriusan? Di dapur bukannya buat masak? Kenapa jadi belajar matematika?”. Itulah hebatnya, di sekitar kita banyak yang bisa dipelajari dengan matematika, termasuk di dapur. Contohnya, dengan mempelajari luas permukaan dan volume tabung gas elpiji, 

tabung gas 3 kilogram - Luas Permukaan dan Volume Tabung

Tabung gas LPG 3 kg (sumber: keepo.me)

Apa sih tabung itu?

Tabung adalah bangun ruang yang memiliki alas dan tutup berbentuk lingkaran, serta selimut lengkung dari persegi panjang.

Screen Shot 2018-04-26 at 13.39.48

Setiap bangun ruang memiliki volume dan luas permukaan. Berhubung tabung juga merupakan bangun ruang, berarti tabung juga ada volume dan luas permukaannya yang bisa dihitung dong. Yuk, kita pelajari cara menghitungnya.

1. Menghitung Volume Tabung

Perlu kalian ingat nih, tabung memiliki alas dan tutupnya berbentuk lingkaran.

volume dan luas permukaan tabung

(sumber: menghitung.com)

Nah, untuk menghitung volume tabung tinggal menghitung luas alas dan tinggi tabung. Hmm, ada rumusnya nggak ya? Ada kok. Kamu cukup dengan mengalikan luas alas dan tinggi. Luas alasnya 'kan berbentuk lingkaran, jadi cari pakai rumus mencari luas lingkaran yakni:

volume dan luas permukaan tabung

 2. Menghitung Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan tabung dapat dikatakan sebagai luas dari jumlah sisi yang dimiliki tabung. Nah, jumlah sisi yang dimiliki tabung sama dengan bidang pembentuk tabungAda berapa bidang pembentuknya? Yup, 3. Terdiri dari dua buah lingkaran yang menjadi alas dan tutupnya, serta satu buah selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.

Luas permukaan ini yang memengaruhi besar dan kecilnya suatu tabung. Makanya kalau kamu perhatikan, ada beberapa macam gas dengan ukuran tabung yang berbeda-beda. Ada tabung hijau dan yang biru. Awas, jangan mentang-mentang gas tabung hijau itu kecil, kamu ngeliatnya seperti melon dan bisa dimakan.

"Halo, Mama! Buruan pulang!"

"Iya halo. Kamu kenapa?"

"Pokoknya buruan pulang. Aku.......aku.....uhukk...uhukk....."

"Halo....halo.......kamu kenapa?"

volume dan luas permukaan tabung

(sumber: memegen.com)

Ukuran pada tabung ini yang nantinya menjadi perhitungan untuk mengisi volume tabung itu sendiri. Kalau tabung gas hijau itu berat bersihnya 3 kilogram, sedangkan ada tabung gas yang berwarna biru berat bersihnya 12 kilogram. Ukurannya saja sudah beda. Volumenya juga pasti beda.

Kembali ke cara menghitung luas permukaan ya.

Coba perhatikan gambar berikut ya Squad.

volume dan luas permukaan tabung

(sumber: slideshare.net/ellinjuniarti)

Cara menghitung luas permukaan tabung berdasarkan gambar diatas cukup mudah nih, Squad. Kamu hanya menjumlahkan luas dua lingkaran dan satu persegi panjang yang dimiliki oleh tabung.

Apakah ada rumusnya seperti menghitung volume? Jelas ada dong. Ini dia rumusnya.

volume dan luas permukaan tabung

Untuk melatih pemahaman kamu tentang cara menghitung volume dan luas permukaan tabung, coba jawab soal berikut dan berikan jawaban yang menurut kamu benar di kolom komentar ya.

volume dan luas permukaan tabung

Punya soal matematika yang sulit? Coba foto soal matematika kamu dan tanyakan di ruanglesonline. Kamu akan mendapatkan tutor dalam waktu 3 menit yang akan membahas soal kamu tadi. Penasaran? Gabung sekarang yuk di ruanglesonline. #BelajarJadiPraktis

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts