Cara Menghitung Luas Permukaan dan Volume Tabung | Matematika Kelas 9

Cara Menghitung Luas dan Volume Tabung

Artikel Matematika kelas IX ini menjelaskan tentang bagaimana cara menghitung luas dan volume tabung disertai dengan beberapa contoh soal yang bisa kamu pahami.

Coba kamu cek di dapur rumah kamu deh, bukan mengecek makanan lho ya. Kita akan belajar matematika di dapur nih“Seriusan? Di dapur bukannya buat masak? Kenapa jadi belajar matematika?”. Itulah hebatnya, di sekitar kita banyak yang bisa dipelajari dengan matematika, termasuk di dapur. Contohnya, dengan mempelajari luas permukaan dan volume tabung gas elpiji.
tabung gas 3 kilogram - Luas Permukaan dan Volume Tabung

Tabung gas LPG 3 kg (sumber: tokopedia.com)

Apa sih tabung itu?

Tabung adalah bangun ruang yang memiliki alas dan tutup berbentuk lingkaran, serta selimut dari persegi panjang. Tabung memiliki beberapa sifat, di antaranya sebagai berikut:

Sifat-Sifat Tabung

Setiap bangun ruang memiliki volume dan luas permukaan. Berhubung tabung juga merupakan bangun ruang, berarti tabung juga ada volume dan luas permukaannya yang bisa dihitung dong. Yuk, kita pelajari cara menghitungnya.

Perlu kalian ingat nih, tabung memiliki alas dan tutupnya berbentuk lingkaran.

Bagian-Bagian Tabung

Cara Menghitung Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan tabung dapat dikatakan sebagai luas dari jumlah sisi yang dimiliki tabung. Nah, jumlah sisi yang dimiliki tabung sama dengan bidang pembentuk tabungAda berapa bidang pembentuknya? Yup, 3. Terdiri dari dua buah lingkaran yang menjadi alas dan tutupnya, serta satu buah selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.

Luas permukaan ini yang memengaruhi besar dan kecilnya suatu tabung. Makanya kalau kamu perhatikan, ada beberapa macam gas dengan ukuran tabung yang berbeda-beda. Ada tabung hijau dan yang biru. Awas, jangan mentang-mentang gas tabung hijau itu kecil, kamu ngeliatnya seperti melon dan bisa dimakan.

“Halo, Mama! Buruan pulang!”

“Iya halo. Kamu kenapa?”

“Pokoknya buruan pulang. Aku…….aku…..uhukk…uhukk…..”

“Halo….halo…….kamu kenapa?”

volume dan luas permukaan tabung

(sumber: memekocak.my.id)

Baca Juga: Pengertian dan Sifat Bilangan Berpangkat

Ukuran pada tabung ini yang nantinya menjadi perhitungan untuk mengisi volume tabung itu sendiri. Kalau tabung gas hijau itu berat bersihnya 3 kilogram, sedangkan ada tabung gas yang berwarna biru berat bersihnya 12 kilogram. Ukurannya saja sudah beda. Volumenya juga pasti beda.

Kembali ke cara menghitung luas permukaan ya.

Coba perhatikan gambar berikut, ya.

Luas Bagian Tabung

Cara menghitung luas permukaan tabung berdasarkan gambar diatas cukup mudah nih. Kamu hanya menjumlahkan luas dua lingkaran dan satu persegi panjang yang dimiliki oleh tabung.

Apakah ada rumusnya seperti menghitung volume? Jelas ada dong. Ini dia rumusnya.

Konsep Pelajaran - Menghitung Luas dan Volume Tabung - Matematika Kelas 9-14

Nghokeey, supaya kamu nggak bingung sama rumus-rumus di atas, kita coba kerjakan contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal

Aldebaran punya botol minum berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 25 cm. Hitunglah luas permukaan botol minum tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: diameter alas tabung (d) = 14 cm, berarti jari-jarinya adalah 1/2 kali diameternya, yaitu 7 cm. Kemudian, tinggi tabung (t) = 25 cm.

Ditanya: Luas permukaan tabung …?

Jawab:

Lp = 2πr (r + t)

Lp = 2 (22/7) (7) (7 + 25)

Lp = 44 (32)

Lp = 1408 cm2

Jadi, luas permukaan tabung atau botol minum Aldebaran adalah 1408 cm2.

Lalu, bagaimana dengan cara menghitung luas permukaan tabung? Yuk, simak pembahasan berikut!

Cara Menghitung Volume Tabung

Nah, untuk menghitung volume tabung tinggal menghitung luas alas dan tinggi tabung. Hmm, ada rumusnya nggak ya? Ada kok. Kamu cukup dengan mengalikan luas alas dan tinggi. Luas alasnya ‘kan berbentuk lingkaran, jadi cari pakai rumus mencari luas lingkaran yakni:

Rumus Volume Tabung

Coba yuk sekarang kita kerjakan latihan soal di bawah ini!

Contoh Soal

Sebuah tabung yang memiliki jari-jari sepanjang 7 cm dengan tinggi 35 cm akan diisi air. Tentukanlah volume air yang bisa mengisi tabung tersebut!

Penyelesaian:

Diketahui: jari-jari tabung (r) = 7 cm dan tinggi tabung (t) = 35 cm.

Ditanya: Volume air…?

Jawab:

Volume air sama dengan volume tabung. Kenapa? Karena air akan mengikuti bentuk dan ukuran tabung. Jadi,

V = π⋅r2⋅t

V = (22/7)⋅(72)⋅(35)

V = 5390 cm3

Jadi, volume air yang dapat mengisi tabung tersebut adalah sebesar 5390 cm3. Mudah, ya? 

Oke, selesai sudah pembahasan kita mengenai cara menghitung luas permukaan dan volume tabung. Nah, supaya kamu semakin mahir lagi nih terhadap materi, coba jawab soal berikut dan berikan jawaban yang menurut kamu benar di kolom komentar ya.

Contoh Soal Tabung

Punya soal matematika yang sulit? Coba foto soal matematika kamu dan tanyakan di ruanglesonline. Kamu akan mendapatkan tutor dalam waktu 3 menit yang akan membahas soal kamu tadi. Penasaran? Gabung sekarang yuk di ruanglesonline. #BelajarJadiPraktis

ruanglesonline

Referensi:

Subchan, Winarni, Hanafi L, dkk. (2015) Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber foto:

Foto ‘Tabung Elpiji’ [Daring]. Tautan: https://www.tokopedia.com/tokocahayabaruu/tabung-gas-3kg-go-send?whid=0 (Diakses: 23 Desember 2020)

Meme ‘Keselek tabung gas’ [Daring]. Tautan: https://www.memekocak.my.id/2017/04/30-meme-kocak-dan-gambar-lucu-tabung.html (Diakses: 23 Desember 2020)

 

Artikel diperbarui pada 19 Oktober 2021.

Tedy Rizkha Heryansyah