Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Seno Aji Jun 7, 2018 • 5 min read


Ekonomi_11

Sebelum kamu membaca artikel tentang cara meningkatkan kualitas tenaga kerja ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis tenaga kerja serta permasalahannya. Nah jika sudah membaca dan mengetahui apa saja permasalahannya, di artikel ini kita akan bahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada, mau tahu apa saja caranya? Yuk baca penjelasannya di bawah ini.

Pada era globalisasi dan perdagangan bebas, tenaga kerja dari luar  saingan dan ancaman yang di anggap cukup penting oleh tenaga-tenaga kerja lokal. Namun di samping itu, sebenarnya ada lho hal positifnya. Tenaga-tenaga kerja lokal kita bisa mencuri sebagian keterampilan dan keahlian dari para pekerja luar, yang penting harus mempunyai daya saing tinggi agar tidak terjadi yang sebaliknya.

Akan tetapi, di sisi lain, tenaga kerja Indonesia saat ini masih bisa dibilang kalah saing dengan tenaga kerja dari luar negeri. Sebabnya banyak, mulai dari pendidikan dan pelatihan yang kurang baik, tidak tersedianya lapangan kerja yang cukup, dan belum meratanya pembangunan. Semua itulah yang menjadi faktor hambatan kualitas tenaga kerja Indonesia.

Fenomena tersebut sebenarnya bisa ditanggulangi secara bersama oleh pihak-pihak yang terlibat dan bertanggungjawab. Beberapa pihak yang terlibat dan bertanggung jawab adalah:

PEMERINTAH

Banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja di Indonesia, antara lain dengan mendirikan pusat latihan kerja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tenaga kerja uang terampil inisiatif dan kreatif.

Selain itu dalam peningkatan kualitas pendidikan untuk menghasilkan tenaga kerja berkualitas, pemerintah dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Peningkatan kualitas guru/pengajar dengan sertifikasi, pelatihan, dan alokasi tunjangan;
  • Peningkatan materi pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik;
  • Pemanfaatan media belajar yang lebih inovatif agar penyampaian materi lebih mudah dimengerti dan di pahami.
kualitas pendidikan tenaga kerja

Guru yang baik akan menghasilkan murid yang sukses (sumber: infokemendikbud.com)

PIHAK SWASTA (PERUSAHAAN)

Ada beberapa hal yang bisa pihak swasta lakukan untuk menyejahterakan dan meningkatkan mutu tenaga kerjanya, hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan perusahaan yang produktif dan menghasilkan. Beberapa contoh yang dapat dilakukan dapat dilihat di bawah ini.

  • Membuka Kesempatan Magang

tenaga kerja magangIlustrasi magang (sumber: liputan6.com)

Hal ini diperlukan untuk memberikan pengenalan kepada orang dan khalayak luas, selain itu dengan bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan menjadikan perusahaan sebuah tempat latihan dapat menciptakan tenaga kerja yang siap pada waktunya.

  • Meningkatkan pemberian gizi dan kualitas kesehatan

kesehatan tenaga kerjaKantin di sebuah pabrik tahun 1975an (sumber: teara.govt.nz )

Mudah saja, jika tenaga kerjanya terpenuhi gizi dan kesehatannya terjaga, maka mereka bisa bekerja dengan lebih produktif. Jika perusahaan dapat menyediakan makanan, berikanlah karyawan makanan yang menunjang pekerjaan dan kesehatan mereka, selain itu kebersihan tempat kerja juga dapat memengaruhi mood bekerja setiap orang.

  • Memperbanyak seminar dan workshop yang berkaitan dengan pekerjaan

workshop tenaga kerjaMelatih pekerja agar selalu menguasai teknik terbaik (sumber: suarapemredkalbar.com)

Dengan adanya pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaannya, maka tenaga kerja akan semakin mahir dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan dapat meningkatkan produksi.

INDIVIDU

Nah yang terakhir adalah individu itu sendiri, bagaimana dia melihat dirinya sebagai tenaga kerja dan dapat menghargai dirinya untuk sebuah perusahaan, berikut adalah langkah yang dapat dilakukan seorang individu.

  • Membekali diri dengan hal yang dikehendaki oleh perusahaan, walaupun sudah berpengalaman dan mempunyai prestasi, jika tidak memiliki hal yang diharapkan oleh perusahaan maka sama saja percuma.

tenaga kerja mempersiapkan diriMempersiapkan diri untuk mengejar sukses adalah kunci paling utama (sumber: binakarir.com)

  • Menanamkan jiwa wirausaha, jika tidak atau belum bekerja kepada suatu perusahaan, tanamkanlah jiwa gigih, ulet, dan kreatif, karena jika kamu bisa menguasainya maka kamu bisa menciptakan peluang kamu sendiri.

Nah itu adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja, tetapi semua tetap tergantung pada individu tenaga kerja itu sendiri. Tenaga kerja lokal harus yakin untuk dapat menyaingi tenaga kerja asing, karena jika semua syarat sudah dipenuhi tetapi tidak ada kepercayaan diri dari tenaga kerja lokal, maka akan sama saja jadinya.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi, kamu bisa lihat video penjelasannya di ruangbelajar, di sana gak cuma ada video tentang materi ini saja, tetapi ada ribuan video dari mata pelajaran lain yang bisa kamu nikmati dan pelajari!

ruangbelajar

Beri Komentar