Asking and Giving Suggestion or Advice & Contoh Kalimatnya | Bahasa Inggris Kelas 11

Penjelasan dan Contoh Asking and Giving Suggestion (Advice)

Kali ini, kita akan belajar tentang cara meminta dan memberi saran dalam bahasa Inggris atau asking for and giving suggestion or advice, disertai dengan contoh kalimatnya. Materi ini termasuk bagian dari topik Sharing Advice untuk Bahasa Inggris kelas 11.

 

Dalam keseharian kita, pasti kita sering meminta nasehat (advice) atau saran (suggestion) tentang sesuatu ke orang lain, ya kan? Begitu pun sebaliknya.

Contohnya kecilnya aja, saat kamu bingung mau jajan gofud apa, lalu meminta saran ke teman atau keluarga di rumah. Nah, dalam bahasa Inggris, ungkapan meminta atau memberi saran disebut asking for and giving suggestion (or advice).

Ada beberapa expressions yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan asking for and giving suggestion. Kita akan bahas satu per satu secara jelas di artikel ini, ya!

 

Apa Itu Asking and Giving Suggestion or Advice?

Suggestion dalam bahasa Indonesia punya arti saran, masukan, rekomendasi, atau usulan. Nah, asking suggestion adalah ungkapan yang bisa kita gunakan untuk meminta saran/masukan/rekomendasi terhadap sesuatu dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, giving suggestion adalah ungkapan yang bisa kita gunakan untuk memberi saran/masukan/rekomendasi terhadap sesuatu dalam bahasa Inggris.

Misalnya nih, kamu ingin memberikan rekomendasi coffee shop enak kepada temanmu, so kamu bisa mengatakan, “You should try the new coffee shop down the street, the coffee and food are delicious” (Kamu sebaiknya mencoba coffee shop baru di jalan ini, kopi dan makanannya enak).

ilustrasi merekomendasikan makanan di internet

Kamu, ketika sibuk foto-foto makanan untuk di-post di sosial media. (Sumber: Giphy.com)

 

Sebenarnya, asking and giving suggestion dengan asking and giving advice merupakan dua hal yang maknanya sama, ya. Cuma, suggestion itu lebih ke ‘saran’, sedangkan advice artinya nasehat.

Perbedaan suggestion dan advice ada di konteks penggunaannya. Suggestion biasanya digunakan dalam konteks informal, atau keadaan yang lebih santai, serta berhubungan dengan pilihan sehari-hari. Kalau penggunaan advice cenderung lebih formal dan serius.

Baca Juga: Cara Menanyakan & Memberikan Opini (Asking for and Giving Opinion)

 

Tujuan Asking and Giving Suggestion or Advice

Sebagai makhluk sosial, kita pasti butuh orang lain di segala aspek kehidupan, ya. Bahkan, dalam pengambilan keputusan sekalipun.

Nah, tujuan asking suggestion or advice ini, akan membantu proses pengambilan keputusan atau pemecahan masalah yang sedang kita hadapi. Dengan meminta saran atau nasehat kepada orang lain, kita tidak hanya mendapat perspektif baru nih, tapi juga memunculkan ide-ide tentang cara kita untuk menyelesaikannya.

Sebaliknya, giving suggestion or advice bertujuan untuk memberikan perspektif, ide, atau rekomendasi kepada orang lain mengenai pilihan apa yang terbaik untuk dilakukan agar bisa menyelesaikan masalah.

Oh iya, saat kamu mendapat saran dari orang lain, kamu nggak harus selalu menerima saran tersebut, ya. Kamu bisa pertimbangkan dan sesuaikan lagi dengan apa yang kamu butuhkan.

Terus, perlu diingat juga, saat kamu memberikan saran kepada orang lain, sampaikanlah dengan bahasa yang sopan dan tidak terkesan menggurui. Supaya, orang yang menerima saran dari kita, tidak merasa tersinggung atau direndahkan.

 

Ungkapan Asking for Suggestions or Advice

Untuk meminta saran atau asking for suggestions or advice, kita bisa gunakan beberapa ungkapan (expressions) berikut ini, guys:

asking for suggestions - sharing advice

 

Nah, coba kamu perhatikan baik-baik gambar di atas, ya. Saat kita ingin meminta saran dalam bahasa Inggris, ada empat istilah yang bisa kita gunakan, yaitu advice, suggest, should, dan recommend.

Kata advice biasanya digunakan untuk meminta saran yang berupa nasihat. Kalau kamu ingin meminta saran berupa rekomendasi terhadap suatu hal, kamu bisa gunakan kata recommend.

 

Accepting and Refusing Suggestion or Advice

Seperi yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat menerima saran dari orang lain, semua balik lagi ke diri kamu. Ada kalanya kamu setuju (accept), atau tidak setuju (refuse/reject) dengan saran yang diberikan.

Lalu, bagaimana cara menerima saran (accepting suggestion) dan menolak saran (refusing suggestion) secara sopan, agar tidak melukai hati orang yang memberi saran? Kamu bisa gunakan beberapa ungkapan menerima dan menolak saran atau nasehat (accepting and refusing suggestion or advice) berikut:

Accepting Suggestion or Advice

  • Thank you for your advice/suggestion
  • – What a (good, great, brilliant, etc) idea!
  • – That sounds (good, great, brilliant, etc) idea!
  • – That might be worth to try
  • – This just what I need
  • – I’ll do that. Thanks!
  • – Okay, I’ll try it!
  • – It sounds good
  • – Yes, I’d love to

 

Refusing/Rejecting Suggestion or Advice

  • I don’t think that is a good idea
  • – I don’t think this would work
  • – Do you have any/other suggestion/advice?
  • – This is a good idea, but …
  • – I’m not really sure about that
  • – Sorry, I can’t
  • – Sorry, I don’t like it
  • – No, thanks!
  • – I’d rather not

 

Okee, biar kamu makin paham, simak contoh percakapan asking for suggestions or advice di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Perbedaan Penggunaan Can dan Could dalam Showing Ability

 

Contoh Percakapan Asking for Suggestion or Advice

Dialog 1

Mark: Karina, has the result of the last English test been announced by Ms. Jennie?

Karina: Yes, it has. Did you pass the test?

Mark: Hmm, I was absent from the last meeting since I looked after my mom at home. So, I don’t know my score yet. What should I do?

Karina: Oh, you should see Ms. Jennie to check your score.

Mark: Thank you for your advice!

Dialog 2

Joy: What’s on your mind, Mina? You look worried.

Mina: I’ve just seen Jackson smoking near the restroom. I think I should tell the teacher.

Joy: Don’t tell the teacher. You would embarrass him.

Mina: So, what would you advise me to do?  

Joy: You’d better tell his sister instead. He will listen to hear.

Mina: Well, then. I’ll meet his sister after school.

 

Ungkapan Giving Suggestions or Advice

Untuk memberi saran, rekomendasi, atau nasehat kepada orang lain dalam bahasa Inggris (giving suggestions or giving advice), kamu bisa gunakan berbagai patterns berikut ini:

giving suggestions - sharing advice

 

Nah, bisa kamu lihat pada gambar di atas, penggunaan kata untuk giving suggestions or giving advice itu biasanya diikuti oleh verb 1, ya. Kecuali untuk how about dan what about, yang diikuti dengan verb-ing.

Sementara itu, ungkapan you had better digunakan ketika saran yang kita berikan harus dilakukan oleh orang yang kita kasih saran tersebut. Paham, ya? Lalu, bagaimana dengan contoh percakapan giving suggestions-nya, nih?

Baca Juga: Cara Menyampaikan Larangan dalam Bahasa Inggris (Expressing Prohibition)

 

Contoh Percakapan Giving Suggestion or Advice

Dialog 1

Winter: My dad coughed all night long. He can’t go to work today.

Felix: He had better go to the doctor. I hope that he will get well soon.

Dialog 2

Lisa: Rose, the holiday starts tomorrow, right? Let’s meet up! 

Rose: That sounds great! But, I don’t know where to go. Do you have any suggestions?

Lisa: Mmm, how about going to the Arborea Cafe?

Rose: What a good idea! Okay, then!

Dialog 3

Daniella: I’ve just lost my wallet in class.

Dita: Don’t be so sad. Let’s look around the classroom.

Daniella: I’ve done that already, but I haven’t found it yet.

Dita: Why don’t you go to the security post to make an announcement?

Daniella: Oh, yeah. That’s right. I hope it helps.

Oke, itu lah pembahasan mengenai asking for and giving suggestion or advice. Mudah kan, guys? Oh iya, sebenarnya, masih ada contoh ungkapan asking and giving suggestion yang lainnya, loh! Kamu bisa lihat pembahasan lebih lengkapnya di ruangbelajar.

Nah, jika masih ada materi yang belum kamu mengerti, jangan malas untuk berlatih agar pemahamanmu semakin terasah, ya.

Hal terpenting lainnya adalah jangan hanya menghafal, tetapi kamu harus memahami konsepnya. Kalau belajar di ruangbelajar, penyampaian materi, soal latihan, dan rangkumannya akan membuat kamu lebih mudah memahami konsep pelajaran. Kalau kamu tertarik, yuk, klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjutnya.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Asking and Giving Suggestion (Advice) dan Contoh Kalimatnya [Daring]. Tautan: https://www.english-academy.id/blog/asking-and-giving-suggestion (Diakses pada 21 Agustus 2023)

Sumber Gambar:

GIF ‘Hungry Instagram’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/awesomenesstv-episode-3-niki-and-gabi-U7bSsuR5xC92DgCCiZ (Diakses pada 21 Agustus 2023)

 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 21 Agustus 2023.

Hani Ammariah