Cara Mudah Kembangkan Strategi Bisnis Secara Digital

Oktaviani Satyaningtyas

Nov 5, 2018 • 5 min read

sukses kerja


Dalam mengembangkan sebuah usaha, tentunya Anda membutuhkan strategi bisnis yang tepat sasaran dan efektif. Salah satu strategi marketing yang dapat Anda gunakan adalah SOSTAC Plan, sebuah marketing model yang dibuat oleh P.R Smith dan menjadi salah satu alat pemasaran yang banyak digunakan perusahaan untuk membuat strategi marketing secara rinci.

Seperti apa SOSTAC Plan itu? Ini di penjelasannya agar Anda dapat mengaplikasikannya pada usaha Anda, Rekan Kerja


Strategi bisnis

(Sumber: smartinsights.com)

1. Situation Analysis (Analisis Situasi)

strategi bisnis

Membuat analisis situasi akan membantu Anda untuk mengetahui posisi bisnis dibanding kompetitor (Sumber: dictio.id)

Pada tahap yang pertama, Anda akan diminta untuk menganalisis situasi dari segi internal bisnis. Misalnya Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, maka cobalah menganalisis dimana posisi usaha saat ini dibanding dengan kompetitor. Anda juga dapat membuat daftar SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dari bisnis dan melihat saran dari konsumen yang masuk selama ini. Tidak hanya itu Anda sebaiknya juga membuat analisis kompetitor agar dapat melihat aspek apa yang sudah dimiliki pesaing namun belum dimiliki oleh bisnis Anda.

Baca juga: 7 Budaya Kerja yang Harus Dimiliki Perusahaan Agar Lebih Sukses

2. Objective

 strategi bisnis

Metode SMART dapat digunakan untuk membuat strategi bisnis yang realistis (Sumber: mileiq.id)

Setelah menganalisis posisi bisnis Anda saat ini, di tahap objektif, Anda dapat membuat rancangan ke mana bisnis ingin dikembangkan. Contohnya, jika ingin bisnis kuliner Anda menjadi pilihan nomor satu bagi para pekerja kantoran, maka buat strateginya dengan SMART goals. Strategi ini mengharuskan Anda membuat rencana bisnis yang spesifik, dapat diukur, mudah dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu (deadline).  

3. Strategy

inbound-marketing-strategy

Saat menentukan strategi, lihat target pasar dan positioning Anda di mata konsumen(Sumber: insivia.com)

Di tahap ini Anda dapat mulai menyusun strategi bisnis yang tepat sesuai dengan target pasar/konsumen Anda. Untuk menyusunnya, tentukan dulu positioning atau bagaimana produk Anda ingin diingat oleh konsumen. Apakah ingin brand Anda identik sebagai produk untuk anak muda atau justru untuk dewasa muda yang senang bekerja? Semua itu tergantung dari target konsumen perusahaan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga faktor bauran pemasaran (marketing mix) bisnis Anda seperti price, produk, promotion, place, people, public relations, dan lainnya.

Baca juga: Ini Dia 5 Langkah Awal  untuk Membangun Perusahaan Impian Anda

4. Tactic & Action

strategi bisnis

Realisasikan strategi dengan taktik dan aksi nyata yang mudah dilakukan (Sumber: vinepair.com)

Strategi telah Anda buat sebelumnya kemudian harus dapat direalisasikan dengan taktik dan aksi nyata. Karena itulah pada tahap ini Anda akan menentukan bagaimana caranya untuk dapat mencapai goals dengan menentukan metodenya secara rinci dan jelas. Pastikan cara yang akan Anda gunakan untuk merealisasikan strategi tersebut efektif dan tepat sasaran. 

5. Control

strategi bisnis

Kontrol diperlukan agar Anda mengetahui strategi yang dijalankan berhasil atau tidak (Sumber: metroseoul.co.kr)

Semua strategi dan taktik yang Anda buat untuk mengembangkan bisnis akan sia-sia tanpa adanya kontrol. Untuk itu, Anda harus menentukan tingkat keberhasilan dari strategi yang telah dibuat agar ketika dilaksanakan, perusahaan dapat mengetahui cara tersebut berhasil atau tidak. Jika Anda menggunakan media instagram sebagai sarana promosi, maka tetapkan tolok ukur keberhasilan promosi misalnya pengikut harus mencapai 10 ribu. Apabila kurang dari angka tersebut berarti strategi pemasaran melalui Instagram bisa dikatakan belum berhasil.

 

Nah, Rekan Kerja, strategi di atas sangat tepat Anda gunakan ketika hendak membangun bisnis atau tengah merencanakan strategi pemasaran baru untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Untuk mengetahui trik lain seputar bisnis, baca artikel lainnya di blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat Anda unduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini. Selamat mencoba!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts