Cara Penyebutan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris_7

Halo Squad! Kali ini kita akan mempelajari sebuah tema yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, yaitu Time and Date. Waktu dan tanggal merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan kita. Bagaimana tidak, jika kita tidak mengetahui waktu ataupun tanggal tentu kita akan kebingungan saat melakukan kegiatan. Jika sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara menyebutkan waktu yang tepat dalam bahasa Inggris, sekarang kita akan belajar tentang tanggal. Apakah kamu bisa membaca tanggal dalam bahasa Inggris? Nah, daripada berlama-lama lagi mari langsung kita pelajari.

Mengenal Angka Ordinal

Dalam penulisan dan penyebutan tanggal dalam bahasa Inggris, terdapat sebuah aturan khusus yang harus kamu ikuti. Pertama, kita harus terlebih dahulu mengenal angka ordinal. Angka ordinal adalah angka yang disebutkan dengan menyebutkan urutannya. Lihat contohnya berikut ini ya.

Kita akan menulis:

1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th, 6th, 7th, 8th, 9th, 10th, 11th, 12th, 13th, ..., 20th, 21st, 22nd, 23rd, 24th, ..., 30th, 31st.

Kita akan menyebut:

first, second, third, fourth, fifth, sixth, seventh, eighth, ninth, tenth, eleventh, twelfth, thirteenth, ..., twentieth, twenty first, twenty second, twenty third, twenty fourth, ..., thirtieth, thirty first.

Tanggal hari dan bulan

Dalam menyebutkan tanggal yang terdiri dari tanggal hari dan bulan, terdapat perbedaan urutan antara penyebutan dan penulisan. Perhatikan contoh berikut:

Kita menulis ... 14(th) July                Kita menyebut ... the fourteenth of July

Kita menulis ... July 14(th)                Kita menyebut ... July fourteenth

Angka ribuan pada tahun

Selain itu, terdapat pula perbedaan antara penyebutan angka ribuan biasa dengan penyebutan angka tahun. Perhatikan contoh berikut:

1998 (dalam penyebutan angka biasa) dibaca one thousand nine hundred and ninety eight.

1998 (dalam penyebutan tahun) dibaca nineteen ninety-eight.

Seperti yang dapat dilihat di atas, kita menyebut tahun dengan memisahkan 2 digit angka pertama dan 2 digit angka kedua. Perhatikan contoh penyebutan tahun lainnya berikut:

1999 – nineteen ninety-nine                       1990 – nineteen ninety

1908 – nineteen o eight                                1704 – seventeen o four

2005 – two thousand and five                    2017 – two thousand and seventeen

Nah, coba kamu kombinasikan penyebutan tanggal, bulan, dan tahun dari, misalnya, tanggal lahirnya Pancasila yakni 1 Juni 1945. Penyebutannya menjadi June..... first.... nineteen... forty-five.... or in a complete sentence we write as follow: Pancasila was born in June 1st, 1945.

Bahasa_Inggris_VII_-_Cara_Penyebutan_Tanggal_dalam_Bahasa_Inggris-01

Gimana, sekarang kamu sudah paham kan? Nah, supaya kamu lebih jago lagi, coba yuk belajar lewat latihan soal di bawah ini. Perhatikan dan coba pahami baik-baik yaa. Lihat pertanyaannya dan perhatkan penjelasan dari jawabannya.

Bahasa_Inggris_VII_-_Cara_Penyebutan_Tanggal_dalam_Bahasa_Inggris-02

Mudah sekali 'kan Squad? Coba sekarang kamu sebutkan hari ulang tahun kamu, ulang tahun orang tua kamu, atau tanggal-tanggal penting lainnya dalam bahasa Inggris ya. Jika masih bingung, kamu bisa belajar bersama guru privat berkualitas di ruangles. Yuk, cari guru favorit yang sesuai dengan kriteriamu sekarang!

ruangles

Beri Komentar