Cari Inspirasi Hidup? Coba Dengar 7 Lagu Ini!

Ruangguru Mei 26, 2017 • 5 min read


Banyak orang memilih aktivitas mendengar musik sebagai hobi. Setuju nggak, smart buddies? Bukan sekadar teman di kala bosan, tapi bisa juga sebagai penyemangat saat belajar, olahraga, bahkan inspirasi hidup. Terbukti, beberapa pencipta lagu menyisipkan kalimat-kalimat inspiratif supaya para pendengarnya bisa mendapat inspirasi dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mau tahu? Pantau, yuk, deretan daftar lagu rekomendasi Ruangguru berikut! Selain genre musiknya yang easy listening, setiap kata-katanya juga punya sihir baik yang bisa bikin kamu senyam-senyum sendiri.

1. Rachel Platten - Fight Song

 

inspirasi hidup - Lagu ini memperoleh iHeartRadio Music Award for Best Lyric.
Lagu ini memperoleh iHeartRadio Music Award for Best Lyric. (sumber: popfn.com) 

Lagu produksi Sony Music Entertainments awal tahun 2015 ini dibalut dengan aliran musik pop. Untuk penulisan lirik, sang penyanyi melakukan tandem bareng David Bassett. Mereka bercerita tentang orang yang sering diremehkan oleh lingkungan sekitar, namun ia percaya bisa terus kuat, dan melakukan sesuatu yang sangat besar. Seperti pada potongan lirik ini “I might only have one match, but I can make an explosion”.

2. Tulus - Mahakarya

inspirasi hidup - Lagu Mahakarya yang dirilis tahun 2016.
Lagu Mahakarya yang dirilis tahun 2016. (sumber: youtube.com)

Dirilis pada album terbarunya yang berjudul Monokrom, penyanyi asal Sumatera ini tertarik meneruskan pesan kedua orang tuanya lewat sebuah lagu. “Ibu pernah berkata, jangan bergantung pada peruntungan, senang dan tidak senang hidupmu tergantung kerja kerasmu.” Ia ingin tiap orang bisa memberi hati pada setiap kerja keras dan karya. Jadi, percaya aja kalau kamu belum punya karya yang luar biasa, asal selalu mengerjakan dari hati, pasti kamu sedang menuju menghasilkan mahakarya. 

3. Ed Sheeran - What Do I Know

inspirasi hidup - Ed Sheeran menyanyikan lagu ini dalam musik pop. Ed Sheeran menyanyikan lagu ini dalam musik pop. (sumber: youtube.com)

Pada kata-kata di liriknya, penyanyi kelahiran Kanada ini mencurahkan cerita seseorang yang merasa gak menguasai bidang apapun, selain bermusik. Padahal, ia dituntut jadi politikus oleh sang ayah, tapi ia mau menentukan jalan hidup sendiri. Sosok dalam lagu tersebut nggak pernah merasakan kuliah dan selalu bingung ketika semua orang membahas tentang isu dunia. Menurutnya, kepiawaian bermusik juga anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Di salah satu kalimat terakhir pada baitnya, terdapat kata “So let's all get together, we can all be free, spread love and understanding, positivity” yang sepertinya ingin ia tujukan pada ayahnya.

4. Barasuara - Bahas Bahasa 

inspirasi hidup - Single Bahas Bahasa diluncurkan pada September 2015.
Single Bahas Bahasa diluncurkan pada September 2015. (sumber: asian-port.com)

Band beraliran indie asal Jakarta ini menyampaikan kegelisahan mereka dalam album perdananya. Menurut grup beranggotakan 6 orang tersebut, banyak orang yang kini sering menggunakan bahasa-bahasa sulit tanpa melihat lawan bicaranya. “Lidah kian berlari tanpa henti, tanpa disadari tak ada arti.” Nah, smart buddies mulai sekarang biasakan untuk menghargai setiap latar belakang dari seseorang yang sedang diajak berbicara ya.

5. Leanne & Kaara - Somewhere Over The Rainbow 

inspirasi hidup - Duo penyanyi ini berasal dari Filipina.
Duo penyanyi ini berasal dari Filipina. (sumber: bandwagon.asia) 

“Somewhere over the rainbow blue birds fly, birds fly over the rainbow, why then, oh why can't I”. Kamu merasa cukup familiar dengan kalimatnya nggak nih? Ini dia lagu sepanjang masa yang pas didengarkan untuk anak-anak, juga kalangan remaja dan dewasa. Sejak 1972 sampai sekarang, banyak sekali lho penyanyi yang meng-cover lagu ini dengan berbagai jenis genre. Salah satunya, versi akustik indie dari duo Leanne & Kaara yang bikin kita semakin meresapi arti di balik liriknya.

6. Mocca - Happy

inspirasi hidup - Grup band mocca sudah terbentuk dari 1997, lho. Grup band mocca sudah terbentuk dari 1997, lho. (sumber: en.wikipedia.org) 

Lagunya dikenal bernuansa cheerful dan terinspirasi dari musik retro tahun 70-an. Inti pesan pada nyanyian grup musik ini, nggak perlu merasa takut ketika melakukan kesalahan. Tetap semangat untuk mengatasi semuanya, seperti kata lirik pada bait terakhir di lagunya, “Don’t you give up, keep your chin up and be happy!”.

7. Corinne Bailey - Put Your Records On 

inspirasi hidup - Genre lagu ini ternyata neo-soul.
Genre lagu ini ternyata neo-soul. (sumber: youtube.com)

Pilihan yang terakhir ini pas banget untuk  para perempuan, yang kadang merasa ragu buat coba melakukan sesuatu. Percaya deh, dengar lagunya jadi bikin nagih, dan yang pasti tambah bikin percaya diri buat mencoba hal yang selama ini udah diingin-inginkan. Terbukti, dengan berulang kali Corinne menyanyikan kalimat “Just go ahead, let your hair down” pada lagunya.

Menurutmu gimana nih referensi dari Ruangguru, smart buddies? Semoga menambah inspirasimu saat mendengar musik ya. Sambil mengerjakan latihan soal di ruangbelajar kamu bisa mendengarkan musik-musik di atas ya Squad. Kalau kamu punya lagu andalan lainnya dengan tema yang sama, boleh lho untuk ikutan sharing di kolom komentar. (RE/TN)

ruangbelajar

Beri Komentar