Cepat Rambat Bunyi pada Mediumnya | Fisika Kelas 11

Rabia Edra Nov 14, 2017 • 5 min read


Fisika Rambat bunyi

Setelah mempelajari gelombang bunyi beberapa waktu lalu, RG Squad kini perlu mengetahui mengenai cepat rambat bunyi. Pada dasarnya, bunyi merambat melalui medium tertentu, seperti zat padat, cair, atau gas. Bunyi tersebut memiliki cepat rambat yang bergantung pada media yang dilaluinya. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ya!

Pengertian Bunyi

Bunyi itu apa sih, Squad? Bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi karena adanya getaran dan dapat merambat sehingga dapat sampai ke telinga makhluk hidup, seperti manusia dan hewan. Telinga yang berfungsi dengan baik akan mendengar berbagai suara-suara yang ada di sekitarnya.

septuar cepat rambat bunyi

Bunyi dapat merambat melalui media udara, zat cair, dan zat padat untuk sampai ke telinga kita. Pada zat padat, cepat rambat bunyi lebih cepat dibandingkan dengan media cair dan gas. Supaya lebih paham, simak tabel di bawah ini, Squad!

 tabel cepat rambat bunyiSetelah memahami bunyi, kita akan membahas pengertian cepat rambat bunyi yang merupakan jarak yang ditempuh oleh gelombang bunyi setiap satu-satuan waktu. Hal ini diselidiki oleh dua ilmuwan asal Belanda, yaitu Van Beek dan Moll. Pada akhirnya, dua ilmuwan tersebut berhasil menemukan rumusnya:

rumus cepat rambat bunyi

Jika yang diketahui frekuensi (f), panjang gelombang (λ), atau periode (T), gunakan rumus di bawah ini:

rumus tentang cepat rambat bunyi

Oke, setelah mengetahui rumus-rumusnya, sekarang kita lanjut ke contoh soal dan pembahasan berikut ini, kuy!

  1. Tentukan frekuensi dan periode gelombang bunyi jika panjang gelombang 10 meter dan cepat rambat bunyi 350 m/s!

Pembahasan:

Diketahui: v = 350 m/s

                   λ  = 10 meter

Ditanya: (A). frekuensi (f) dan (B). Peridoe (T)

Jawab: a. v = λ x f

                       f   = v / λ

                       f   = 350/10 = 35 Hz

  1. v = λ / T

                       T =  λ / v

                       T = 10/350 = 1/35 sekon

        (Jika ingin menggunakan rumus cepat, ingat : T=1f=135 sekon)

 

  1. Sebuah kapal mengukur kedalaman laut menggunakan perangkat suara. Jika bunyi ditembakkan ke dasar laut, bunyi pantul diterima setelah 10 detik. Tentukan kedalaman laut tersebut jika cepat rambat bunyi 1600 m/s!

Pembahasan:

Diketahui: t  = 10 s

                  v = 1600 m/s

Ditanya: s ?

Jawab:

cepat rambat bunyi

Nah, RG Squad sudah paham? Ternyata, bunyi itu memiliki cepat rambat yang bergantung pada mediumnya. Kalau kamu mau tahu lebih dalam tentang materi ini, chat dengan tutor fisika melalui Ruangguru digitalbootcamp yuk! Bisa sambil diskusi dengan pelajar se-Indonesia, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar