Ajak Siswa Cerdas Berinternet, Yayasan Ruangguru Siap Luncurkan Inspire Project didukung oleh Google

Ruangguru

Mar 19, 2019 • 3 min read

Siaran Pers & Event


facebook marketing 101 (2)-3

Yayasan Ruangguru bersama Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie, dan Peace Generation siap meluncurkan proyek bersama yang bernama Inspire Project (Indonesia Spirit Rejuvenation) dengan dukungan penuh dari Google.org. Kegiatan ini ditujukan untuk mewadahi pelajar Indonesia agar menjadi lebih cerdas dengan melek teknologi. 

Banyaknya konten negatif di dunia maya serta tingginya paparan konten tersebut pada pelajar di Indonesia, membuat hal ini semakin krusial untuk ditanggapi dan dicegah. Apalagi, saat ini belum terlalu banyak jumlah konten-konten positif yang memberi manfaat di internet. Perbandingannya tak sesuai dengan materi-materi yang memuat ujaran kebencian, hoaks, ekstremisme dan juga intoleransi.  

Diharapkan dengan adanya Inspire Project, para pelajar Indonesia akan menjadi generasi yang tidak hanya melek teknologi, tapi juga dapat turut berkontribusi menciptakan konten positif di dalam internet. Oleh karenanya, akan terdapat tiga program besar yang berkaitan satu sama lain di dalam Inspire Project ini.

ruangguru

Konferensi Pers Yayasan Ruangguru bersama Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie, dan Peace Generation 

Program pertama adalah Yuk, Cerdas Berinternet yang bertujuan untuk membantu pelajar berpikir kritis dan mendorongnya untuk menjadi individu yang lebih cerdas di dunia digital. Konten edukatif ini nantinya dapat diakses pada fitur ruangbelajar oleh semua pengguna aplikasi Ruangguru di segala jenjang secara gratis. Konten akan dapat mulai diakses pada bulan Juli 2019.

Kedua, sebuah workshop yang bernama Creatormuda Academy. Dengan mengusung tagline berupa Create Differently Create Better, pelajar diekspektasikan dapat dipersiapkan menjadi seseorang yang berpikir kreatif, inovatif, cerdas untuk terus menciptakan konten positif melawan konten negatif yang sudah terlampau banyak di internet.

Selama tahun 2019 ini, Creator Academy juga akan melakukan roadshow ke 10 kota yang pada 14 Maret lalu telah diawali di Kota Jakarta. Adapun kota-kota selanjutnya adalah Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, Makassar, Pontianak, Padang, Mataram, dan Bandung. 

ruangguru

Usai konferensi pers Inspire Project, 6 Maret 2019 di CoHive D.Lab Jakarta

Terakhir, yaitu Mading Sekolah yang berangkat dari pentingnya saat ini untuk membentuk siswa-siswa yang bisa menyalurkan pemikiran mereka melalui platform jurnalisme layaknya sebuah mading di sekolah. Namun bedanya, program ini mengajak para pelajar untuk membuat mading online yang bisa dilihat oleh seluruh teman-teman mereka di Indonesia.

Fitur dan format dalam madingsekolah.id dibuat sangat friendly yang mudah digunakan, sehingga menarik minat para pelajar untuk membuat konten menarik dan positif. Dengan insentif memenangkan perjalanan ke Google Singapore, diharapkan kompetisi sehat dapat terjadi di dalam ekosistem ini di antara pelajar sekolah untuk menciptakan konten mereka yang terbaik.

Menarik sekali kan ketiga program yang sudah dijelaskan di atas? Nah, supaya kamu nggak ketinggalan dengan informasi terbarunya. Yuk, langsung cek aja di website resminya di  inspireproject.id dan download aplikasi Ruangguru di Google Play/App Store!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts