Ruangguru Blog

    Cerdas Gunakan Smartphone Kamu dengan Aplikasi Ruangguru

    By Ruangguru writer · Oct 26, 2016

    aplikasi ruangguru Siswa menyontek menggunakan smartphone. (Sumber: centraltimes.org)

    Di era teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali aplikasi yang hadir untuk memudahkan hidup seseorang. Dari mulai kurir makanan sampai media transfer uang antar bank tanpa biaya tambahan. Aktivitas harian setiap individu menjadi lebih praktis berkat layanan-layanan tersebut, termasuk aktivitas belajar. Ruangguru menyediakan sebuah aplikasi belajar online di mana siswa dapat meminta bantuan guru-guru berkualitas untuk mengerjakan soal-soal yang tidak mereka mengerti. Mungkin ada yang terpikir bahwa layanan ini dapat digunakan saat mengerjakan ulangan di sekolah alias untuk menyontek. "Wah, kalau lagi ujian, bisa dipakai untuk menyontek nih! Tinggal kirim foto soal, tinggal tunggu jawaban dari guru deh,". Jadi, apakah benar Aplikasi Ruangguru bisa digunakan untuk menyontek juga? Cek kebenarannya yuk!

    Aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh Ruangguru bertujuan untuk membantu siswa dalam mengerjakan soal yang dianggap sulit. Misalnya, di malam hari siswa kebingungan mengerjakan PR. Ingin minta bantuan orang tua dan kakak, ternyata tidak bisa membantu karena sudah lupa. Memanggil guru privat secara mendadak? Agak kurang memungkinkan.

    Melalui aplikasi ini, siswa diharapkan dapat memahami suatu materi dengan lebih baik. Dengan demikian, di lain waktu ia dapat mengerjakan soal sejenis dengan lebih baik lagi. Dalam membantu pengerjaan soal, guru-guru di Ruangguru akan memberi umpan yang memicu pola pikir siswanya. So, mereka tidak akan langsung memberikan jawaban kepada siswa. Namanya saja aplikasi belajar, bukan aplikasi kunci jawaban.

    Dengan mengajak siswa ikut berpikir dan memecahkan sendiri soal yang tidak mereka pahami, pemahaman siswa akan materi tersebut menjadi lebih baik. Siswa akan dibimbing sampai menemukan jawaban yang tepat. Tidak ada batasan waktu berapa lama siswa berkonsultasi dengan guru yang sedang melayaninya. Bahkan, jika komunikasi melalui chatting dianggap kurang efektif, siswa juga bisa memanfaatkan fitur audio call di Aplikasi Ruangguru.

    aplikasi ruangguru Tampilan aplikasi Ruangguru

    Semua komunikasi antara guru dan murid akan terekam, lho. Jadi jika ada siswa yang bertingkah mencurigakan saat bertanya pada guru, pasti akan ketahuan. Sudah pernah ada lho guru yang mengalami kasus di mana siswa dicurigai menggunakan Aplikasi Ruangguru untuk menyontek, namun tidak bisa. Dalam kontrak, guru-guru dilarang memberikan jawaban secara instan. Dengan demikian, mereka pasti akan menolak permintaan siswa yang tidak sesuai dengan aturan.

    aplikasi ruangguru Siswa mengambil gambar soal dengan smartphone. (Dokumentasi Ruangguru.com)

    Selain tidak sesuai dengan tujuan dari pengembangan aplikasi itu sendiri, menyontek lewat Aplikasi Ruangguru hanya akan membuang-buang waktu siswa saat mengerjakan ujian. Siswa harus memotret soalnya terlebih dahulu, menunggu hingga maksimum 3 menit sampai mendapat respon, dan mengikuti proses pengerjaan soal secara bertahap. Guru juga akan bertanya secara berkala kepada siswa apakah penjelasannya dapat dipahami. Jadi, siswa harus terus memantau smartphone-nya saat sedang belajar online. Tentu siswa tidak akan sempat melakukan hal-hal tersebut saat ujian.

    Bagaimana? Masih terpikir bahwa Aplikasi Ruangguru bisa digunakan untuk menyontek? Semoga tidak ada yang salah kaprah lagi, ya, mengenai aplikasi belajar online dari Ruangguru. Yuk manfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal yang positif! (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Fitur dan Layanan, Layanan, Ruangguru, Tentang Kami

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru