Cerita Kak Rodika Mengembangkan Konten Pendidikan Berkualitas untuk Akses yang Merata

Shabrina Alfari

Dec 20, 2018 • 3 min read

tips mengajar parenting


pendidikan berkualitas

Akses dan kualitas pendidikan menjadi salah satu persoalan paling penting dalam peningkatan sumber daya manusia di sebuah negara, termasuk Indonesia. Namun, berbagai masalah pendidikan masih kita hadapi. Bank Dunia melihat masih ada sejumlah tantangan yang belum terselesaikan terkait pendidikan Indonesia, misalnya tidak meratanya akses hingga kualitas pendidikan. Hal ini juga yang dilihat oleh kak Rodika, Master Teacher Fisika di Ruangguru. Kak Rodika percaya bahwa anak-anak dari berbagai latar belakang ekonomi harusnya berhak mendapat pendidikan yang sama. Yuk, kita simak ceritanya.

“Awal saya mengajar fisika itu pada saat saya masih kuliah pada tahun 2012. Pada waktu itu saya menjadi pengajar termuda di salah satu bimbingan belajar terkemuka di Indonesia. Waktu itu usia saya masih 17 tahun,” kenang kak Rodika. Namun, saat mengajar di bimbel kak Rodika menyadari bahwa tidak semua anak dapat merasakan belajar di bimbel karena biayanya yang memang cukup mahal. Bahkan, ada orang tua yang rela untuk meminjam uang agar anaknya bisa ikut bimbel.

pendidikan berkualitasHarga bimbel yang cukup mahal membuat tidak semua anak dapat mengikuti bimbel (Sumber: youtube.com/ruangguru)

“Hal yang saya sadari saat saya mengajar di bimbel pada saat itu adalah anak-anak perlu membayar harga yang cukup mahal. Pada akhirnya, anak-anak yang belajar di bimbel itu berasal dari orang-orang dengan keluarga berlatar belakang ekonomi cukup mampu. Kalaupun ada orang tua yang latar belakangnya kurang mampu biasanya orang tua rela untuk meminjam uang, yang penting anaknya bisa masuk bimbel. Sama seperti saya saat masih sekolah dulu, tepatnya saat saya SMA. Orang tua saya rela untuk meminjam uang yang penting saya bisa ikut bimbel”, jelas pria lulusan ini.

“Saya percaya pasti setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi kalau soal pendidikan. Saya juga percaya, bahwa seharusnya setiap anak dari berbagai latar belakang ekonomi berhak mendapatkan pendidikan yang sama,” tambahnya.

Kekhawatiran kak Rodika mengenai biaya pendidikan yang mahal serta akses yang tidak merata akhirnya terjawab setelah ia mengenal Ruangguru. “Sampai pertama kali yang mengenal Ruangguru itu pada saat saya sedang mencari pekerjaan tambahan sebagai pengajar privat lewat internet. Lalu, ketemulah dengan website Ruangguru. Setelah itu, saya mengikuti program yang diadakannya, yaitu Teacher Development Program. Sampai pada akhirnya saya menjadi bagian dari Ruangguru itu sendiri sebagai Master Teacher Fisika,” ucapnya.

pendidikan berkualitasKak Rodika (kanan) bersama Master Teacher Ruangguru lainnya (Sumber: youtube.com/ruangguru)

“Saya bersama anak-anak muda lainnya di Ruangguru setiap harinya mengembangkan konten pendidikan yang kami kemas dalam bentuk video pembelajaran, latihan soal, rangkuman yang sangat menarik untuk dipelajari oleh para siswa,” jelas kak Rodika.

Tidak hanya itu, kak Rodika pun merasa apa yang dilakukan oleh guru-guru dan Ruangguru ini akan memberikan dampak positif untuk Pendidikan Indonesia. “Karena saya yakin dan percaya bahwa Ruangguru mempunyai visi yang sama dan sejalan dengan saya, yaitu agar setiap anak di Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang terbaik tanpa harus pusing soal biaya,” ungkapnya.

pendidikan berkualitasVideo beranimasi Ruangguru lebih menarik dan mudah dipelajari (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Kak Rodika pun yakin bahwa harga yang ditawarkan oleh Ruangguru sangatlah murah. “Dibandingkan bimbel offline harga berlangganan Ruangguru sangatlah murah, kalo dibilang mahal saya berani bilang nggak ada bimbel berkualitas yang lebih murah dibanding Ruangguru. Meskipun ada saya yakin kualitasnya nggak sebagus Ruangguru,” jelasnya. Selain itu, kualitas materi Ruangguru juga lebih baik dibandingkan bimbel lain dan sangat lengkap karena terdiri dari beberapa kurikulum (KTSP, K13, dan K13 Revisi). Pengajar-pengajar di Ruangguru juga sangat komunikatif dan menyenangkan, lho.

Ruangguru berjalan bersama para guru yang memiliki visi untuk memajukan pendidikan anak Indonesia dengan tidak memandang kondisi ekonomi, suku, agama, dan ras. Ayo, ikut berkontribusi demi pendidikan Indonesia yang lebih baik dengan ruangbelajar.

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts