Cerita Mereka yang Berhasil Lolos SNMPTN 2019 bersama Ruangguru

Ruangguru

Apr 12, 2019 • 8 min read

Kata Squad


lolos SNMPTN 2019

Artikel kali ini akan menayangkan testimoni dari pengguna aplikasi Ruangguru yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN 2019. Simak ceritanya yuk.

---

“Tidak ada yang tiba-tiba gagal besar. Gagal terjadi karena akumulasi pelanggaran/kebiasaan buruk kecil repetitif yang lama-lama “snowballing”. Karena suksesnya mimpi tergantung konsistensi.” - Belva Devara, Co-Founder & CEO Ruangguru.

Squad, apakah kamu berhasil menjadi salah satu yang berhasil lolos SNMPTN dari ratusan ribu peserta yang mendaftar? Wah, selamat ya! Semoga jurusan dan universitas yang kamu dapatkan sesuai dengan apa yang selama ini sudah kamu cita-citakan.

Untuk bisa lolos melalui jalur SNMPTN, pastinya tidak mudah dan membutuhkan perjuangan yang panjang. Kamu harus bisa mempertahankan nilai dan prestasi selama 3 tahun. Nah, hal ini pula yang dilakukan oleh teman-teman yang akhirnya berhasil lolos SNMPTN berkat perjuangannya bersama Ruangguru. Mau tahu siapa saja mereka?

Farraas Fadlilah Hamif

lolos SNMPTN 2019

“Pertama kali pake Ruangguru dari awal kelas 12, karena sejak kelas 10 aku ‘kan mulai menstabilkan nilaiku, tapi masih suka naik turun, jadi aku mulai cari-cari kursus, dan ketemulah dengan aplikasi Ruangguru. Dari situ aku mulai aktif belajar di rumah dan dampaknya untuk nilaiku cukup signifikan karena yang awalnya nilaiku naik turun, jadi lebih stabil semenjak menggunakan Ruangguru.

Seru banget kalo buka Ruangguru, karena paket yang tersedia di Ruangguru cukup lengkap, aku nggak perlu buka buku lagi. Soalnya pulang sekolah untuk buka buku udah capek, kalau pake Ruangguru aku bisa sambil santai, jadi nggak perlu yang terlalu serius untuk belajar, daaaaan yang aku suka sih fitur soalnya, mulai dari level biasa sampai level HOTS. Apalagi sekarang ditambah level lebih dari soal HOTS, menurutku itu menarik banget dan sangat membantu aku dalam mencari materi yang belum aku mengerti, dari situ bisa searching deh materi mana yang belum tau.

Selama sekolah aku ‘kan ngekos, jadi tiap pulang sekolah, aku sendirian di rumah, waktu sendiri itu aku habisin untuk buka Ruangguru hampir setiap hari. Nyesel baru ikut bimbel online di kelas 12, tetapi Alhamdulillah aku diterima di PTN lewat jalur SNMPTN, dan Ruangguru turut andil dalam diterimanya aku di PTN impianku. Aku masuk Fakultas Teknik UGM dengan jurusan Teknik Industri yang selama ini menjadi impian aku. Terima kasih Ruangguru, semoga Ruangguru bisa menjadi inspirasi anak-anak sekolah untuk belajar lebih giat lagi karena fitur-fitur di Ruangguru sangat menarik untuk menarik minat belajar”.

Baca juga: Mau Tahu Rahasia Lulus SBMPTN? Simak Cerita Durriya dan Bramantya Pengguna ruangbelajar

Adib Mumtaz Irfani

lolos SNMPTN 2019

“Saat pakai Ruangguru senang aja liat kembaran saya di awal aplikasi, soalnya orang-orang bilang saya mirip Iqbaale wkwk. Ruangguru bantu saya untuk meningkatkan nilai semester 5. Yap, semester yang paling krusial dalam menentukan nasib di SNMPTN. Apalagi saya lemah di Ekonomi, karena materinya ‘kan lebih banyak Akuntansi. Di sekolah itu gurunya terlalu cepat menjelaskan. Kadang-kadang di bimbel juga gurunya terlalu cepat dan kalau mau nanya gengsi gitu. Nah, di Ruangguru itu dijelaskan dengan animasi jadi saya lebih nangkep. Kebetulan juga saya lebih suka belajar dengan visual. Saya tidak ingin bertele-tele, yang pasti Ruangguru banyak membantu saya dalam meraih kesuksesan.

Untuk pemilihan jurusan sendiri, saya memilih yang sesuai dengan passion yaitu Kesejahteraan Sosial. Jadi saya berpikir gimana caranya kita bisa memenuhi hak-hak orang. Apalagi kita di Indonesia yang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0, kita harus memikirkan nasib masyarakat. Gimana caranya setiap orang bisa memiliki kesempatan yang sama.”

Lita Amalia

lolos SNMPTN 2019

“Aku mulai menggunakan aplikasi Ruangguru waktu semester 1 kelas 12, karena dari kelas 10 aku mulai memantau nilaiku jadi pas 12 ini aku ingin nilaiku ada kenaikan yang signifikan, mangkanya aku mulai menggunakan aplikasi Ruangguru. Ruangguru berguna banget buat ulangan bulanan, jadi pas di jalan mau ke sekolah karena malas baca buku lagi aku jawab-jawab aja soal yang tersedia di Ruangguru.

Ada juga cerita waktu itu teman-temanku sibuk bimbel, tapi aku malah sibuk tryout online di Ruangguru hahahah, ‘kan gak kalah susah soalnya sama yang di tempat bimbel. Sebenarnya aku juga ikut les dari sekolah, tapi karena mungkin belajar di sekolah agak kaku jadi ada aja materi yang aku belum paham. Nah kalo aku gak paham gitu, aku mulai buka aplikasi Ruangguru. Belajarnya jadi lebih nyaman dan santai karena bisa aku lakuin di mana aja.

Setelah belajar materi dan soal-soal di Ruangguru ini nilaiku mengalami peningkatan dari yang biasa rata-ratanya cuma 75, sekarang rata-ratanya jadi 85. Ruangguru sangat membantu sekali untuk pembelajaran aku. Fitur yang paling aku suka itu materi-materi pelajaran Matematika, Biologi dan Bahasa Inggris, karena aku sendiri tertarik sama dunia kesehatan. Berkat Ruangguru, akhirnya aku diterima di kampus idamanku yaitu Universitas Sumatera Utara di jurusan Ahli gizi yang berada di bawah Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sukses selalu Ruangguru, semoga kelak aku bisa menjadi seperti Ruangguru yang mampu membantu banyak orang untuk giat belajar.”

Timothy Andrue

lolos SNMPTN 2019

“Aku ini lahir mulut duluan haha. Jadi emang seneng banget ngomong. Aku sendiri tertarik sama Hukum karena aku bercita-cita ingin bekerja di Kementerian Luar Negeri. Awalnya aku mau milih HI, tapi setelah melihat peluang aku akhirnya milih Hukum. Walaupun aku tinggal di Manado, aku tetap memilih Universitas Indonesia karena aku ingin berkembang. Aku ingin dapat ilmu baru. Selain itu, aku masih punya banyak saudara juga di Jakarta.

Nah, Ruangguru ini bantu aku untuk belajar giat di kelas 3 dan ngejar pelajaran yang tertinggal. Jadi di kelas 11 itu aku lebih banyak di luar kelas dibanding masuk kelas karena kegiatan OSIS. Di kelas 12 aku bertekad untuk rubah itu semua. Ruangguru sangat membantu aku dalam memahami konsep-konsep dasar materi pelajaran. Bahkan, materi di Ruangguru lebih mudah dipahami dibandingkan materi di kelas menurut aku. Pokoknya hacep deh Ruangguru.

Saran aku untuk adik-adik kelas sih bagusin aja nilai kalian dari semester satu supaya kalian bisa dapat kesempatan di SNMPTN. Jangan lupa juga riset dan mencari tahu peluang kalian di jurusan dan universitas yang kalian mau. Aku sendiri melakukan riset di Sulawesi Utara dan dari sekolah aku itu berapa banyak sih kakak kelas yang diterima di UI untuk melihat peluang aku diterima di Hukum UI.”

Fadila Hediaty Zahra

lolos SNMPTN 2019

“Untuk persiapan SNMPTN karena dari nilai rapor jadi saya sudah persiapan dari kelas 10. Saya memiliki nilai target minimal di rapor awal semester di SMA harus berapa dan untuk semester selanjutnya harus bisa meningkat. Saya sadar dibandingkan temen-temen nilai saya tuh masih harus ditingkatkan lagi. Nah semester 5 ini adalah semester penentuan jadi saya benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh.

Akhirnya saya memutuskan untuk pakai aplikasi Ruangguru di kelas 12 semester 1. Saya tahu aplikasi Ruangguru karena ada pihak Ruangguru yang datang ke sekolah. Pertama pakai aplikasinya seru sekali. Cara menyampaikan materi lewat video sangat mudah dipahami. Soal-soal yang tersedia pun bervariasi dan membantu, apalagi dengan kurikulum 2013 revisi yang saya jalani di sekolah. Sehingga ketika ada ulangan saya bisa siap dengan berbagai macam jenis soal.

Materi-materi dari kelas 10 dan 11 yang awalnya saya tidak mengerti bisa kembali saya review. Saya juga jadi semakin semangat belajar di Ruangguru karena ada fitur tryout dan bisa lihat pembahasannya juga. Memudahkan saya untuk mengetahui materi mana yang belum saya pahami. Jadi nilai ulangan harian maupun UAS yang saya dapatkan bisa maksimal, yang awalnya pas KKM bisa lebih dari itu. Terima kasih Ruangguru sudah memberikan saya kesempatan untuk belajar dengan lebih mudah dan praktis, karena Ruangguru saya jadi bisa di mana saja dan kapan saja.”

Zakiyah Artanti Ratnadewi

lolos SNMPTN 2019

“Saya melakukan persiapan untuk SNMPTN sebenarnya sudah dari kelas 10. Jadi, saya bener-bener ningkatin nilai terus dan menargetkan jangan sampai ada nilai yang turun. Di kelas 12 awal mulai deh langganan Ruangguru. Saya belajar pakai Ruangguru benar-benar untuk ngejar semua materi SBMPTN. Karena meskipun saya IPS dan milih jurusan Soshum tetap aja saya merasa itu susah banget materinya.

Ruangguru sangat membantu apalagi kalau ada materi yang susah. Saya jadi lebih paham kalau dijelasin lewat video. Saya juga orangnya suka belajar yang fleksibel, jadi bisa belajar malam-malam atau kapan pun saya ingin belajar. Dijelasinnya lewat video lagi jadi lebih asik, nggak bosen, dan gampang dimengerti. Selain ruangbelajar, saya juga langganan RGDB yang memudahkan ketika saya ingin bertanya kepada tutor standby.

Untuk pemilihan jurusan sendiri, saya lebih terinspirasi dari keluarga dan melihat peluang diterimanya. Orang tua saya wiraswasta dan beberapa saudara juga kuliahnya di manajemen atau bisnis. Saya juga lihat ke depannya, para lulusan jurusan ini banyak yang bisa kerja di mana aja. Terus saya ada cita-cita dari dulu ingin punya satu brand sendiri bareng mama. Jadi, mungkin mengawalinya dari jurusan yang saya ambil.”

Perjuangan mereka yang menginspirasi bukan? Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan perjuangan yang terus-menerus alias konsisten. Mau lulus SNMPTN seperti kisah teman-teman di atas? Kamu juga bisa jadi juara bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts