Cerita Para Guru dan Siswa Setelah Pembelajaran Jarak Jauh dengan Ruangkelas

Ruangguru Nov 13, 2020 • 3 min read


header ruangkelas

Artikel ini membagikan testimoni para pengguna ruangkelas Ruangguru.

--

Semenjak Indonesia mengalami pandemi Covid 19, instansi pendidikan formal khususnya yang dinaungi oleh Pemerintah Indonesia, memilih untuk mengubah sistem belajar. Mulanya, setiap hari senin sampai jumat, kadang sampai sabtu, siswa dan guru melakukan kegiatan belajar dan mengajar dengan bertatap muka di kelas. Namun, semenjak pandemi Covid-19, belajar dengan model tatap muka secara langsung dirasa terlalu beresiko. Alhasil, pemerintah pun membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Guru-guru pun mulai merancang konsep belajar, mencari strategi agar materi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para siswa. Namun, tidak jarang, ketika guru-guru sudah siap dengan segala macam strateginya, ternyata tidak ada alat pendukung yang tepat untuk menjalankan strategi tersebut. Tentu saja ini adalah permasalahan. Bukan saja bagi guru, bagi siswa dan orang tua di rumah pun sama.

PJJ menjadi rutinitas baru yang mau tidak mau harus dilakukan. Meskipun ada pandemi, pendidikan pun tetap harus berjalan. Anak-anak tetap butuh belajar, dan orang tua pastinya ingin anak terus mengalami perkembangan, baik dari ilmu pengetahuan, maupun sikap.

Melihat adanya kebutuhan sistem belajar online yang mudah dan efektif digunakan oleh para guru, siswa, dan orang tua, Ruangguru membuat inovasi baru dalam bentuk Learning Management System.

LMS Ruangguru bernama ruangkelas. Sebuah sistem belajar digital yang dibuat untuk memudahkan guru saat memberikan materi kepada siswa, membuat ruang diskusi agar guru dan siswa tetap bisa berinteraksi layaknya di sekolah, juga membuat sistem untuk memudahkan siswa dalam melaporkan hasil tugasnya kepada guru.

Setelah diluncurkannya ruangkelas, mulai banyak sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan Ruangguru untuk menggunakan sistem ini. Guru-guru pun mulai memiliki alat yang dapat digunakan untuk mendukung konsep serta strategi PJJ yang telah dibuatnya.

Lalu, apakah ruangkelas efektif? Apakah guru, siswa, dan orang tua terbantu selama PJJ ini? Berikut beberapa ungkapan yang dirasakan oleh para guru, siswa, dan orang tua tentang ruangkelas.

Baca juga: Cerita Juara, Kamila Lolos UTBK 2020 UI Antropologi 

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Cikalongkulon, Cianjur, Ibu Dra. Yetty Nurhayati, M.Pd,

“ruangkelas merupakan solusi untuk memecahkan kendala belajar yang dihadapi guru selama masa pandemi covid 19, fitur ruangkelas yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Ruangkelas mempunyai ragam fungsi dan user friendly sehingga mudah digunakan oleh guru dan siswa”

Selain Bu Yetty, ada pula kesan yang diberikan oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Unggul Cut Nyak Dhien Langsa,

“Ruangkelas gratis yang disediakan Ruangguru sangat bermanfaat, karena setiap anak bisa melaksanakan proses pembelajaran yang sangat menyenangkan, dan guru bisa dengan mudah memilih materi yang akan diajarkan yang sudah disediakan oleh Ruangguru, guru pun bisa memantau proses kegiatan belajar mengajar, jadi proses monitoring lebih efektif”

Adapula kesan dari Kepala Sekolah MTS Mathiyyatul Ulum Cianjur, Ibu Nurhasanah, S.Ag,

“Saya mempercayakan kepada ruangguru untuk pembelajaran jarak jauh, dan ruangkelas untuk mendukung sarana belajar mengajar selama pandemi covid 19. ruangkelas adalah sarana yang bisa membantu guru dan siswa karena memiliki beragam fungsi dan mudah digunakan. Guru dan siswa bisa berinteraksi dalam 1 platform yang sama”

Lalu, ada pula kesan menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik SMAN 2 Sumedang, yaitu Bapak Ato Radianto,

“Pemanfaatan aplikasi ruangguru sebagai alternatif untuk penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di sekolah kami merupakan pilihan penting, karena di ruangguru mempunyai banyak layanan pendidikan online, seperti ruangkelas dan ribuan video pembelajaran”

Ada pula kesan yang diberikan oleh salah satu siswi SMA 1 Kuta Selatan bernama Ni Kadek Mas Ari Pratiwi, ia berkata bahwa,

“Selama berlangganan ruangguru, saya mendapatkan banyak manfaat. Saya menjadi semangat belajar karena videonya menarik dan tersedia soal serta pembahasannya”

Sampai saat ini, PJJ masih terus dilakukan, mengingat pandemi covid 19 yang belum mereda. Nah, untuk membuat belajarmu tetap nyaman, efektif, dan seperti biasanya, yuk ikutan ruangkelas. Dengan menggunakan ruangkelas, baik guru maupun siswa, jadi lebih mudah untuk berinteraksi dan menjalani rutinitas belajar mengajar.

ruangkelas untuk murid

Sumber Foto:

Richelieu, August de. [online] Available at: https://www.pexels.com/photo/little-girl-taking-online-classes-4261789/ (Accessed 13 November 2020)

Beri Komentar