Cerita Intan, Salah Satu Finalis Penerima Beasiswa da Lopez

Ruangguru Aug 1, 2019 • 6 min read


Finalis Penerima Beasiswa da Lopez

Artikel ini membahas tentang Intan, salah satu penerima beasiswa Ruangguru digitalbootcamp dari Andovi dan Jovial da Lopez

--

Halo, masih ingat dengan Beasiswa da Lopez? Beasiswa ini adalah program beasiswa dari Andovi dan Jovial da Lopez untuk membiayai dua siswa berkuliah selama empat tahun di perguruan tinggi negeri manapun di Indonesia. Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk give back dalam rangka merayakan pencapaian 1.000.000 subscribers di channel YouTube SkinnyIndonesian24. 

Salah satu siswa yang berkesempatan menerima beasiswa 1 tahun persiapan UN & SBMPTN intensif di Ruangguru digitalbootcamp (RGDB) sebelum menjadi penerima beasiswa penuh adalah Intan Nisaul siswa kelas XII jurusan IPS SMA Negeri 1 Tuban. Intan memiliki banyak prestasi, di antaranya juara debat bahasa Indonesia di UGM dan juara jurnalistik tingkat nasional di Surabaya. Memiliki mimpi sebagai sociopreneur, Intan saat ini sedang berusaha untuk menjadi salah satu mahasiswa di Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM. 

“Aku dari dulu pingin bimbel. Namun karena keterbatasan biaya aku tidak bisa. Ketika aku jualan di alun-alun kota, aku sering melihat teman-teman yang pergi bimbel. Aku selalu mohon kepada Allah supaya bisa ada yang bantu bimbel sehingga aku bisa fokus belajar. Aku rela kehilangan masa muda aku buat main dan lain-lain, yang penting aku bisa belajar supaya aku nggak kehilangan masa depan aku. Makanya aku bersyukur banget bisa bimbel.” ucap Intan ketika menjelaskan alasannya mengikuti Beasiswa da Lopez.

 Perjalanan Intan untuk akhirnya bisa sekolah dan menerima beasiswa 1 tahun persiapan UN dan SBMPTN tidak mudah lho. Intan menuturkan sejak awal sang Ibu menolak keinginan Intan untuk bersekolah di SMA favorit karena alasan biaya. Ibunya harus membiayai kebutuhan keluarga karena Sang Ayah meninggal ketika Intan berada di kelas 3 SD. Selain itu pada saat mendaftar SMA, kakak Intan sedang menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor dan butuh biaya yang tidak sedikit. Tapi Intan tidak menyerah dan tetap mendaftarkan diri ke SMA 1 Tuban, Squad.

Nah pas pengumuman SMA, aku diterima dan Ibu marah. Ibu cabut pendaftaran aku pas aku kasih surat-surat biaya sekolah. Sampai guru BK bujuk Ibu supaya aku boleh sekolah di Tuban. Ibu bilang kalau aku tetap mau sekolah di sana, aku harus cari semua uangnya sendiri termasuk biaya buku, seragam, dll. Karena menurut Ibu untuk apa sekolah tinggi-tinggi, karena dulu Ibu hanya jualan di pasar.” ujar Intan.

Finalis Penerima Beasiswa da Lopez

Intan juga aktif dalam beberapa kegiatan sosial. (Sumber: instagram.com)

Intan akhirnya mengajukan beasiswa ke kepala desa. Intan meminta ke sekolah agar tidak bayar uang gedung dan mendapat seragam yang dibayar dengan iuran guru-guru. Untuk memenuhi biaya kehidupan sehari-hari, Intan berjualan di alun-alun setelah dibantu alumni sekolah, mengajar di salah satu SD pinggiran di dekat rumah, dan mengajar teater dengan upah Rp50.000 sebulan. Bahkan ia juga mengikuti berbagai lomba karena ada biaya transportasi yang akan diterima Intan.

Kini akhirnya Intan bisa mengikuti bimbel melalui RGDB. Bagaimana pendapat Intan mengenai RGDB? Menurut Intan, RGDB memiliki banyak kelebihan dan ia akan merekomendasikan RGDB ke teman-temannya karena kelebihan-kelebihan tersebut. Ini dia kelebihan RGDB dibandingkan bimbingan belajar lainnya menurut Intan:

  • siswa tidak boleh bertanya ketika jam sekolah sehingga tidak bisa menyontek,
  • ketika tidak bisa mengikuti bimbel, siswa tetap bisa mengikuti pelajarannya dari modul dan chat,
  • teman-teman berasal dari seluruh Indonesia, sehingga siswa bisa mengetahui bahwa saingan untuk SBMPTN tidak hanya rekan satu kota saja.

“Fitur yang paling aku suka itu adalah webinar dan modul belajar. Modulnya itu beda dari buku pelajaran, jadi lebih mudah untuk dipahami. Karena ada gambarnya, penjelasan di modul Ruangguru pun lebih mudah dipahami. Bahkan waktu guru sekolahku cuti, aku belajarnya pake modulnya RGDB, ada tips-tipsnya juga. Untuk webinar juga seru, kayak Ruangguru LIVE gitu. Sayangnya webinar nggak bisa di save.” ujar Intan ketika menjelaskan fitur favoritnya di RGDB.

Wah, sangat menginspirasi sekali ya Squad cerita dari Intan? Ada kabar gembira juga nih Squad! Ruangguru digitalbootcamp baru saja mengeluarkan fitur baru yang akan memudahkan kamu dalam belajar lho! Ada fitur apa aja sih? Yuk simak.

Ruangguru digitalbootcamp

1. Live Streaming

Belajar di RGDB jauh lebih seru dan lebih interaktif dengan adanya fitur live streaming. Kamu bisa melihat dan mendengarkan langsung penjelasan dari kakak tutor mulai dari materi pelajaran, tips & trick, common mistake, latihan soal dan lainnya! Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan lho squad. Kalau nggak ngerti bisa langsung tanya deh. Selain itu video live-nya bisa ditonton ulang lho.

Ruangguru digitalbootcamp

2. Tutor Standby

Salah satu fitur yang paling banyak disukai #temanbelajar adalah tutor standby. Sebelum periode ujian sekolah, kamu bisa bertanya seputar materi pelajaran maupun soal yang sulit kamu pecahkan. Ujian? Siapa takut!

Ruangguru digitalbootcamp

3. Materi lengkap dan mendalam

Untuk menunjang proses belajar, RGDB juga menyediakan modul belajar lengkap yang didesain menarik untuk meningkatkan minat baca kamu nih Squad. Selain berisi materi pelajaran, modul belajar RGDB juga memuat fun fact, berbagai macam kuis seru, latihan soal tambahan dan pembahasan. Modul ini bisa diunduh juga lho, Squad. Dengan berlangganan RGDB kamu tentunya juga mendapatkan akses ruangbelajar yang berisikan video belajar beranimasi, latihan soal dengan pembahasan dan rangkuman. Untuk menguji pemahamanmu, RGDB juga memberikan try out eksklusif berkala yang dirancang seperti ujian sesungguhnya. Wah, lengkap banget ya Squad!

4. Pilih topik sesuai kebutuhanmu

Fitur baru lainnya adalah pilih topik. Mau mengulang pelajaran atau mau belajar duluan di bandingkan teman sekolah? Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Keren ya!

5. Free Konseling

Selain dengan materi belajar, RGDB juga mendukungmu mencapai hasil belajar yang maksimal dengan menyediakan layanan konseling gratis. Kamu bisa konsultasi seputar minat bakat, perencanaan kuliah, tips belajar, pengembangan diri, dan masih banyak lagi! Kamu bisa ngobrol sepuasnya bersama Kakak Konselor yang terpercaya untuk menjaga kerahasiaan konsultasimu. Selain itu juga ada e-book dan tes pengembangan diri juga lho!

6. Grup Kekinian

Tidak hanya belajar bareng teman-teman dari seluruh Indonesia, RGDB kini punya klub untuk menunjang minat dan bakatmu. Kamu bisa berbagi informasi, aktualisasi diri, belajar bersama melalui webinar dan yang tak kalah menarik ada kompetisi nya juga. Seru banget ya!

Mau merasakan keseruan belajar seperti Intan? Ayo, jangan sampai ketinggalan untuk ikut Ruangguru digitalbootcamp dan nikmati semua fitur unggulan terbarunya ya!

 New Call-to-action

Beri Komentar