Penting Nggak sih Class Meeting Pascaujian?

Tedy Rizkha Heryansyah Dec 15, 2019 • 3 min read


tujuan classmeeting

Bersiaplah! Setelah PAS minggu lalu, biasanya diadakan class meeting. Sebenarnya, seberapa penting class meeting itu diadakan sih?

---

Fyuhh…

Penilaian akhir semester (PAS) akhirnya sudah selesai dilaksanakan. Gimana perasaan kamu setelah melewati ujian semester kemarin? Harusnya sih kalau kamu belajar dengan tekun, terus sering-sering menjawab latihan soal yang disediakan di blog Ruangguru, harusnya ngga perlu khawatir sih dengan nilai PAS kamu nantinya.

Biasanya sih di beberapa sekolah itu setelah PAS diadakan class meeting. Tahu dong class meeting itu apa? Menurut kakak sih class meeting itu salah satu kegiatan yang membangun kebersamaan antarteman.

“Yakin kak kebersamaan, bukan bersaing antarteman bahkan antarkelas?”

voli classmeeting sma

class meeting voli

(sumber: smanjenangan.sch.id)

Oke..oke...ngga dipungkiri juga sih bahwa class meeting pada umumnya berbentuk pertandingan antarkelas gitu. Misal kelas IPA 1 melawab IPS 3. Bener ngga sih? Biasanya kalau ada hubungannya sama olahraga itu yang jago anak IPS. Tapi, anak IPA ngebales kekalahan itu lewat pertandingan cerdas cermat. Setuju?

Terlepas saling balas antara anak IPA dan IPS, kamu paling ngga harus tahu dulu nih apa sih sebenarnya yang melandasi adanya class meeting itu sendiri. Secara umum sih diadain class meeting itu memiliki dua tujuan utama.

Pertama, mengisi waktu kosong. Begini teman-teman, setelah penilaian akhir semester itu selesai, maka selesai pula kegiatan belajar mengajarnya. Maksudnya kegiatan belajar di semester itu ya. Bukan selesai belajar selamanya.

meme classmeeting ruangguru

Tapi, dengan selesainya kegiatan PAS itu, ngga serta merta tugas bapak.ibu guru kamu juga selesai. Bapak/ibu guru harus merekap dan memasukkan nilai selama satu semester yang sudah kamu lalui. Nah, proses pengisian nilai itu membuat Bapak/ibu guru harus fokus dan ngga bisa buat mengisi kelas. Otomatis bakalan banyak jam kosong di kelas kan?

Baca Juga: Mitos Baju Hijau Pantai Selatan

Oleh karena itulah diadakan class meeting. Biasanya sih dilaksanakan selama 2 atau 3 hari. Ketimbang di kelas ngga ada kegiatan kan? Mending diadain kegiatan yang berfaedah dong. Ya, class meeting itu.

contoh kegiatan classmeeting

contoh kegiatan classmeeting 

(sumber: mamhtraso.com)

Kedua, menjalin komunikasi antarsiswa dan guru. Mending ngaku deh, kamu tuh di kelas ada geng-geng gitu ngga sih? Misal, geng pecinta Kpop, geng Sobat Ambyar, atau bahkan geng sosialita. Biasanya di tiap kelas gitu ada sih. Nah, dengan adanya class meeting ini diharapkan para geng-geng itu berbaur. Bahkan kalau bisa jangan ada geng lagi ya.

Dengan adanya kegiatan class meeting ini, diharapkan sesama siswa baik teman sekelas bahkan yang beda kelas pun, terjalin lebih intensif. Oleh karenanya, di class meeting kegiatan yang sering diadakan itu tentang perlombaan kan? Ngga mungkin dong ada lomba tapi ngga saling bertegur sapa.

asset classmeeting

Sayangnya, persaingan di class meeting sering kali berujung di luar sekolah juga. Ngga sedikit lho persaingan sesama teman sekolah itu merambah ke luar. Yaaa...kalau persaingan secara sehat sih ngga apa-apa. Maksudnya, siswa yang bersaing di sekolah, bersaing juga dalam ajang resmi di luar sekolah gitu. Tapi, kalau bersaingnya secara negatif?

Ya sudah lah ya, class meeting selesai, ya selesai juga persaingannya. Jangan karena timnya atau kamu kalah, terus sampai terbawa emosi ke luar lingkungan sekolah. Kan ngga lucu kalau ada sesama siswa dari sekolah X saling terlibat perkelahian. Nah, buat kamu yang akan memasuki masa-masa class meeting, selamat menikmati class meeting ya dan bersainglah secara sehat.

Malam minggu nonton wayang golek

Wayang golek disusun berjajar

Kalau nilai raport semester ganjil kamu jelek

Saatnya semester depan langganan ruangbelajar

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar