Contoh Kasus Reintegrasi Sosial di Masyarakat | Sosiologi Kelas 11

reintegrasi sosial header

Artikel Sosiologi kelas XI kali ini akan membahas tentang contoh dari reintegrasi sosial yang ada di masyarakat sekitar.

Squad, cepatnya perubahan yang terjadi di era saat ini memaksa banyak aspek di masyarakat untuk berubah dan beradaptasi. Namun proses adaptasi ini tidak selalu mulus, dan kadang bahkan memicu pergesekan pada beberapa pihak. Untuk memperbaiki hubungan pihak-pihak yang mengalami disintegrasi, perlu dilakukan reintegrasi. Agar RG Squad mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai reintegrasi sosial di kehidupan nyata, simak yuk contoh kasis reintegrasi sosial antara transportasi online dan transportasi konvensional!

Perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dapat membuat pudarnya norma dan nilai tertentu dalam masyarakat. Soerjono Soekanto menyebut kondisi tersebut sebagai bentuk disintegrasi sosial. Maksudnya ialah, sebuah situasi yang tidak serasi dari suatu unsur dalam masyarakat karena tidak berfungsi dengan baik.

Apabila terjadi disintegrasi sosial, situasi di dalam masyarakat itu lama-kelamaan akan menjadi chaos atau kacau. Pada situasi ini, akan dijumpai anomie, yaitu suatu keadaan di saat masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai apa yang baik dan buruk, dan sulit melihat batasan apa yang benar dan salah.

Dalam kebingungan tersebut, masyarakat berusaha untuk kembali pada tahap integrasi dimana lembaga atau organisasi terkait yang sedang mengalami disintegrasi dapat kembali ke keadaan yang harmonis dan teratur. Proses inilah yang disebut dengan reintegrasi sosial.

Pada kasus transportasi online dan transportasi konvensional yang pada tahun 2016 sempat memicu banyak konflik bahkan hingga demo di jalanan, reintegrasi sosial perlahan dapat dicapai dengan adanya kompromi dari pihak-pihak yang terlibat.

contoh kasus reintegrasi sosial

Deklarasi damai antara ojek online dan ojek pangkalan menandakan salah satu tahapan dalam reintegrasi sosial. (Sumber: tribunnews.com)

Seperti yang RG Squad ketahui, populernya penggunaan transportasi online membuat transportasi konvensional seperti taksi dan ojek pangkalan kehilangan pangsa pasar dan pendapatannya secara signifikan. Ketika para pelaku transportasi konvensional ini tidak dengan segera beradaptasi dengan tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap transportasi online yang lebih murah dan efisien, timbullah konflik antara pelaku transportasi konvensional ini dengan para pelaku transportasi online.

Baca Juga: Dampak Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Akibatnya, di beberapa daerah muncul demo-demo dari pelaku transportasi konvensional agar pemerintah menutup industri transportasi online karena dianggap merugikan para pelaku transportasi konvensional. Dalam beberapa kasus malah terjadi bentrok di jalanan antar ojek pangkalan dengan ojek online, yang makin memicu terjadinya disintegrasi antar kedua belah pihak.

reintegrasi sosial tahukah kamu

Pada akhirnya, reintegrasi antara kedua pihak ini terjadi dengan dibuatnya beberapa kesepakatan bersama, seperti ojek online tidak boleh mengambil penumpang di wilayah operasional ojek pangkalan, dan adanya kerjasama bisnis antara taksi konvensional dengan salah satu perusahaan transportasi online agar performa bisnis sama-sama meningkat.

Itu tadi RG Squad, sedikit pembahasan dari contoh kasus reintegrasi sosial yang ada di masyarakat. Mau belajar Sosiologi dengan guru privat terbaik dari ruangguru? Yuk daftar di ruangguru privat sekarang! Ada ribuan guru privat terbaik yang siap menjadi tutor belajar kamu kapan pun kamu mau.

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Suhardi dan Sri Sunarti. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sumber foto:

Foto ‘Deklarasi Damai Ojek Online dan Ojek Pangkalan’ [daring] Tautan: https://www.tribunnews.com/images/regional/view/1615318/deklarasi-damai-ojek-pangkalan-dan-ojek-online

Artikel ini diperbarui pada 24 November 2020.

Tedy Rizkha Heryansyah