Contoh Ungkapan Permintaan Tolong dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Cara Bertanya dengan Sopan dalam Bahasa Inggris?

Squad, siapa yang suka meminta pertolongan orang lain? Jika kamu tidak bisa mengerjakan suatu hal sendiri, sebaiknya kamu memang harus meminta bantuan orang lain, ya. Tapi jangan keseringan juga sih. Kamu harus terus semangat belajar supaya bisa melakukan tugas-tugasmu dengan kemampuan sendiri. Nah, kamu pernah meminta tolong dalam bahasa Inggris, nggak? Seperti apa ya, caranya? Kuy, kita simak dulu percakapan di bawah ini! 

contoh ungkapan permintaan tolong

Kira-kira, apa maksud dialog di atas ya? Yak, tul! Catherine meminta tolong ke Martin untuk menjaga kucing peliharannya selama beberapa hari karena ia harus pergi ke rumah nenek. Dalam dialog di atas, terdapat kalimat Would you please look after my pet cat, Kitty, for a few days? dan kalimat "Could you please provide me with its food?", kan? Kedua kalimat tersebut mengindikasikan kalimat yang bertujuan untuk menyuruh dengan sopan. 

Kira-kira, ungkapan apa saja ya yang bisa digunakan untuk menyuruh dengan sopan? Ada bedanya nggak ya untuk situasi formal dan informal? Tentu ada doong bedanya. Kuy, kita simak penjelasan contoh ungkapan permintaan tolong dalam bahasa Inggris

Expressions of Asking Politely in Formal Situation

Would you mind + Ving, (please)?

Format ungkapan ini digunakan ketika pembicara ingin mengetahui terlebih dulu tingkat kesediaan lawan bicaranya terhadap apa yang diminta oleh pembicara. Contoh kalimatnya antara lainWould you mind passing me the salt, please? (Apakah kamu keberatan untuk mengoperkan garam itu kepadaku?). Jenis ungkapan ini juga bisa dilakukan dalam bentuk negatif, misalnya Would you mind not smoking? (Apakah kamu keberatan untuk tidak merokok?)

Would/Could you (please) + V1?

Ungkapan ini digunakan oleh pembicara yang ingin mengetahui apakah lawan bicaranya akan melakukan yang ia suruh. Contoh kalimatnya adalahWould you please wait for a minute? (Akankah kamu menungguku sebentar saja?). Selain itu, sama seperti tipe sebelumnya, ungkapan ini juga dapat dilakukan dalam bentuk negatif, seperti Could you please not put your bag here? (Dapatkah kamu tidak menaruh tasmu di sini?)

Could I ask you to + V1 (please)?

Ungkapan ini digunakan saat pembicaranya ingin menyuruh lawan bicaranya melakukan sesuatu dengan terlebih dahulu mengetahui apakah lawan bicaranya dapat melakukan sesuatu yang ia suruh. Contohnya kalimatnya adalahCould I ask you to close the window? (Dapatkah saya menyuruhmu untuk menutup jendela?). Ungkapan ini juga bisa disampaikan dalam bentuk negatif, misalnya Could I ask you please not to make so much noise? (Dapatkah saya memintamu untuk tidak membuat kegaduhan?)

Bagaimana Cara Bertanya dengan Sopan dalam Bahasa Inggris

Expressions of Asking Politely in Informal Situation

Can/Will you (please) + V1?

Ungkapan ini digunakan saat pembicara sudah memiliki hubungan yang dekat dengan lawan bicara yang ingin ia suruh. Contohnya adalah Will you please move this chair? (Maukah kamu memindahkan kursi ini?). Selain itu, versi negatif dari ungkapan ini adalah Can you not turn the volume of radio up? (Dapatkah kamu tidak menaikkan volume radio?)

Baca Juga: Penggunaan Kalimat untuk Asking for Attention

Bagaimana Squad, sudah lebih paham, kan? Jangan lupa terus berlatih agar lebih jago, ya! Buat kamu yang masih butuh bimbingan supaya lebih jago, yuk belajar di ruangles! Kamu bisa pesan guru privat terbaik untuk ngajarin kamu materi pelajaran di sekolah. Psst, guru yang tersedia nggak cuma untuk mata pelajaran sekolah, lho! Penasaran? Yuk, pesan guru privat terbaikmu di sini! Sampai ketemu di ruangles ya, Squad! 

ruangles

 

 

Beri Komentar