Dampak Positif dan Negatif Inflasi terhadap Negara | Ekonomi Kelas 11

Embun Bening Diniari Des 22, 2017 • 3 min read


Squad, apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata "inflasi"? Pasti kalian memikirkan harga barang-barang yang meningkat. Tahukah kamu, ternyata dengan adanya inflasi, nilai uang yang kita punya akan menurun. Memangnya, apa saja sih dampak positif dan negatif inflasi? Kenapa ya, masyarakat cemas jika inflasi terjadi? Yuk, kita bahas apa saja dampak inflasi. Ternyata, inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif, lho!

DAMPAK POSITIF INFLASI

Kedengarannya aneh ya, inflasi kok malah menguntungkan? Jadi begini, Squad. Bagi sebagian pihak, misalnya debitur (orang yang menerima utang) akan mendapatkan untung karena dengan adanya inflasi, uang yang dia kembalikan akan mempunyai nilai lebih rendah dibanding saat meminjam.

Dampak Positif dan Negatif Inflasi

Lalu, siapa lagi, ya, orang-orang yang mendapat untung dengan adanya inflasi ini?

Orang-orang yang mendapat untung dengan adanya inflasi antara lain para pengusaha yang mempunyai pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan kenaikan biaya produksinya. Jika harga barang naik (saat inflasi), produsen akan terdorong untuk meningkatkan jumlah barangnya. Nah, peningkatan jumlah barang ini tentu akan meningkatkan penghasilan produsen. Apalagi kalau barang yang dijual merupakan kebutuhan pokok yang akan tetap dibeli orang banyak meskipun harganya naik. Wah, ternyata inflasi punya dampak positif yang cukup besar juga ya, Squad! 

DAMPAK NEGATIF:

Squad, kira-kira, apa saja ya dampak negatif inflasi? Sebanyak dampak positifnya nggak, ya? Yuk, kita simak pembahasannya! 

1. Kreditur

Sebaliknya, dampak negatif akan terasa bagi para kreditur/pemberi pinjaman. Kenapa? Karena dengan adanya inflasi, nilai uang yang mereka terima akan lebih kecil dibandingkan saat dia meminjamkan (sebelum terjadi inflasi).

2. Orang-orang yang Berpenghasilan Tetap

Mereka yang mempunyai penghasilan tetap seperti PNS, pegawai swasta, polisi, tentara akan mendapatkan dampak buruk dari inflasi ini. Dengan adanya inflasi, harga-harga barang akan naik, sementara pendapatan (gaji) yang mereka terima tidak ikut naik. Lebih jauh, ini berarti inflasi bisa menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat karena daya belinya yang semakin rendah.

3. Perekonomian Nasional

a) Memburuknya distribusi pendapatan

Jika dilihat secara keseluruhan dari sudut pandang negara, inflasi akan menguntungkan bagi mereka yang mempunyai tingkat pendapatan lebih besar daripada laju inflasinya. Akan tetapi, jumlah mereka sangat sedikit jika dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami kerugian akibat inflasi. Oleh karena itu, pola pembagian pendapatan di suatu negara menjadi berat sebelah dan tidak merata.

b) Terganggungnya stabilitas ekonomi

Tidak bisa dipungkiri bahwa inflasi akan menyebabkan terganggunya stabilitas ekonomi. Hal ini dikarenakan sewaktu terjadi inflasi, pasti akan ada kemungkinan bahwa inflasi akan berlangsung terus menerus, yang berarti, harga-harga akan terus naik. Oleh karena itu, para konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian besar-besaran sebelum harga naik, yang menyebabkan permintaan meningkat.

Di sisi lain, produsen akan menurunkan penawaran, karena proses penjualan ketika inflasi akan menyebabkan produsen mendapat keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa naiknya permintaan dan menurunnya penawaran akan mempercepat laju inflasi. Hasilnya, kondisi ekonomi secara umum akan menjadi lebih buruk lagi.

Rangkuman Dampak Positif dan Negatif Inflasi

Squad, ternyata inflasi memiliki dampak positif dan negatif yang cukup siginifikan terhadap perekonomian - baik perekonomian negara maupun per individu. Kamu tertarik untuk mempelajari Inflasi secara lebih luas lagi? Yuk, belajar bersama ruangbelajar, dan siap-siap buat #BelajarJadiMudah! 

New Call-to-action

Beri Komentar