Dampak Positif Gejala Sosial dalam Masyarakat | Sosiologi Kelas 10

 Gejala masyarakat

Gejala sosial merupakan suatu peristiwa yang terjadi di masyarakat yang menyangkut nilai-niilai sosial dan moral. Gejala sosial bisa menciptakan gesekan di masyarakat dan dapat memicu terjadinya perubahan sosial. Kamu pasti berpikir kalau gejala sosial akan selalu menimbulkan kekacauan dan berbagai dampak negatif seperti tawuran dan kemiskinan. Tapi, kalau kita melihat dari sisi yang lain, ternyata banyak juga lho dampak positif gejala sosial. Kira-kira apa saja ya? Yuk, kita simak artikel berikut!

Adapun beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Potensi Munculnya Nilai dan Norma Baru

Gejala sosial bisa menjadi penanda bahwa ada nilai dan norma masyarakat yang sudah ketinggalan zaman. Sehingga munculnya gejala sosial diharapkan dapat memunculkan nilai dan norma baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

2. Adanya Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender

Perkembangan zaman di masyarakat akan meningkatkan kesadaran bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak asasi yang sama sebagai manusia. Ini jelas merupakan pertanda yang baik karena dengan adanya kesetaraan gender, tidak ada lagi ketimpangan atau judgement dari lingkungan terhadap suatu gender.

3. Adanya Diferensiasi Struktural

Diferensiasi struktural ini mengacu kepada berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru. Berbagai macam kebutuhan di masyarakat yang semakin kompleks membutuhkan wadah dan lembaga baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Tingkat Pendidikan Formal Semakin Tinggi dan Merata

dampak positif gejala sosial

Sadar akan pendidikan adalah salah satu dampak dari munculnya gejala sosial. (sumber: gulalives.co)

Gejala sosial yang berhasil diatasi akan membawa pemahaman bahwa “pendidikan itu penting”. Akibatnya, masyarakat akan lebih aware terhadap pendidikan dan berusaha untuk mendapatkan akses pendidikan, khususnya pendidikan formal, yang lebih baik lagi.

4. Meningkatnya Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pendidikan, munculnya berbagai penelitian ilmiah terkait gejala sosial yang telah terjadi semakin menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup.

5. Berkembangnya Industrialisasi

Ketika masyarakat sudah mendapatkan pendidikan yang baik, produktivitas masyarakat pun akan meningkat dengan sendirinya. Hal ini mengakibatkan industri-industri semakin berkembang menjadi lebih baik.

6. Kesadaran Politik Semakin Tinggi

Masyarakat yang terdidik umumnya akan menyadari pentingnya kontribusi setiap individu dalam praktek politik. Tingginya kesadaran politik ini ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam politik praktis.

7. Perlindungan terhadap Kebebasan dalam Kehidupan Beragama

Gejala sosial memberi pelajaran pada masyarakat akan pentingnya hidup berdampingan dan menghormati keanekaragaman. Dengan begitu, diharapkan akan munculnya kerukunan antar umat beragama yang berujung pada terwujudnya kebebasan beragama secara hakiki.

Rangkuman dampak positif gejala sosial

Nah, ternyata banyak juga ya dampak positif dari adanya gejala sosial itu! Meskipun tidak muncul secara langsung, dengan adanya gejala sosial yang terjadi, nilai dan norma, pendidikan, cara pandang kita terhadap hidup beragama bisa meningkat menjadi lebih baik.

Ingin mencari materi lain tanpa perlu repot membaca berbagai sumber? Diskusi aja langsung bersama tutor yang sudah berpengalaman di bidangnya dalam Ruangguru digitalbootcamp!

New Call-to-action

 

 

 

Beri Komentar