Ruangguru Blog

    Dapatkan 7 Manfaat Ini Jika Kamu Belajar Musik!

    By Ruangguru · Jul 25, 2016

    Semua orang pasti suka musik. Tapi, bagaimana dengan memainkan alat musik? Atau menyanyi, mungkin? Belum tentu semua orang tertarik karena takut ini dan itu. Padahal, banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat dari belajar musik. Yuk kita bahas di sini!

    belajar musik Foto: pinterest

    #1. Merasa sulit berkonsentrasi? Dengan mempelajari musik, kamu bisa sekaligus melatih kemampuanmu dalam berkonsentrasi, lho. Belajar gitar misalnya, jika tidak berkonsentrasi, bisa saja salah meletakkan jarimu. Kalau salah, kunci gitar yang kamu mainkan menjadi salah dan tidak enak didengar. Selain itu, menguasai suatu alat musik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bukan? Oleh karena itu, kamu memerlukan konsentrasi besar supaya bisa cepat menguasainya.

    belajar musik Foto: latimes.com

    #2. Tidak hanya meningkatkan konsentrasi, tetapi juga bisa meningkatkan daya ingat. Ketika belajar segala hal berbau musik, kamu pastinya perlu menghafal banyak not balok atau tangga nada. Pada September 2006, ScienceDaily mengadakan penelitian antara anak-anak yang belajar musik dan seni lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik memiliki peningkatan daya ingat dibandingkan dengan anak-anak yang mempelajari seni lain, lho. Penelitian ini dipublikasikan melalui jurnal Brain.

    #3. Di dalam musik ada yang disebut dengan tempo. Tempo adalah suatu hal yang cukup penting untuk mengatur kecepatan musik. Untuk menghasilkan musik yang enak didengar, kamu memerlukan tempo yang ideal. Tempo yang ideal ini didapatkan dengan menahan ego-mu agar tercipta suatu musik yang harmonis. Oleh sebab itu, secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan dirimu dalam mengontrol diri.

    #4. Selain itu, bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Ketika belajar musik, beberapa orang cenderung tertarik untuk bergabung pada suatu grup seperti grup band, drumband, atau orkestra. Nah, di dalam grup inilah kamu juga bisa sekaligus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan musik yang berkualitas baik.

    belajar musik Foto: wikimedia.org

    Kamu pernah nggak sih mendengarkan lagu sedih, dan tiba-tiba kamu jadi ikut sedih juga? Atau, misalnya kamu sedang kurang semangat, lalu mendengarkan lagu yang up beat, setelahnya jadi merasa bersemangat lagi. Musik yang kamu dengarkan ternyata bisa mempengaruhi emosimu.

    belajar musik Foto: musictimes.com

    #5. Musik adalah bentuk dari ekspresi si penciptanya. Bentuk ekspresi itulah yang bisa mempengaruhi kondisi orang lain yang mendengarkannya. Itulah mengapa ketika mendengarkan musik, kamu bisa merasakan berbagai macam emosi. Begitu juga saat belajar musik. Kalau kamu sedang bersemangat, kamu akan lebih tertarik untuk mempelajari musik yang bertempo cepat. Sedangkan ketika kamu sedang sedih, kamu akan lebih mudah menyerap musik yang mendayu-dayu.

    #6. Musik adalah suatu hal yang dapat dinikmati melalui indera pendengaran. Mendengarkan adalah keterampilan yang harus kamu miliki saat kamu belajar musik. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menghasilkan musik yang harmonis dan disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, secara tidak langsung belajar musik dapat membuatmu menjadi pendengar yang baik.

    #7. Musik merupakan salah satu bentuk budaya di suatu negara. Setiap negara di dunia memiliki musik khas-nya tersendiri. Misalnya seperti terompet, piano, dan biola yang termasuk dalam alat musik klasik dan jazz yang berasal dari Amerika Serikat Selatan. Dengan mempelajari alat-alat musik tersebut, berarti kamu telat turut mempelajari budaya lain.

    Demikianlah tujuh manfaat belajar musik. Jika kamu tertarik untuk belajar musik lebih lanjut, kamu bisa lho menemukan guru privat musik berpengalaman di Ruangguru.com. Mau belajar piano? Gitar? Ukulele? Semuanya ada. Ayo mulai belajar musik! ☺

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru