Definisi Gerak Parabola | Fisika Kelas 10

Kresnoadi Des 22, 2017 • 2 min read


Parabola

RG Squad, pernah mendengar tentang gerak parabola? Eits, ini bukan parabola televisi, loh. Melainkan gabungan antara gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Penasaran apa maksudnya? Yuk, simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut tentang definisi gerak parabola!

Gerak parabola merupakan gerak dua dimensi suatu benda yang bergerak membentuk sudut elevasi dengan sumbu x atau sumbu y. Sumbu x (horizontal) merupakan GLB dan sumbu y (vertikal) merupakan GLBB. Kedua gerak ini tidak saling memengaruhi, hanya saja membentuk suatu gerak parabola.

Nama lainnya disebut juga dengan gerak peluru yang memiliki bentuk lintasan parabola. Lintasan parabola dapat diilustrasikan seperti pada gambar di bawah ini.

definisi gerak parabola

 Ilustrasi lintasan

Pada gambar terlihat ada simbol x dan y, komponen-komponen di antaranya memiliki arah yang berbeda.

  • Komponen Sumbu X

Dalam gerak parabola, komponen sumbu x merupakan komponen GLB. GLB merupakan kecepatan di sumbu horizontal pada titik ataupun posisi tetap. Pada sumbu x, komponen awal ialah simbol dari kecepatan awal. Secara matematis, nilai didapatkan dengan persamaan di bawah ini:

Rumus gerak parabola

 Oke, sekarang coba perhatikan tabel yang menunjukkan gerak parabola pada sumbu x ini:

Tabel gerak parabola

  • Komponen Sumbu Y

Jika sumbu x merupakan komponen GLB, sumbu y atau arah vertikal komponen gerak merupakan GLBB. Perbedaan sumbu x dengan sumbu y ialah simbol perpindahan/jarak pada sumbu x ditunjukkan dengan s, sedangkan pada sumbu y ditunjukkan dengan y. Sumbu y kecepatan awal disimbolkan dengan. Sehingga, dapat dirumuskan sebagai berikut:

Rumus parabola

Nah, RG Squad sudah mengerti pemahamannya sampai di sini? Oh ya, selain rumus di atas, masih ada juga beberapa rumus gerak parabola lainnya. Mau tahu lebih rinci? Tonton videonya di ruangbelajar! Ada ribuan materi pembelajaran dengan animasi yang memudahkan!

ruangbelajar

Beri Komentar