Dengan 3 Cara Ini, Jadi Pekerja Freelance Juga Bisa Kaya Raya

Maya Martha

Feb 19, 2019 • 3 min read

sukses kerja


pekerja freelance

Artikel ini mengenai tiga cara yang dapat digunakan untuk menjadi pekerja freelance yang sukses dengan penghasilan yang besar

--

Pekerja freelance juga dapat sukses dan pendapatannya tinggi lho. Tidak percaya? Anda bisa lihat dari sepak terjang Daniel Ginong Pratidya Gada, seorang pekerja freelance sukses di Indonesia yang mendapatkan gaji kira-kira Rp 26 juta hingga 32 juta per bulan. Angka yang fantastis untuk kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi menjadi pekerja freelance memberikan banyak keuntungan, salah satunya Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda di mana saja dan kapan saja sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh klien. Anda bisa bekerja sambil belajar atau sembari mengurus anak di rumah. Tidak sembarangan, dibutuhkan strategi khusus agar Anda dapat menjadi pekerja freelance yang sukses.

1. Buat sebuah personal brand

pekerja freelance

Membangun personal brand yang sesuai dengan tujuan pekerjaan Anda (Sumber: medium.com)

Agar klien tertarik untuk mempekerjakan Anda, Anda harus membangun personal brand. Kira-kira Anda ingin dikenal sebagai seorang yang ahli di bidang apa? Atau kemampuan apa yang ingin Anda latih secara konsisten? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus Anda pikirkan dan dijawab karena kedua halnya memengaruhi kepercayaan klien terhadap Anda. Mereka mempertaruhkan bisnisnya dengan mempekerjakan Anda, bukan? Apabila Anda ingin menjadi pekerja freelance sebagai penulis, maka tekunlah menulis. Dengan begitu, klien pun akan langsung datang sendiri kepada Anda karena tulisan Anda dikenal banyak orang, menarik perhatian mereka, dan mendukung bisnis klien.

Baca juga: Lakukan 6 Tips Berikut untuk Mempercepat Karier Anda!

2. Pamerkan jasa Anda ke dalam platform

pekerja freelance

Platform online membantu Anda memamerkan karya Anda (Sumber: agoracrestina.ro)

Personal brand tidak akan berguna apabila tidak dipamerkan kepada masyarakat luas. Tidak ada salahnya untuk memajang hasil tulisan atau foto Anda ke dalam sebuah platform. Terlebih sekarang sudah serba digital dan hal tersebut sangat memudahkan Anda untuk mengunggah hasil karya Anda agar dikenal banyak orang. Jangan takut untuk dikritik karena sebuah kritikan dapat menjadi sebuah masukan yang mengembangkan diri Anda bila Anda melihatnya dari sudut pandang berbeda. Dengan begitu, Anda akan terus menjadi lebih baik lagi.

3. Pekerja freelance yang permanen

pekerja freelance

Mengambil banyak pekerjaan paruh waktu (Sumber: theworkathomewoman.com)

Pasti Rekan Kerja bingung “Kok pekerja freelance harus permanen?”. Permanen yang dimaksud adalah berkelanjutan. Menjadi pekerja freelance yang akan berhenti apabila telah selesai mengerjakan satu proyek saja tidak akan membuat Anda kaya raya. Anda akan menghabiskan uang Anda pada saat Anda menunggu proyek Anda yang selanjutnya. Hal tersebut sangat tidak menguntungkan. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya Anda membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu, Rekan Kerja. Apabila Anda mengerjakan satu pekerjaan pada bulan ini, Anda harus melatih diri Anda untuk fokus juga mencari pekerjaan apa yang dapat Anda kerjakan di bulan berikutnya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ketidakjelasan pekerja freelance tidak dapat membuat Anda sukses. Namun, tiga hal ini dapat memutar opini tersebut menjadi positif bahwa dengan ketekunan dan kegigihan semuanya dapat berhasil. Penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas diri karena dengan begitu Anda akan diantarkan kepada cita-cita yang sesuai dengan keinginan Anda.

Agar pencapaian Anda lakukan secara maksimal, Anda dapat membaca tips dan trik lain di aplikasi ruangkerja seputar karier. Juga terdapat banyak kelas dan artikel-artikel yang bisa Anda baca guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Rekan Kerja sekalian. Unduh aplikasinya melalui App Store atau Play Store! Gratis.

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts