Dengan 5 Cara Ini, Anda Juga Bisa Jadi Aktivis Peduli Lingkungan di Kantor!

Maya Martha

Jan 10, 2019 • 4 min read

sukses kerja


Riset dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) di tahun 2018 menyatakan bahwa jumlah sampah yang diproduksi setiap harinya di Indonesia adalah sebanyak 65 juta ton. Angka ini sangatlah besar dan sangat memberikan dampak negatif bagi kebersihan lingkungan, kesehatan, pencemaran air, dan kepunahan makhluk hidup di laut. Sebagai pekerja yang banyak menghabiskan waktu di kantor, Anda juga bisa berkontribusi memulai aktivitas peduli lingkungan dari meja kantor Anda sendiri. Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Gerakan Satu Juta Pohon, tim ruangkerja mengajak Anda untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan di kantor dengan melakukan 5 hal berikut ini.


1. Memaksimalkan penggunaan teknologi untuk menghemat kertas

peduli

Menggunakan teknologi untuk meminimalisir kertas  (Sumber: wordpress.com)

Zaman sudah berhasil membuat teknologi menjadi semakin canggih. Pengiriman data kini telah dipermudah dengan menggunakan jaringan internet, sehingga tidak perlu print out dokumen atau surat. Mencatat poin-poin penting juga dapat dilakukan di telepon genggam pribadi atau notebook. Dalam mempromosikan suatu produk pun Anda sudah tidak perlu lagi mencetak proposal lalu mengirimkannya ke kantor klien menggunakan jasa pengiriman namun Anda sudah dapat menikmati aplikasi Microsoft di komputer untuk mendesain proposal dan melakukan promosi dengan mengirimkan email. Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, Anda dapat meminimalisir penggunaan kertas. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat penggunaan kertas, bukan?

Baca juga: 7 Tips Tetap Sehat di Lingkungan Kerja

2. Menghemat penggunaan tisu

peduli

Memakai tisu seperlunya saja (Sumber: greeners.co)

Tahukah Anda bahwa pembuatan tisu memerlukan waktu yang tidak sebentar karena harus melewati beberapa proses yang dimulai dari menebang pohon hingga bubur kertas dikeringkan dengan pengering khusus? Mulai sekarang bijaklah dalam menggunakan tisu sebagai usaha meminimalisir penebangan pohon. Bila bisa digantikan dengan kain lap, sebaiknya gunakan kain lap untuk menghindari penggunaan tisu.

3. Mengurangi penggunaan kantong plastik

peduli

Tidak memakai kantong plastik saat berbelanja (Sumber: idntimes.com)

Pergi ke koperasi kantor atau membeli makan siang yang kemudian dibawa ke meja kerja, pastinya Anda akan ditawari untuk memakai kantong plastik guna mempermudah Anda membawa jajanan makanan Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk menolak penggunaan kantong plastik. Anda bisa menggantinya dengan membawa tas kain, totebag, atau kantong lipat akan mengurangi sampah plastik dan Anda pun juga bisa memakainya terus menerus.

4. Membawa & menggunakan sendok, garpu, dan sedotan stainless

peduli

Membawa peralatan makan sendiri (Sumber: disneyexperience.com)

Tidak ada salahnya bangun lebih pagi untuk mempersiapkan peralatan makan agar tidak menggunakan sendok dan garpu plastik pada saat makan siang. Pada saat makan siang di kantin sering kali sendok dan garpu yang disediakan berbahan plastik, hal ini dapat meningkatkan jumlah sampah plastik karena penggunaannya yang hanya sekali pakai. Terlebih lagi sedotan plastik yang sudah sangat mencemari lautan di seluruh dunia. Memakai sendok, garpu, dan sedotan yang terbuat dari besi di kantor dapat meminimalisir jumlah sampah plastik di dunia. 

5. Mematikan segala sumber energi bila sudah tak terpakai

peduli

Mematikan sumber energi (Sumber: consumersenergy.com)

Energi listrik berasal dari bahan bakar yang digunakan untuk membantu manusia bertahan hidup. Namun bahan bakar tersebut tidak dapat dihasilkan dengan mudah karena membutuhkan suatu proses yang lama. Untuk itu, tidak ada salahnya sebagai pekerja ikut peduli meminimalisir penggunaan energi dengan mematikan komputer, lampu, proyektor, dan AC bila sudah tidak terpakai lagi. Terlebih lagi dengan selalu menggunakan peralatan kantor tanpa jeda istirahat dapat mempercepat kerusakan alat tersebut. Kemudian kantor harus menggantikannya dengan yang baru dan membuang yang lama ke tempat sampah. Jangan tunggu office boy untuk memadamkan listrik yang tidak lagi terpakai ya, Rekan Kerja!

 

Tidak perlu menjadi aktivis yang turun ke lapangan, sebagai seorang karyawan pun Anda juga dapat menjadi volunteer peduli lingkungan untuk bumi. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk ikut terlibat dalam suatu gerakan besar sebagai tanda Anda peduli dengan lingkungan, Anda dapat melakukan 5 aktivitas sederhana di atas. Buatlah menjadi sebuah kebiasaan karena hal-hal kecil yang tekun dilakukan akan dapat berdampak besar!

Rekan Kerja juga dapat membaca artikel-artikel lain yang menarik melalui aplikasi ruangkerja dengan mengunduhnya di App Store atau Play Store! Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts