Sosiologi Kelas 12 | Diferensiasi Profesi, Apapun Profesinya Setiap Orang Punya Fungsinya Masing-masing

diferensiasi profesi - header

Artikel sosiologi kelas XII ini akan membahas tentang diferensiasi profesi di mana setiap pekerjaan atau profesi yang orang miliki punya fungsinya masing-masing di masyarakat.

Waktu acara keluarga, kamu dan sepupumu yang sama-sama bakal lulus SMA ditanya sama tantemu. Waktu nanya ke sepupumu,

“Habis lulus SMA mau ambil kuliah jurusan apa?”

“Kedokteran tante, hehehe

Wah, keren ya. Nggak beda jauh sama bapaknya”

Seluruh keluarga tepuk tangan. Giliran kamu,

“Kalau kamu, habis lulus SMA mau ambil kuliah jurusan apa?”

“Agribisnis tante, hihihi

“…”

“Pertanian!”

Hah? Pertanian? Mau kerja jadi apa nanti?”

diferensiasi profesi

Apakah aku harus menjawab atau hanya memberi senyuman? (sumber: giphy.com)

Mungkin di benak kebanyakan orang, kuliah di jurusan kedokteran dan menjadi dokter adalah suatu hal yang “wah”, kemudian menyampingkan orang-orang yang kuliah di jurusan yang kurang populer. Sebutlah pertanian, kehutanan, sastra, perikanan, dan lain-lain. Nggak jarang kok pertanyaan “mau kerja jadi apa nanti?” muncul setelah bertanya tentang jurusan kuliah yang kita ambil. Kamu sendiri, mau kuliah di jurusan apa nanti Squad?

Baca juga: Masalah Ketimpangan Sosial di Bidang Pendidikan

Beberapa orang menganggap orang-orang yang sukses adalah orang yang bekerja menjadi direktur, dokter, menteri, atau insinyur. Padahal nih, orang sukses adalah orang yang bisa mendapatkan apa yang mereka cita-citakan dan melakukannya dengan senang. Banyak loh Squad orang-orang yang bisa sukses di bidang yang sering dipandang sebelah mata, salah satunya ialah agribisnis atau pertanian. Terkadang profesi petani dianggap kotor karena berhubungan dengan tanah, tapi nggak sedikit lho orang-orang yang tetap bertahan di pekerjaan ini dan akhirnya malah sukses.

diferensiasi profesi - eddy kusnadi sariaatmaja

Pada kasus ini, adanya keberagaman pekerjaan, profesi atau mata pencaharian di masyarakat termasuk dalam ciri-ciri sosial pada diferensiasi sosial. Masih pada ingat nggak diferensiasi sosial itu apa? Jadi, masyarakat dibedakan berdasarkan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin. Pembedaan masyarakat tersebut dilakukan secara horizontal atau sejajar, artinya tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dan yang lainnya. Semuanya masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Gitu, Squad. Makanya, sebel kan kalau masih ada aja orang yang merendahkan pekerjaan orang lain.

diferensiasi profesi - diferensiasi sosial

Seperti yang pernah dijelaskan tentang diferensiasi profesi, masyarakat digolongkan berdasarkan profesi atau pekerjaannya seperti dokter, guru, tentara, petani, pegawai, presiden, dan lain-lain. Walaupun tidak ada perbedaan derajat, tetap ada perbedaan di antara pekerjaan-pekerjaan tersebut yaitu perilakunya. Kamu tentu bisa kan membedakan perilaku dokter dan petani? Selain itu tentu ada perbedaan ilmu pengetahuan, bakat dan minat di antara mereka.

Makanya, saat kuliah kamu akan mengarah ke minat kamu masing-masing karena hal tersebut sangat berguna kalau kamu bekerja nanti. Walaupun ya nggak sedikit juga orang-orang yang kerjanya berbeda dengan jurusan mereka saat kuliah. Ada yang kuliah teknik informatika, tapi kerjanya jadi graphic designer. Ada yang kuliah kehutanan, tapi kerjanya jadi content writer. Ada yang kuliah sastra Inggris, tapi kerjanya jadi fotografer. Pada akhirnya, setiap orang akan memiliki fungsinya masing-masing di masyarakat.

Jika melakukan suatu pekerjaan diperlukan keahlian khusus, maka orang telah ahli dan menggeluti bidang pekerjaan tertentu disebut dengan profesional. Para profesional tersebut pastinya ingin menjaga dan mengembangkan profesionalisme yang telah ada. Jadi, dibentuklah organisasi profesi yang isinya merupakan orang-orang yang telah menjadi profesional pada suatu bidang yang sama. Contohnya ada:

diferensiasi profesi - diferensiasi profesi

Saat sudah bekerja nanti, kamu pun akan dituntut untuk menjadi profesional. Seperti yang disebutkan di atas, kamu harus memilih salah satu bidang yang cenderung terkuat menurut dirimu sendiri, supaya kamu bisa jadi ahli dalam bidang yang kamu pilih tersebut. Apapun cita-citamu nanti, kamu harus jadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Jangan lupa untuk belajar di Ruangbelajar bersama Ruangguru ya Squad!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts